Mengeruk Keuntungan dari Usaha Budidaya Lele

October 29, 2008 at 10:09 am 165 comments

Usaha budidaya lele ini sangat menguntungkan. Ikan yang dipelihara lebih cepat besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Hanya dalam waktu tiga bulan, ikan lele sudah dapat dipasarkan. Pasarnya tidak pernah sepi dan harganyapun stabil berkisar 8 ribu hingga 10 ribu rupiah per kilogram. Ikan lele yang paling banyak diminati adalah yang berukuran 8 ekor untuk satu kilogram.

Dalam beternak lele, media bukanlah suatu hal yang utama, baik itu kolam tembok ataupun tanah, tapi yang diutamakan dalam beternak lele adalah kualitas benih, air dan pakan.

Untuk benih sebaiknya dibeli dari pembenih lele langsung supaya kita tahu kualitas daripada benih tersebut, dan air bisa berasal dari air sungai yang dijamin tidak tercemar, sumur, atau PAM yang sudah diendapkan.

Berikutnya pakan, yang utama sebaiknya menggunakan pakan pabrik ( pellet ) dgn kandungan protein lebih dari 32% dan dapat diberi pakan tambahan berupa limbah peternakan ayam seperti bangkai ayam, usus, telur yang gagal tetas dengan terlebih dahulu dibakar atau direbus.

Jika kita ingin memulai budidaya berikut gambarannya, tebar bibit 10.000 ekor ukuran 10-12 cm harga di pasaran Rp.250-300/ekor setidaknya diperlukan lahan 100 m2, atau dengan ukuran 2-3 cm dengan kapadatan 100-150 ekor/m2

Jumlah pakan pelet sekitar 1 ton dan diperkirakan kita dapat memanen 900 kg, dengan masa pemeliharaan 60-80 hari. Sebaiknya pada saat 30-40 hari setelah tebar benih dilakukan penyortiran, karena mulai banyak bibit yang bertubuh bongsor yang sering meng-kanibal ikan yang lebih kecil.

Apabila menggunakan media kolam dari terpal atau beton, kita bisa menggunakan teknologi probiotik dan pemupukan untuk air pada kolam, Jadikan warna air menjadi hijau daun untuk menyuplai oksigen. Dengan teknologi tersebut pada umur 90 hari akan di dapat 140 gr/ekor ( 7ekor/Kg), tetapi diperlukan kepiawaian dalam manajemen pengelolaan kualitas air.

Kolam sebaiknya diberi pupuk kandang, urea, tsp dan didiamkan minimal 1 minggu agar terbentuk pakan alami berupa plankton, kolam harus dalam kondisi air tidak jalan karena lele rentan terhadap perubahan air yang terus menerus dan lele akan selalu meloncat kearah sumber air mengalir.

Dari Pengamatan

Kedalaman kolam sebaiknya 120 cm dgn ketinggian air 80 cm. Sebagai gambaran, ukuran kolam 10×10M2 ditebar benih 10.000 ekor, diberi pakan 4 kali sehari dan 40 hari kemudian panen sekitar 1,2 ton.

Kedalaman air sekitar 80 cm, kolam tidak dibeton tapi cukup tanah alami. 2 minggu setelah tabur benih, lele dipisah-pisahkan yang ukuran besar dan yang kecil. Oya jenis lele silangan antara patin dan dumbo, warna ikan agak putih tidak seperti lele biasa dan tidak matil, juga tidak meng-kanibal yang lainnya.

Harga benih sekitar Rp. 250/ekor, hasil diskusi dengan peternak nih, total biaya sekitar 7,5 juta (Bibit+Pakan), 40 hari tanam menghasilkan sekitar 10 Juta.

Tertarik???

panduanlengkap-leledumbo

panduanlengkap-leledumbo

Buku ini hadir untuk menjadi panduan bagi Anda yang ingin memulai usaha budi daya lele dumbo. Di dalamnya berisi berbagai teknik pembenihan, pemeliharaan, dan pembesaran lele dumbo. Dilengkapi teknik pembenihan super intensif dan pembesaran aquaponik. Dilengkapi pula dengan contoh analisis usaha sederhana yang bisa Anda pahami dengan mudah.

About these ads

Entry filed under: Business Opportunity. Tags: , .

41 Juta Pekerja Tidak Terlindungi Bisnis Sapi Perah di Mega Kuningan, Menggiurkan!

165 Comments Add your own

  • 1. budi  |  December 28, 2008 at 12:27 pm

    itu untuk daerah mana dan pemasaranya gimana nih…

    Like

  • 2. kmelina  |  December 29, 2008 at 12:30 pm

    Mas Budi, kebetulan yang kami ulas ini daerah Tuban Jawa Timur dan pemasarannyapun sangat mudah, sebab ada beberapa yang jual benihnya dan pengepulnya, dan apabila dijual langsung ke pasarpun juga bisa…
    Semoga sukses,…

    Like

  • 3. budi  |  January 10, 2009 at 12:48 pm

    makasih mba….

    Like

  • 4. amin wa  |  January 14, 2009 at 2:42 pm

    Kalau sudah ditebarkan ke kolam apakah ada tanda/gejala ikan itu akan mati tks.

    Like

  • 5. kmelina  |  January 14, 2009 at 9:13 pm

    Mas Amin, kalo dari pengamatan saya, sepertinya tidak ada gejala ikan itu akan mati tuch,… kalo memang Mas Amin melihat seperti itu, coba dicheck bagaimana kualitas airnya, bibit dan pakannya.
    1. Air sebaiknya terhindar dari limbah rumah tangga dan apabila sumbernya dari tanah dan PAM, jangan langsung ditebar bibitnya tapi didiamkan dulu selama 24 jam
    2. Bibit,sebaiknya belinya di satu daerah, supaya cepat beradaptasi
    3. Pakan, pemberian pakan sebaiknya disesuaikan jumlah ikan, jangan berlebihan karena akan merusak kualitas air

    sukses ya,…

    Like

  • 6. yedi  |  January 18, 2009 at 4:18 pm

    Mba saya mo tanya…

    Biaya awal untuk ternak ikan lele (misalkan 1000 ekor) + pakan + kolam?? calculasinya seperti gmn Mba???

    Saya punya rencana ternak lele hanya saya masih pesimis akan sasaran jual bila musim panen tiba….
    Minta saran nya y mba tolong!!!!!

    Like

  • 7. Suprapto  |  January 24, 2009 at 10:29 am

    Tapi kalo kolamnya tanah, apakah air tidak merembes/ bocor?Trims atas infonya

    Like

  • 8. kmelina  |  January 26, 2009 at 8:40 pm

    Mas Suprapto, saran saya kolam tanahnya dikasi tanah liat, supaya air tidak merembes, ato lebih amannya, dilapisi terpal setelah itu di kasi tanah liat, saya rasa dengan begitu tidak bocor,…

    Selamat mencoba,…

    Like

  • 9. kmelina  |  January 27, 2009 at 9:38 pm

    Mas Yedi, ini beberapa saran dari saya,… dengan asumsi kolam terpal

    untuk benih lele uk 5-7cm Rp. 100-150/e
    terpal harganya 50rb kira2 untuk kolam 2×3m
    dan pelet untuk sampe panen sekitar 3,5 sak, untuk harga per saknya mungkin Mas Yedi bisa nanya di daerah Mas Yedi tinggal,…

    Tentang pemasarannya,…
    Sebelum usaha, baik itu usaha apapun itu, qta perlu tau dulu kemana pemasarannya, apabila belum pasti, saran saya mending usaha itu qta pending dulu, sampai qta tau kemana pemasaran hasil usaha qta.
    Dan untuk lele, kemana pemasarannya?
    kalo dari pengamatan saya, apabila sudah masa panen tiba, ada beberapa pengepul langsung datang sendiri untuk langsung memanennya dan terkadang juga pernah langsung dibawa ke pasar langsung dijual pada penjual ikan.

    sukses ya,…

    Like

  • 10. qudtsi  |  February 1, 2009 at 11:11 am

    untukj membeli bibit seharga Rp 250 di daerah bekasi, mohon informasi nya….

    Like

  • 11. aldy  |  February 4, 2009 at 9:30 am

    kalau budidaya lelenya dikeramba bisa ditidak ?

    Like

  • 12. ranggachandra  |  February 10, 2009 at 8:56 am

    mbak sy mau minta info, kan saya rencana mau ternak lele (pemula), sy tabur benih ukuran 5cm. Klu sy baca di banyak artikel bahwa lele dalam waktu sekitar 3 minggu lele itu ada beberapa yg bongsor dan biasanya memakan lele2 yg lebih kecil, pertanyaan sy seumpama lele2 itu dibiarkan saja dan gak usah di pindah apakah lele2 sy akan habis di kanibal mbak, thanxs atas infonya

    Like

  • 13. ragil  |  February 10, 2009 at 6:19 pm

    makasih sharingnya ya!!

    Like

  • 14. kmelina  |  February 10, 2009 at 9:00 pm

    Mas Ranggachandra, … kalo di satu kolam ada yg kecil dan ada yang besar, pasti akan terjadi kanibalisme, dan apabila tetap dibiarkan saja, yang pasti nanti jumlah pada waktu panen akan tidak sesuai yang qta harapkan, misal tebar 1000 bibit, mungkin qta nanti hanya bisa panen sekitar 50%nya.

    Sukses ya,…

    Like

  • 15. hadi  |  February 23, 2009 at 1:48 pm

    dimana saya beli bibit / lele untuk di budidaya, saya tinggal di jakarta dan rencenanya mau ternak lele di rumah.
    Thx atas infonya

    Like

  • 16. aditya wira  |  March 9, 2009 at 11:48 pm

    sy mau tanya..untuk pemula(usaha lele),lbh baik kt mjd pembibit atau pembesar yg hanya transit kemudian dijual..thx mohon masukannya..

    Like

  • 17. chris  |  March 30, 2009 at 12:31 am

    saya mau tanya kapasitas jumlah ikan untuk kolam yang berukuran 10m2 idealnya berapa ekor? kemudian dimana saya dapat membeli pellet yang berukuran /sak? lalu jika kita mau menjualnya berapa harga peternak kepada penjual/ekor. saya tinggal dikota Medan. Terima kasih banyak.

    Like

  • 18. kmelina  |  April 1, 2009 at 3:01 am

    Mas Aditya Wira,

    Kalo menurut saya,… kalo pemula, mendingan menjadi pembesar dulu aja, beli bibit, dibesarin, lalu dijual dech,…

    Sukses ya…:)

    Like

  • 19. kmelina  |  April 1, 2009 at 3:17 am

    Hi Chris, untuk idealnya tebar bibit lele, 100-150e/m2, jadi sekitar 1250e bisa ditebar ke kolam…
    untuk harga pakan pellet dan harga jual lele setelah panen, Chris bisa survei langsung di daerah Chris tinggal,…

    Sukses ya,…

    Like

  • 20. Jokerr  |  April 1, 2009 at 9:18 pm

    Saya jualan pakan lele bt wilayah TBN. Hubgi saya di No. 081332248416

    Like

  • 21. piet  |  April 14, 2009 at 3:45 am

    makasih ya infonya , ilmu yang bermanfaat memang harus dibagi2 . saya belum nyoba tapi tertarik dengan hal-hal perikanan . sukses ya buat semua……

    Like

  • 22. carlien  |  April 14, 2009 at 9:57 pm

    dear, saya tertarik untuk bisnis lele ini .. untuk awal langkah apa yang harus saya lakukan??? bagaimana dengan pemasarannya??? saya akan melakukan bisnis ini di daerah bandung, kira2 saya harus benih dimana??? terus setelah saya memiliki benih, dimana saya dpt pakannya?? apakah pakan untuk lele kecil dan besar beda atau sama?? pemberian pakannya bagaimana?? mohon informasinya.

    terima kasih,
    rgds,
    carlien

    Like

  • 23. kmelina  |  April 19, 2009 at 12:06 pm

    Hi Carlien, untuk langkah awal yang pasti survei dulu kemana nanti hasil panen dipasarkan? lalu yang pasti juga media untuk ternak lele dan mendapatkan benih lele, tentunya Carlien bisa nanya didaerah Carlien tinggal… untuk pakan lele, harus disesuaikan dengan ukuran lele tersebut, dan semua seluk beluk ternak lele tentunya Carlien bisa belajar lebih dulu dari buku-buku yang bisa didapatkan di toko buku terdekat kota anda.

    Sukses ya :)

    Like

  • 24. Jokerr  |  April 20, 2009 at 12:29 pm

    Harga lele di wilayah TUBAN sekarg berkisar sktar Rp.9.000/kg. Untk membeli pakan ikan , anda tinggal hubungi saya di no. 081332248416. Thanks

    Like

  • 25. Nandar. ST  |  May 1, 2009 at 7:53 pm

    kiat pemula gmn???

    Like

  • 26. Nandar. ST  |  May 1, 2009 at 7:55 pm

    eh cara survei air yang cocok?? kalau di jaring apung gmn ya??

    Like

  • 27. kmelina  |  May 6, 2009 at 4:20 am

    Mas Nandar, surveinya sederhana saja, dikasi ikan kecil-kecil aza, kalo ikan itu hidup di jaring apung,
    dijamin Lele juga bisa hidup dengan baik.

    Sukses ya,… :)

    Like

  • 28. yudhi  |  May 6, 2009 at 7:20 pm

    met mlm mbak,, aku coba” ternak lele,, masi 2000 ekor sich,, yg mo aku tnyin kok besarny ga sm y…??? trs gmn crny biar gedheny sm…??? makasi sblmny

    Like

  • 29. kmelina  |  May 6, 2009 at 8:30 pm

    Hi Yudhi, kalo besarnya ga sama itu dah wajar,… sebab lele kalo makan pada rebutan, nah… yg kecil itu ga kebagian makan kali ya’…
    setelah beberapa minggu memang keliatan bedanya, ada yg besar dan ada yg kecil, itulah yang menyebabkan “kanibalisme”, untuk mengurangi kanibalisme, maka perlu di sortir, …. dengan begitu, mudah2an akan memperoleh hasil yg maksimal,…

    Sukses ya,… :)

    Like

  • 30. Angga  |  May 6, 2009 at 9:42 pm

    Mba katanya k0lam perlu dkasi pupuk dl, nah k0lamnya da isinya air apa k0lam kering? Hama t0 penyakit yg bisa membuat ikan mati? Cara2 agar ikan cepat besar. Thx

    Like

  • 31. Zaki  |  May 18, 2009 at 8:20 pm

    Ass… Saya br mulai coba2 usaha lele dr klm terpal.ukrn 2x3x1m.menggunakan air pam.sdh di pu2k kandang,tsp,urea.di biarkan 7hari. Lalu tebar 1000 bi2t ukuran 5cm.3hr tebar ikan aktiv.msk hr ke 4 smp skrg pd mati tiap hari 5 s/d 10.kira2 apa penyebab dan solusinya? Mksh sblmny.

    Like

  • 32. kmelina  |  May 21, 2009 at 12:44 pm

    Hi Zaki,…

    Menurut pengamatan saya,… sebenernya ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan benih lele bisa mati, :
    1. Ukuran benih lele
    Jadi semakin kecil benih lele qta tebar, maka semakin rentan pula benih tersebut bisa mati.
    2. Suhu
    Apabila suhu untuk benih lele ini sangat fluktuatif, maka benih lele bisa stress dan mati, jadi supaya bisa terjaga suhu airnya, coba bisa dikasi peneduh atau enceng gondok.
    3. Jarak pembelian benih dengan lokasi penebaran
    Diusahakan, membeli benih yang paling dekat, supaya benih lele tidak mudah stress dan bisa cepat beradaptasi

    Sukses ya, :)

    Like

  • 33. dwa  |  May 21, 2009 at 6:28 pm

    mba sy ad rnc beternak lele,klo airnya pke PDAM kn bnyk kaporitna.apa itu ga ngaruh ya,mski air didiamkan dlu?

    Like

  • 34. andi  |  May 23, 2009 at 12:07 am

    mba air jadi hitam setelah 2hari tabur benih napa ya

    Like

  • 35. kmelina  |  May 23, 2009 at 9:32 am

    Hi Andi, …

    Air yang menjadi hitam itu plus bau ga ya? kemungkinan itu disebabkan kotoran dari lele atau sisa pakan yang tidak bisa terurai dengan baik.
    Sebaiknya Andi, untuk sementara bisa dikasi aerator, supaya oksigen bisa masuk dalam air untuk membantu mempercepat penguraian, bisa juga dikasi bakteri pengurai ato yang biasa disebut “effective microorganism”.
    Jadi apabila air yang menghitam itu tidak segera ditanggulangi, bisa mengakibatkan kematian bagi ikan.

    Sukses ya, :)

    Like

  • 36. kmelina  |  May 23, 2009 at 9:35 am

    Hi Dwa,… kalo masih ragu dengan air pam walopun sudah didiamkan, coba dikasi ikan kecil2,… mereka bisa hidup dengan baik ga untuk seminggu kedepan?

    Sukses ya, :)

    Like

  • 37. maolana fahmy  |  June 5, 2009 at 7:01 pm

    KANG HARGA BENIH/BIBIT MAHAL AMAT KANG>>>>
    DITEMPAT SY BERKISAR Rp150,- udah umum dijadikan bibit oleh temen2 petani….
    bisa krjsm dlm hal pengadaan benih nih KANG….
    GMN?

    Like

  • 38. agunk  |  June 9, 2009 at 1:50 pm

    mba saya mau tanya, kalo memberi makan lele tu tiap harinya yang bagus berapa kali, from email/ ym kudeta45@yahoo.com

    Like

  • 39. kmelina  |  June 9, 2009 at 11:11 pm

    Hi Agunk,

    kalo berbicara berapa kali pemberian pakan untuk lele, itu tergantung ukuran lele tersebut, semakin kecil ukuran lele, semakin banyak pula frekuensi pemberian pakannya, untuk yang masih kecil bisa 4-5 kali sehari dan untuk yang ukuran besar bisa 3 kali sehari, dan pemberian pakan tetap mengacu pada 3-6% jumlah bobot ikan yg berada di kolam, Karena lele termasuk nokturnal, jadi sebaiknya porsi ngasi makan untuk malam hari diperbanyak.

    Sukses ya, :)

    Like

  • 40. yudhi  |  June 16, 2009 at 1:58 pm

    mbak,, biar lele cpt gedhe dksh makan apa aj..??? perlu mknan tmbhan selain pur ato di kasih vitamin ga…??? klo ada,, apa aja…???

    Like

  • 41. rico  |  June 20, 2009 at 2:26 pm

    saya rico dari medan…
    ini mau usaha dengan lahan tanah…?

    apa sebaik nya dasar tanah juga diberi terpal…?
    soalnya saya baca2, dengan menggunakan terpal ikan menjadi lebih segar….?

    Like

  • 42. kmelina  |  June 21, 2009 at 12:50 pm

    Hi Rico, media yang dipake kolam tanah ya?kalo tanahnya dilapisi terpal, sebenarnya itu dimaksudkan supaya air itu tidak mudah merembes dan qta mesti ngisi air secara terus menerus, yang mengakibatkan pemborosan, kecuali sumber airnya dari sungai yang tinggal dialirkan saja.
    kalo ikan itu terlihat lebih segar kalo menggunakan terpal, itu tergantung dari cara pemeliharaan ikan, yang penting kondisi air bagus, makanan cukup, dijamin ikan pasti segar pada waktu dipanen.

    Sukses ya :)

    Like

  • 43. nico  |  July 30, 2009 at 12:08 pm

    halo apa kbr……..
    saya bisa minta tolong
    di kirimkan data mengenai
    perincian dana untuk pembuatan ternak lele.

    Like

  • 44. nico  |  July 30, 2009 at 12:09 pm

    ke email saya ya noic_jr@yahoo.com
    tks……

    Like

  • 45. 4nto  |  July 31, 2009 at 2:13 am

    kenapa yak ikan lele yg ane ternakkan kepalanya besar dari badan, kayak kecebong jadinya, met/kenal yak.

    Like

  • 46. ersis  |  July 31, 2009 at 6:39 pm

    Saya sedang mempersiakan pembesaran lele yang intensif di kolam tembok. Maunya, kepadatan 500-600 ekor/m3.
    Ada saran untuk saya ?

    Like

  • 47. kmelina  |  July 31, 2009 at 10:20 pm

    Kepala lebih besar dari badan???…. ga usah bingung, … itu penyebabnya kekurangan pakan… coba kasi pakannya cukup, dalam artian jangan kebanyakan n jangan terlalu dikit… dijamin lele tumbuh dengan sempurna.

    Sukses ya, :)

    Like

  • 48. Adietya  |  August 9, 2009 at 1:48 am

    Untuk jenis bibit silangan lele dgn patin ciri ciri fisiknya apa bagai mana kita dapat membedakan dengan lele dumbo galur murni?Apa keunggulan masing masing bibit..makasih ya atas motivasi yg membangun ini.

    Like

  • 49. chef jau  |  August 10, 2009 at 11:21 am

    alo mba…
    nama saya johar tinggal d kab. majalengka jawa barat,sekarang ini kami sedang mancari jenis lele super yang katanya dalam pertumbuhannya cepat sakali,mohon penjelsannya menegenai jenis lele super tersebut,apakah benar adanya.kalo ada caranya memmeliharanya gimana

    Like

  • 50. kmelina  |  August 10, 2009 at 9:00 pm

    Hi Johar,… mungkin yg dimaksud lele super ini yaitu “Lele Phyton” atau mungkin juga “Lele Sangkuriang” memang kalo saya baca dibeberapa sumber baik itu buku maupun internet, memang mengatakan kalo keunggulannya yaitu pertumbuhan lebih cepat, telur lebih banyak, dan daya tahannya lebih bagus. Yang pasti, pada intinya, semakin cepat masa panen, maka semakin menghemat biaya dan bagaimana pemeliharaannya? caranya juga sama seperti jenis lele lainnya.

    Sukses ya, :)

    Like

  • 51. riza nopsanis  |  August 12, 2009 at 12:25 pm

    halo saya senag membaca ini saya mempunyai lahan sekitar 1000 m.. dan saya ingin mencoba untuk usaha pembesaran ikan lele.. saya sangat senag jika di kirim estimasi biaya dan keuntungan dengan lahan yang saya punya

    Like

  • 52. rozi  |  August 23, 2009 at 3:33 pm

    ada info ga ttg pemasaran di sekitar surabaya?

    Like

  • 53. fredi  |  August 25, 2009 at 10:02 am

    Saya mau sewa lahan untuk budidaya lele didaerah ciseeng bogor berapa pasaranya? Bagaimana sistem sewanya? Apa per 10.000 bibit apa per luas lahan? Rencana saya akan saya tanam 60.000 bibit kira2 harga yang pantas berapa ya? Tolong dibantu mas. Terima kasih

    Like

  • 54. Joko  |  October 14, 2009 at 12:39 pm

    pak qudtsi…
    kebetulan saya petani bibit lele sangkuriang di daerah bekasi/cibitung, untuk info lbh lanjut bpk bisa pm ke saya di joe_812003@yahoo.com atau 081219418011
    tks ya mbak..

    Like

  • 55. Iwan Munawar  |  October 18, 2009 at 1:49 pm

    Ass.
    Hampir setahun yang lalu saya buka pembenihan lele, dijual ke tengkulak yang datang atau saya menjual ke peternak pedaging. Kalau ada yang minat beli dari ukuran 1-2; 3-4; 5-6 s/d 7-8 bisa kontak saya deh ke 08888175239 atau 08170846295 atau tel. 0251-8618223. bisa juga langsung ke lokasi Kp. Babakan Ds. Pondok Udik – Kemang Bogor.
    Thank’s

    Like

  • 56. ardi 08788 05 86 907  |  October 27, 2009 at 9:22 pm

    JUAL BIBIT IKAN LELE SANGKURIANG
    JUAL BIBIT IKAN LELE SANGKURIANG
    .
    .
    .
    BIBT DARI INDUKAN BERKUALITAS
    .
    1-2cm = Rp. 60/ek
    3-5cm = Rp. 90/ek
    5-6cm = Rp.120/ek
    6-7cm = Rp. 150/ek
    7-9cm = Rp. 180/ek
    .
    BIBIT LELE SANGKURIANG BERKUALITAS
    GA ADA MIN PEMBELIAN.. BEBASSSSS .

    LOKASI JAKARTA
    SIAP ANTAR SELURUH PULAU
    .
    HUB 08788 0586907

    Like

  • 57. Eman  |  December 4, 2009 at 12:42 pm

    Dengan hormat
    saya jual ikan lele mau pun bibit ikan lele semua ukuran, bila ada yang berminat anda dapat menghubungi saya di 02519696337 ( eman ) atau di 02519237431 ( susi ).
    Alamat : mega mendung jalan raya puncak, kab. Bogor.
    Terima Kasih

    Like

  • 58. farid  |  December 7, 2009 at 7:47 pm

    oia mba.. mau nanya.. untuk pmberian pakan lele untuk porsinya brapa?? misal 100 ekor lele ukuran 5 cm.., dan brpa kali untuk pmberian maknnya..!!! sblumnya trmksh prhtiannya… oia mba klo bs kirim k email sy..dj_indahsari67@yahoo.com

    Like

  • 59. Feri Iswahyu Deniyanto  |  January 8, 2010 at 12:32 am

    Mba baru baca and ada yang mo ditanya kan,.??
    1. dalam postingan yang saya baca diatas kan harus dilakukan Pemilihan dari yang kecil dan yang besar,.namun saya bingung untuk penanganannya..?apakah semua ikan yang ada diserok 1 per 1 ato gimana mba caranya,.trimakasih

    karena saya saat ini mo coba berbudidaya,.dan saya masih mencari bahan referensi,.

    Like

  • 60. donny  |  January 15, 2010 at 11:23 am

    Salam kenal..

    saya ingin memulai usaha lele, sebelumnya saya beternak ikan patin, tapi karna ikan yg rentan akhirnya saya ingin beralih ke ikan lele, saya punya induk lele sekitar 15 ekor = 10 betina dan 5 ekor jantan.. saya ingin menanyakan apakah proses kawinnya sama dgn ikan patin? untuk patin saya menggunakan sistem kawin suntik.. apakah lele bisa jg dengan cara demikian? thaks atas infonya

    Like

  • 61. solvapotter  |  February 9, 2010 at 12:29 pm

    salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya ikan lele yang benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD. jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

    Like

  • 62. cak cox  |  February 23, 2010 at 11:51 pm

    kalo sekarang lagi tren kolam lele dari terpal to disemen bagaimana dengan buat kolam dengan area/ tempat yang sempit ya? ada teman memberi masukan dengan menggunakan drum (bekas minyak to oli) kira2 bgmn ya?tlg kirim jwaban d E mail saya juga ya

    Like

  • 63. arif  |  March 18, 2010 at 9:44 am

    saya baru mau mulai…tp bingung hrs mulai dari mana…mohon bimbingannya…

    Like

  • 64. chairul anwar  |  April 4, 2010 at 11:15 pm

    jual bibit lele dumbo..
    kl ada yg minat hub.081288994585/(021)77215808

    Like

  • 65. chairul anwar  |  April 4, 2010 at 11:21 pm

    alamat:Jl.Citayam No.63 kel.Ratujaya kec.cipayung jaya -depok

    Like

  • 66. JOHANNES PURWONO  |  April 19, 2010 at 3:47 pm

    Bagus ini bisa menjadi lahan untuk usaha.

    Like

  • 67. edo  |  April 21, 2010 at 11:05 am

    pemula nich mbak…klo airnya gak ngalir alias tetap jmlahnya,mati gak ikannya?

    Like

  • 68. kmelina  |  April 21, 2010 at 9:49 pm

    Hi Edo,

    justru air yang tidak mengalir itu lebih bagus buat lele, karena lele rentan dengan fluktusi suhu.

    Sukses ya, :)

    Like

  • 69. Andi Sukanja  |  May 10, 2010 at 6:26 pm

    MENJUAL PAKAN ALTERNATIF UNTUK IKAN LELE DAN BAWAL, MURAH DAN BERKUALITAS!!!! DIJUAL SOSIS KADALUARSA, SANGAT BAGUS UNTUK IKAN LELE DAN BAWAL. HARGA 1 KG = RP. 2.000,-, UNTUK PEMESANAN 1 TON KE ATAS SIAP DIANTAR + ONGKOS KIRIM.===========

    JUAL BENIH LELE SANGKURIANG BERKUALITAS (SNI)
    UK. (4-5CM RP. 100,-), (5-6CM RP. 150,-), (6-7CM RP.180,-), (7-8CM RP. 200,-), (8-9CM RP. 250,-), (9-10CM RP. 300,-) TANPA MINIMUM ORDER

    YANG BERMINAT HUBUNGI ANDI (081399859185) – TANGERANG – BANTEN

    Like

  • 70. kema ikopin  |  May 22, 2010 at 12:20 pm

    halo doakan kami sukses ternak lele ya……………….

    Like

  • 71. Riza  |  June 2, 2010 at 1:22 pm

    Rekan-rekan semua,
    kalau ada yang butuh bibit lele di Bandung dan sekitarnya bisa sms/call saya di 081 7271851 atau e-mail ke lariza2001@yahoo.com.

    Bisa diantar sampai tujuan.
    Thanks

    Like

  • 72. Andyn jos  |  June 5, 2010 at 2:11 am

    Mba,
    saya bingungni mau nanyak kalo kasik pakan ikan lele berapa % /hari?kita ambil dri jumlah ekor/bobot? trus semisal 60% itu per hari atau 60% /3x so makanya kan 1hri 3x?kalo saya butuh ikan lele tapi yg sangkurian/pyton beli d mana ya?saya posisi d Gresik,jatim.
    Mohon d jwab,TQ

    Like

  • 73. purnawijaya  |  June 6, 2010 at 12:09 pm

    di daerah saya banyakpeternak ikan lele ,tapi penjualane sulit,mohon bantuan semua rekan agar dapat membantu untuk penjualan hub:081 325 457 084.

    Like

  • 74. istifa  |  June 9, 2010 at 10:28 am

    Berternak ikan lele saat ini diminati petani budidaya, untuk meningkatkan daya serap ikan lele, perlu dilakukan perluasan usah seperti pengolahan menjadi produk olahan ikan lele.

    Like

  • 75. toni  |  June 30, 2010 at 12:01 am

    untuk Pak Andi..
    Pakan sossis apa tidak ada yang jual di daerah surabaya,,?
    saya punya penampungan ikan lele lokasi di surabaya,
    kesulitan cari pakan alternatif yang murah. trims

    Like

  • 76. tyo  |  July 5, 2010 at 5:29 pm

    dear…
    saya mohon bantuanya mengenai penjual bibit lele sangkuriang di daerah surabaya dan sidoarjo. bisa tolongbagi infonya dong..

    Regards’

    TYO (sty-tula@yahoo.co.id)

    Like

  • 77. Andi Sukanja  |  July 12, 2010 at 8:47 pm

    Pak Toni, maaf pak, ga ada cabang

    Like

  • 78. arief  |  July 22, 2010 at 12:36 pm

    mb…sya udah pnya rencana neh mw budidaya ikan lele..bisa d krimkan analisis anggaran usaha ny g mb..rencana ny sih sya mw pake kolam terpal buat mangkas biaya modal..untuk ukuran kolam 2 x 3 M..thank ya mb..klo bsa skalian info jga ya mba tips & trik ny..soal ny msih pemula..hehe..oiya klo bisa kirim via email aj mb di :
    kochip_thea@yahoo.co.id makasih….

    Like

  • 79. paliwan  |  July 25, 2010 at 8:16 pm

    mba, sy mw coba budidaya lele dan sy bisa dkatakan pndatang baru bgt yg g tau ap2 hehe…sy mw tanya dari segi efisiensi waktu, biaya dan kepraktisannya mana mana yang lebih baik antara pemijahan sendiri atau langsung beli benih?
    o iya sy tinggal d jkt tp rncana mw buat d daerah bandung…klo ad yg jual benih dan sklian ngsih konsultasinya boleh jg tuh…

    Like

  • 80. herman saputra  |  July 30, 2010 at 8:09 pm

    mba,sy udah mulai usaha lele dengan ukuran kolam 3×3 m…tapi kok hasilnya ga maksimal yah??udah 37 hari ukuran lele ttp kecil bgt,gmn ya mba cara pakan yg plg bagus bwt dpt hasil yang maksimal???tlong jwbnnya via email aj yah!!!makasi

    Like

  • 81. endah gunawan  |  August 18, 2010 at 12:20 am

    mba sya pemula yg ingin berbisnis ikan lele..sya sdh menyiapkan tong uk.80×120 cm untuk ternak lele.hal yang mau sya tanyakan:
    1.bisakah sya ternak lele dng media tong tsb?
    2.berapa idealnya isi bibit ikan lele klo medianya dgn tong plastik tsb?
    3.dimana sya dpt mmbeli pupuk utk pemupukan airnya?(lokasi saya tanjung priuk)
    4.bagaimana cara sya tuk dpt mengetahui bibit yg unggul?
    5.dimana saya dapat membeli bibit ikan lele?

    Like

  • 82. Raden Wira  |  August 23, 2010 at 1:15 am

    BUTUH SEGERA..!!!!!

    Lele konsumsi ukuran 10-12 ekor/kg sebanyak 5 kwintal secara rutin (minimal seminggu sekali)dgn hrga 7000/kg diambil di kolam atau 7500/kg di antar ke tempat.
    Diutamakan lokasi dekat wilayah Kota Surabaya dan Jawa Timur.
    Yang berminat silakan ajukan penawaran.
    hubungi SMS/Tlp:
    Wira 08993666637

    Like

  • 83. panca  |  August 25, 2010 at 11:56 am

    kenapa tidak ada semacam koperasi yang khusus untuk mewadahi para peternak ikan lele di daerah jakarta? sayang sekali padahal hal semacam ini seharusnya sudah harus ditangani secara serius.

    Kendala yang biasanya dihadapi oleh para peternak biasanya pola pemasarannya. Banyak sebagian peternak yang kadang terbentur dengan masalah pemasaran. Jika ada koperasi yang mewadahi besar kemungkinan para peternak tidak akan dipusingkan kemana harus melempar hasil ternak.

    Like

  • 84. dalijo  |  August 31, 2010 at 12:13 pm

    saya mau tanya. usia maksimal lele berapa hari. saya pemula n tebar benih tgl 1 agstus kmarin. tebar 1000 biasana jadi berapa kg? makasih jawabana

    Like

  • 85. marboth  |  September 13, 2010 at 2:16 pm

    Mo tanya,
    rencana sebentar lagi mau bikin 3 kolam terpal bwt ternak lele ukuran 2 x 3 m. rencana diisi dgan masing2 1000 ekor lele.
    1. kira2 bwt 3 kolam tsb sampe panen butuh berapa banyak pakannya????
    2. terus bagaimana cara mengukur kebutuhan pakan tiap2 kolam seiring dgn pertumbuhan lele tsb????
    3. berapa lama kira2 sampe siap panen???
    4. Ada ide bagaimana cara cari pasarnya??? apa dijual langsung ke penjual ikan di pasar aja yaaa???
    teriama kasih banyak…..

    Like

  • 86. Daging Bebek  |  September 28, 2010 at 3:40 pm

    Saya minat nih… ternak lele. klo ada referesi yg lebih detail tolong kasih tau… Thanks…

    Like

  • 87. ida  |  October 20, 2010 at 3:44 pm

    saya punya kolam semen ukuran nya 6X2 kedalaman 2 meter,kira2 klw saya masukin bibit lele 1000 ekor gmana yach.,trus apa harus lantai nya di kasih lumpur atw ijuk ya.,tq

    Like

  • 88. pardi  |  October 20, 2010 at 8:58 pm

    salam…
    saya kepingin nyoba beternak lele dengan menggunakan drum pertamina bekas. kira-kira bisa gak ya? trus cara-caranya apakah sama seperti yang pake kolam beton atw terpal?
    trims bwat replynya..

    pardi.soepardi@gmail.com

    Like

  • 89. Aries  |  November 1, 2010 at 10:05 pm

    Met malam mbak, aq mau tanya…
    aku coba pelihara ikan lele di kolam terpal. tapi baru 1 bulan gak da, airnya sudah keruh dan berbau amis. nafsu makan ikan juga menurun banyak. pa tu karena terlalu banyaknya cahaya matahari yang masuk ya,,, soalnya semua pohon yang da di sekitar kolam aku tebang semua. kadang2 airnya juga mengeluarkan buih yang banyak. nah, gimana cara mengatasinya. mohon solusinya…. trims

    Like

  • 90. wans  |  November 11, 2010 at 12:05 pm

    mbak,alamat di tubannya yg lengkap dimana ya? klo boleh sekalian no tlp nya. Terima kasih

    Like

  • 91. herdin  |  November 15, 2010 at 6:35 pm

    saya butuh pakan dan menghindarkan kematian bibit lele dumbo. dari 11000 hinggga umur 16 hari setelah tebar ukuran 4-5 udah mati mendadak sekali lebih 2500 ekor, sayang kan bila terus mati? tolong kirimkan balasan ke email saya, temen.

    Like

  • 92. aprilia  |  November 21, 2010 at 8:05 pm

    Bagaimana kalo di kolam (beton) dikasih teratai atau enceng?
    terima kasih.

    Like

  • 93. Rahmat Rahman  |  November 25, 2010 at 1:56 pm

    Bisa kirim bibit lele ke Kalsel nggak ya… mau nyoba

    Like

  • 94. riki  |  December 1, 2010 at 1:27 pm

    saya mau bertanya saya baru dalam bidang usaha lele saya baru tebar bibit 10000 ekor dfalam 4 kolam dengan ukuran kolam selebar 3*4 dan kemarin sudah panen ssebanyak stu kali namun hanya keluar sebanyak 800 kg
    padahal pakan sudah teratur dan bibit juga kualitas yang baik
    app soalnya apakah karena kolam berwarna hijau( airya )

    Like

  • 95. theway  |  December 28, 2010 at 9:38 am

    Salam kenal, saya theway di lampung, saya mau tanya, kl misalnya 2 minggu setelah tebar lele mati mendadak dan cukup banyak apa ya masalahnya, trus kl untuk sortir lele yang besar dan kecil apa harus di kuras habis airnya, apakah ikannya tidak stress jika air kolam diganti secara keseluruhan. tolong cc ke email saya ya…thanks….

    Like

  • 96. kadiraljailani  |  December 29, 2010 at 8:55 pm

    aku pengepul daerah bekasi.aku butuh lele konsumsi 7-8/kg.harga Rp.11500 sampai tempat

    Like

  • 97. SWARA NIAGA  |  January 21, 2011 at 12:48 pm

    Salam sukses .. lele banyak yang mati terkena penyakit cacar, luka, bercak putih, sirip geripis, sungut keriting/putus, insang merah/hitam, hilang keseimbangan, perut buncit .. kami menyediakan obat khusus lele baik untuk pengobatan atau pencegahan mulai dari bertelur sampai siap panen .. tinggal dicampur dipakannya .. teah teruji dan terbukti sejk tahun 2002.

    SWARA NIAGA
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270
    Email: swaraniaga@yahoo.com

    Like

  • 98. dilla  |  January 24, 2011 at 11:34 am

    mas saya baru dapat info dari teman ,katanya 10 hari sebelum bibit lele di tebar kolam di beri pupuk kandang sekitar sepuluh cm.benar gak.tlg ya info nya dikirim ke no imail saya.

    Like

  • 99. Bangkit  |  February 15, 2011 at 6:39 pm

    mas kadiraljailani … kalo diambil di lokasi bisa harga berapa??

    Like

  • 100. hasbi  |  February 23, 2011 at 5:55 pm

    ass all…
    bwt yg penyuplai bibit d sukabumi jaBar n bekasi ,tlg kirimkan rincian dana ya??
    bwt referensi harg kali ja cocok…
    thxs

    Like

  • 101. Dian ramdhani  |  February 28, 2011 at 1:37 pm

    saya mau tanya? kalau mau mendapatkan bibit yang setengah patin dan setengah lele kesiapa? kalau bisa berikut harganya? dan Kalau bisa setelah beser ( lele yang di pelihara ) di jual kemana?

    Trims
    dhani

    Like

  • 102. kmelina  |  February 28, 2011 at 7:51 pm

    Hi Dian, coba kamu baca artikel ini click http://theangel.wordpress.com/2011/02/22/pernah-gagal-12-kali-kini-fauzan-sukses-garap-bisnis-lele/

    Sukses ya, :)

    Like

  • 103. organikajaib  |  March 14, 2011 at 3:57 pm

    Lele panen 29 hari,Belut panen 3 bulan,Udang panen 2 bulan bebas penyakit,Nila & Bawal panen 1 bulan,panen jamur tiram meningkat 300% bebas ulat,bisa untuk rumput laut !

    sms:0857-8178-5140

    http://berita-agrobisnis.blogspot.com/

    Kakao umur 10 bulan belum berbuah setelah disemprot 3 minggu sudah berbuah…

    Like

  • 104. Rendy  |  April 14, 2011 at 8:17 pm

    Mbak mau tanya nih, dari beberapa sumber yg saya baca, pakan lele selain pelet dapat juga dari tumbuhan/ daun2-nan tertentu, contohnya apa ya dan gimana cara buatnya?
    Mohon informasinya

    Trims

    Like

  • 105. kmelina  |  April 16, 2011 at 10:46 am

    Hi Rendy,

    memang benar, lele juga bisa kog dikasi makanan tumbuh2an ato daun2an,… tapi itu hanya kalo terjadi sesuatu pada lele, seperti terkena suatu penyakit,… seperti comment saya yg sudah2, Rendy bisa baca, Daun Pepaya bisa untuk menyembuhkan penyakit pada lele,… tapi kalo tumbuh2an ato daun2an dibuat makanan utama itu akan mengefek pada pertumbuhan lele, jadi tidak ekonomis khan,…

    Sukses ya, :)

    Like

  • 106. eron  |  April 18, 2011 at 11:39 pm

    Sukses untuk kawan2 yang menjalankan budidaya lele..
    Saya juga menjalankan bisnis budidaya lele dan memang tidak semudah yang dibayangkan..tetapi dengan pengetahuan yang baik mudah2an segala kendala itu menjadi acuan agar kita bisa lebih baik di kemudian hari.
    Budidaya lele lebih mudah untuk dijalankan dengan pengetahuan terbatas apabila kita konsentrasi di pembesaran karena tidak terlalu rentan dengan mortalitas dan lebih tahan akan serangan penyakit.
    Saya bersama kawan2 yang lain konsentrasi di pembenihan..dengan lokasi kolam di daerah bekasi dan bogor.
    untuk info bibit bisa menghubungi 021-80367890
    Kami menyediakan bibit lele sangkuriang dari indukan berkualitas dan BerSNI dari balai benih budidaya air tawar.
    Selamat mencoba…:)

    Like

  • 107. Andhika  |  June 5, 2011 at 12:36 pm

    saling berbagi.. tks info nya bro…

    Like

  • 108. afan  |  June 21, 2011 at 11:05 pm

    mbak,
    lok misalkan lelenya pada gak mw besar pdahal dah di kasih makan cukup. itu masalahnya apa y

    Like

  • 109. kmelina  |  June 23, 2011 at 2:54 am

    Hi Afan,

    Sebenernya byk sich yg mempengaruhi, mungkin salah satunya bisa dari bibit lele itu sendiri, coba Afan make sure dulu, bibitnya bener2 berkualitas engga, kalo emank bener bibitnya bagus, mungkin bisa juga dari pakan, kandungan pakan itu sendiri juga mesti diperhatikan, terus satu lagi, coba check kondisi airnya, tercemar ga? ato suhu airnya gimana, fluktuatif ga?…

    Sukses ya,… :)

    Like

  • 110. paliwan  |  June 23, 2011 at 6:01 am

    mw tanya klo d daerah bandung (aku d daerah dayeuh kolot) cari bibit lele yg deket n kualitasny baik dmn ya??

    Like

  • 111. rizki  |  June 26, 2011 at 10:09 pm

    mba saya rencananya mau memulai ternak lele mau minta tips dan triknya untuk pemula seperti saya, untuk kolam saya sudah ada d daerah kuningan kira-kira untuk daerah itu dengan suhu air yang relatif dingin akan cocok untuk lele ga ya? lalu untuk benih yang berkualitas dimana ya yang paling dekat d daerah jawa barat?mkasih mba…

    Like

  • 112. paliwanaliwan  |  June 28, 2011 at 7:29 am

    abang,,mba,,semuanya..aku mw tanya ad yg tau g klo nyari bibit lele d bandung dmn yg bagus n ag murah,,note aku tgl d Dayeuh Kolot,,
    nuhun

    Like

  • 113. ferly  |  August 24, 2011 at 8:11 am

    bak,mau tnya ni
    .saya piara lele sering sekali ganti air,karna kepala ikan lele selalu ke atas seperti hirup oksigen.pedahal seminggu belum sampai saya musti ganti tersus ni bak airnya.kata temen2 yang piara akibat dari air apa benar ya bak.???
    Tolong saran agar ikan gag cepat stress,baik dari obat,maupun yg lainnya bak.mks

    Like

  • 114. hadi  |  September 12, 2011 at 9:06 am

    Saya ingin mulai usaha lele cma bingung utk pemasaranya

    Like

  • 115. LELA SURAMADU LOVES CATFISH  |  September 13, 2011 at 9:05 am

    Mengapa ukuran bibit kecil, boleh ditebar lebih padat? Jawabnya karena bibit kecil sangat rentan dengan penyakit dan kematian. Sehingga ketika bibit ukuran 10-12, jumlahnya ada di kisaran 100 ekor per m2. Ini kesimpulan yang saya dapat dari artikel ini. Makasih.

    Like

  • 116. ateen  |  September 16, 2011 at 11:08 am

    tnya dong,,,

    stlah 3 hari tebar benih…wrna air jd butek..agk coklat dan berbau..
    kra2 krna apa….dan baik gk untuk lele nya..???

    mksh…

    Like

  • 117. andy  |  September 25, 2011 at 9:54 pm

    UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 30 cm dengan cara dipercikkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Masukkan urea 10 g / m2 dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    e) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna kuning kehijauan
    f) Volume air ditambahkan hingga 60 – 70 cm dan bibit siap ditebar.

    Like

  • 118. LELASURAMADU LOVES CATFISH  |  October 7, 2011 at 4:29 pm

    panen lele-nya ukuran berapa hingga bisa didapat bobot 1,2 ton ? Makasih

    Like

  • 119. dillah  |  October 20, 2011 at 2:02 pm

    masih coba2 mbk..untuk 1000 bibit ukuran kolamnya berapa,,???trus apa hrus terpal ???

    Like

  • 120. jefri purba  |  November 20, 2011 at 8:36 am

    horasssss….
    banyak para peternak lele yg bingung bahkan stress dengan pakan lele yg mahal, yg ingin saya tanyakan apa pengganti pakan lele yg baik selain pellet???
    karana kita ketahui tidak semua peternak lele mempunyai modal besar, tapi memiliki semangat yg kuat akan usaha lele…
    terima kasih
    horas….
    halak batak…

    Like

  • 121. mudji  |  January 19, 2012 at 11:25 am

    saya mau tanya untuk pembelian bbibit yang baik di daerah surabaya dimana ya???? pingin juga coba – coba usaha ternak lele

    Like

  • 122. heru  |  January 19, 2012 at 1:30 pm

    Kami menjual mesin “Automated Feeder Fish (AFF) tipe SCW 38”
    – Untuk kolam Minimal 8 kolam
    – Dapat menakar pakan yang di sesuaikan laju perkembangan berat ikan
    – Memberikan pakan secara otomatis sesuai dengan keinginan dan waktu pemberian pakan.
    – Mudah di operasikan dengan 1 orang.
    – Garansi jasa perbaikan 6 bulan operasional (tidak terjadi kesalahan operasional / kerusakan fisik)
    – Pemberian pakan secara merata & terukur.
    – Dapat pembelian dapat di angsur sesuai kesepakatan
    Jika berminat bisa hub : Heru Sapto Purwoko (081914171713 / 08129997214)
    Email : heru_sapto2001@yahoo..com

    Like

  • 123. megan mahmud  |  February 21, 2012 at 10:25 am

    Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit
    lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo
    dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja.
    Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen
    akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Bila Anda butuh lele
    konsumsi saya juga siap. Semua
    harga bisa dinego. Pelanggan
    adlah raja. Saya ingin Anda
    untung besar, kapanpun Anda
    sms pasti secepatnya kami
    balas, pelayanan kami adalh yg
    utama. Anda sukses saya jg ikut
    sukses itu prinsip saya. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo
    meganmahmud@gmail.com

    Like

  • 124. heru  |  March 9, 2012 at 10:16 pm

    Salam …..
    Kami menjual mesin “Automated Feeder Fish (AFF) tipe SCW 38”
    – Untuk kolam Minimal 8 kolam
    – Dapat menakar pakan yang di sesuaikan laju perkembangan berat ikan
    – Memberikan pakan secara otomatis sesuai dengan keinginan dan waktu pemberian pakan.
    – Mudah di operasikan dengan 1 orang.
    – Garansi jasa perbaikan 6 bulan operasional (tidak terjadi kesalahan operasional / kerusakan fisik)
    – Pemberian pakan secara merata & terukur.
    – Dapat pembelian dapat di angsur sesuai kesepakatan
    Jika berminat bisa hub : Heru Sapto Purwoko (081914171713 / 08129997214)
    Email : heru_sapto2001@yahoo.com/heru.sapto@smit.co.id

    Like

  • 125. Rudy Prabandaru  |  March 15, 2012 at 8:51 am

    Kami menjual Pakan untuk Peternakan Lele dan Bebek
    yaitu : 1) Roti Tawar dgn harga penjualan perkilo Rp 2000,- , dan dgn harga penjualan 1 ton Rp 1750 perkilo.
    2) Roti Manis dgn harga penjualan perkilo Rp 1000,- dan dgn harga penjualan 1 ton Rp 750,- perkilo.
    Lokasi kami di jalan pekapuran no 14 curug cimanggis gas alam depok jawabarat , kontak person Rudy Prabandaru 085218161155.
    atau email rudiprabandaru@yahoo.co.id , pin 26 DD 29 B 8.

    Like

  • 126. ujang  |  March 15, 2012 at 1:32 pm

    saya tertarik untuk pembesaran ikan lele,,mohon infony kang untuk di daerah garut tempat penjualan benih di daerah mana ya kang,,terimakasih

    Like

  • 127. Maria ulfah  |  April 19, 2012 at 12:54 pm

    Assalamualaikum wr.wb.
    Jual bibit lele phyton ukuran 7-8 tersedia 30 ribuan harga 200 per ekor. Tersedia bulan Mei 2012. Sedia juga bibit sangkuriang berbagai ukuran 2-3,4-5, 5-6 dan 7-8.
    Berminat Hubungi Hp. 021 9330n 5212, 0811 98 1030
    Alamat : Villa Nusa Indah 3 Jatiasih Bekasi.
    Email: ulfah_aries9620@yahoo.co.id

    Like

  • 128. fitri  |  April 29, 2012 at 8:00 pm

    salam kenal..
    senag skali ada forum share ttg budidaya lele ini …
    Aku mau tanya, ada yang punya pengalaman ttg beternak di kolom tong gak ya ?
    apa ada kesulitan , atau ada hasil ?

    Like

  • 129. riki perdana  |  June 4, 2012 at 3:03 am

    ba low mdal awal dri bkn kolam sampai bli benih dan lain2 kira’ abis brapa?

    Like

  • 130. kmelina  |  June 4, 2012 at 7:51 am

    Mas Riki, ini cuma asumsi dari saya, coba di hitung ya …
    untuk benih lele uk 5-7cm Rp. 100-150/ekor
    terpal harganya 50rb kira2 untuk kolam 2×3m
    dan pelet untuk sampe panen sekitar 3,5 sak, untuk harga per saknya mungkin Mas Riki bisa nanya di daerah Mas Riki tinggal,…

    selamat mencoba

    Like

  • 131. imam s  |  June 4, 2012 at 12:57 pm

    Kami ini pemula ternak ikan lele dan kami sudah buat 8 petak 6×10 satu petak saya isi lele ukuran 9cm 20rb ekor . Sudah 17hari ini . Yang kami tayakan ? Siapa yang bisa bantu pelet bayarnya tempo 1bln, atau dp dulu barang diantar. Ke alamat kami soko Tuban 081272810001.

    Like

  • 132. Lanjarrr  |  June 5, 2012 at 6:41 pm

    salam mba melina …
    saya baru mau mencoba ternak lele di cirebon , dan gimana caranya buat beli bibit lele yang bagus mba ? dan dimana belinya ?
    saya sudah siapkan kolam terpal 1 x 2 m dan 2 x 3 m mba gimana caranya mengisi kolan itu supaya lele aman nyaman dan panen dalam waktu singkat , tolong infonya mba …

    Like

  • 133. elislamiddine  |  June 15, 2012 at 11:24 am

    pakan ikan dari sampah organik murah, visit : tr-as.blogspot.com

    Like

  • 134. dian  |  June 27, 2012 at 6:42 am

    tubanx d daerah mn y mbak,blh aq main donk?
    or aq minta nmr telpx donk,biar klo mw ty bs lbh mudah..

    Like

  • 135. Ade  |  June 27, 2012 at 5:31 pm

    Ade

    Saya mau coba pakai drum, untuk ukuran airnya bgmana ya ?

    Like

  • 136. maya  |  July 13, 2012 at 9:01 pm

    sy sangat tertarik dgn budidaya lele n pengen bagt mencoba.tpi belm tau ni gmn cra masarin n nyari penadah nya…gmn caranya ya???

    Like

  • 137. jimmy  |  July 29, 2012 at 6:24 pm

    mw tanya kenapa budidaya lele tidak boleh dekat jalan raya, kalo jalanya tidak begitu ramai gimana.,?

    Like

  • 138. ari  |  August 16, 2012 at 3:49 pm

    Numpang lewat gan, saya mo menawarkan pakan alternatif limbah sosis reject ternama, yg berminat dapat menghubungi saya (ari) 085312768823. Harga per kuintal Rp. 300rb untuk dalam kota tangrang, depok dan bogor. terima kasih.

    Like

  • 139. Lele Homes  |  September 5, 2012 at 12:34 pm

    Siang gan. Numpang iklan..
    Kami Jual lele siap konsumsi. Ikan lele kami sehat loh boleh dicek kekolam. Lokasi Ciledug Tangerang. Harga dijamin Murah!
    Kami juga menerima panen lele. Silahkan yang mau jual hasil panennya ke kami.

    Info detail :
    Hp 087774550025 (Ardo)
    Email lelehomes@gmail.com
    website : lelehomes.wordpress.com
    -Lelehomes-

    Like

  • 140. gema agung  |  September 8, 2012 at 1:51 pm

    Sedia bibit lele sangkuriang kualitas bagus BBAT.
    Untuk daerah cihanjuang cimahi, bandung
    Ukuran 5-7cm
    Harga 100-200rupiah/ekor tergantung pasaran…
    Cantact. :Hp : 082120009590
    Email :gemaagung@rocketmail.com
    PIN. : 21270A94

    Like

  • 141. nazila  |  September 29, 2012 at 7:17 pm

    saya mau jual lele ukuran 7ekor/kg

    Like

  • 142. ratu  |  October 2, 2012 at 8:25 pm

    klo untuk memulai ternak lele dengan luas kolam 10 x 15 membutuhkan berapa ekor bibit, pakan, dan vitamin. sebagai pemula

    Like

  • 143. daniel budiono  |  October 7, 2012 at 2:41 am

    tebar 10 rb jadi panen brp kg ya pak ?? pakan lele selain pelet yg murah dan gizinya tinggi apa ya ??

    Like

  • 144. ujang  |  October 15, 2012 at 9:45 pm

    ikut numpang kang,
    jual lele 1 kg/8-10 ekor , 1kg/ 10-15 ekor , 1kg/30-40 ekor dan 1kg/50-70 ekor. lokasi.kolam dkt pintu tol pasteur bandung.
    hub. ujang 02295771138 , 08122381182

    Like

  • 145. ratu  |  October 17, 2012 at 5:59 am

    haloooo….. mbak angle…. tanya lg nih….klo tuk lahan ukuran 4×6 membutuhkan benih, pakan , vitamin brp banyak ya….. kami pemula nih….. n g mo gagal donk….. thks n ditunggu jwbannya

    Like

  • 146. ide bisnis - ide usaha  |  November 8, 2012 at 6:03 am

    berapa bula lele sudah bisa panen?

    Like

  • 147. ferlian  |  December 20, 2012 at 3:40 pm

    mba,sy herman. ad yg blg sblm bibit d tabur air kolam yg d persiapkan tuk bibit nya d tabur yodium lebih agar kualitas air nya bgus dan ikan gk mudah mati. apa bnar cara yg tesebut krn sy msih pemula dan butuh bnyak bimbingan untuk sukses dlm usaha ini. trima kasih bnyak atas penjelasan nya ya mba.

    Like

  • 148. Dendik Tria Aris Tantok  |  December 26, 2012 at 3:04 pm

    alamat lengkap nya dmna bos…..say di sooko tuban dan saya tertarik banget……………

    Like

  • 149. dicky ramadana  |  April 14, 2013 at 9:10 am

    saya dicky di bekasi.. saya mau tanya ?
    info pengepul lele dimna ya .?
    sebulan lagi lele saya panen..
    harga terjangkau.
    1kg lele isi 8 haraga bisa nego
    hubungin dicky 08999727597

    Like

  • 150. dicky ramadana  |  April 14, 2013 at 9:11 am

    daerah jabodetabek saja… ongkos kirim gratis.. teria kasih

    Like

  • 151. adi  |  April 30, 2013 at 12:21 am

    bos numpang tanya? kalau mau mancing lele dikolam pemancingan biar lele mau makan dikasih obat apa ya?ksah cacing, jangkrikORONG2. BAKARAN CICAK G MAU MAKAN.. kataa tetangganya kolamnya tiap pagi dikasih obat biar ikan nya ga mau makan..kira2 biar netral kolamnya lg pake obat apa bos?

    Like

  • 152. kkim77  |  May 2, 2013 at 11:00 pm

    Teman saya pelihara lele di empang belakang rumah, jadi limbah wc mereka langsung jatuh di kolam lele tersebut, ikannya kok sehat2 aja yah ga mati? padahal peternak lele “beneran” yang bikin kolam khusus banyak lelenya yang mati

    Like

  • 153. Zaeck  |  November 25, 2013 at 11:48 pm

    Brapa harga per ekornya pak,kalau bibitnya segede jempol

    Like

  • 154. Juli  |  November 26, 2013 at 3:59 pm

    Hey

    Aku mau tanya, untuk seorang pemula kira-kira berapa total biaya yg dibutuhkan untuk beteernak lele sangkuriang?

    Like

  • 155. hendra  |  December 3, 2013 at 12:43 am

    Ass. Saya tertarik bisnis lele ini sy pnya terpal 4×6 dan brp lele yg harus sy tebar? Sy d daerah surAbaya mohon petunjuknya dari Suhu.. 082141746496
    Wass.
    Sugik

    Like

  • 156. CV. Pradipta Paramita  |  December 28, 2013 at 11:55 am

    Articlenya bagus sekali, semoga dengan ini bisa bermanfaat buat peternak peternak lainnya. Kami menyediakan probiotik yang dapat membantu penyerapan nutrisi sekaligus menghidupkan plankton dan zooplankton di kolam, 081 226 339 79

    http://jualprobiotikternak.wordpress.com/probiotik_lele/

    http://probiotikpakanternak.wordpress.com/jual_obat-_ternak/

    Like

  • 157. barok  |  January 16, 2014 at 1:52 pm

    mohon bantuanya teman sy pemula tinggal di derah lamongan kira-kira alamat penjual bibit ikan lele
    dan pembeli ikan yang siap panen dimana?

    Like

  • 158. adam jesy  |  January 30, 2014 at 10:54 pm

    untung 10jt dari hongkong.
    di daerah lampung hrga pakan persak 260rb x 1ton udh 8,6jt,
    bibit 10rb 2,5jt,brarti modal udah 11jt an,
    ikan le2 misal jd 900kg x 11rb msh 10jt kurang.,udh rugi 1jt an kan,blm bwt byar yg kerja nangkap ikanny,dapet rugi capek pula

    Like

  • 159. katulistiwa  |  July 23, 2014 at 4:00 pm

    mencari pembeli lele konsumsi partai besar dan kecil mau,di daerah nias,tapanuli tengah.barat,utara,dan kotamadya sibolga

    Like

  • 160. dicky  |  September 5, 2014 at 12:33 am

    Hay mbak…saya pemula di bidang pembesaran ikan lele,skrng lele yg sy bsrkan udh brmur 2,5 bln,,yg mau saya tnyakan apa bisa hsil pnen d krim mengunakan PLASTIK dngan jrak tmpuh 5jam??? Klaw bsa berapa ideal x dlam stu plastik,,,?? Thank mbak

    Like

  • 161. Eka Siswanto  |  September 16, 2014 at 5:49 pm

    Kalau ada yang tinggal di wilayah Solo Raya dan punya stok sosis expired sya siap beli hub. 081329262026

    Like

  • 162. Tukang sosis  |  October 3, 2014 at 3:39 pm

    JUAL SOSI BS / SOSIS KADALUARSA
    Kami menjual SOSIS Bs / Sosis kadaluarsa yang berlokasi di Cibitung Bekasi
    Cocok untuk pakan alternatif lele,bisa ambil sendiri.
    Cocok juga buat pakan
    ternak,sapi,kambing,unggas dan ikan.
    Jika berminat silahkan hub di

    085772143989 (Fadli)
    Cibitung Bekasi,

    info lebih lanjut kunjungi :

    http://patenkali.blogspot.com/2014/09/jual-sosis-bs-sosis-kadalaursa-untuk.html

    Like

  • 163. Maha Karya Abstrack  |  October 9, 2014 at 8:56 am

    untuk daerah tuban ada yg jual bibit belut apa tidak mbak

    Like

  • 164. hanafi  |  November 11, 2014 at 6:59 pm

    di kalimantan timur bibit ikan lele 1000 /ekor……… klo mau budidaya ikan lele di kaltim aja di kab. kutai

    Like

  • 165. Yan-Kiki  |  November 12, 2014 at 12:38 am

    Nice info Mas Hanafi,… :)

    #http://theangel.info

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts

Visit TheAngel’s New Home

theangel.info

Today Insipration

If you train hard, you'll not only be hard, you'll be hard to beat ~ Herschel Walker ~

Blog Stats

  • 349,048 hits

RSS News :


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 5,373 other followers

%d bloggers like this: