Budidaya Pepaya California Menjanjikan Keuntungan!

October 31, 2008 at 1:10 am 151 comments

Ini merupakan hamparan kebun Pepaya California. Varietas pepaya baru yang kini digandrungi para petani karena menjanjikan keuntungan. Pepaya California memiliki keunggulan tersendiri. Buahnya lebih manis, tahan lama, dan bisa dipanen lebih cepat dibandingkan pepaya varietas lain.

Salah satu tempat penanaman pepaya California terletak di Caringin Bogor, Jawa Barat. Suhandi adalah salah seorang petani yang berkebun pepaya California disini. Untuk mencapai lokasi kebun pepaya California dari Jakarta dapat melalui jalan tol Jagorawi. Keluar di Ciawi lalu mengambil arah ke selatan menuju Sukabumi. Sesampai di kawasan Talang dua berbelok menuju Tari Kolot, tepatnya di kawasan Cimande.

Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter diatas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam antara 1500 hingga 1700 pohon papaya.

Yang penting diperhatikan dalam menanam pepaya California adalah pemupukan. Setelah pohon pepaya besar, pemupukan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Pohon pepaya California lebih pendek dari pohon pepaya kabanyakan. Paling tinggi mencapai dua meter.

Pohon pepaya California sudah bisa dipanen setelah berumur 7 hingga 9 bulan. Pohonnya dapat berbuah hingga umur empat tahun. Dalam satu bulan bisa dipanen sampai empat kali. Sekali panen, setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 20 hingga 50 buah.

Untuk satu hektar lahan pepaya California milik Suhandi ini dapat menghasilkan sekitar satu setengah ton buah pepaya California. Pepaya California ini seluruhnya dipasarkan ke supermarket di Jakarta. Pepaya California banyak diminati karena ukurannya tidak terlalu besar, kulitnya lebih halus dan mengkilat.

Di tingkat petani, harga buah pepaya california berkisar antara dua ribu hingga dua ribu tiga ratus rupiah per kilogramnya. Sedangkan di supermarket, harga perkilogramnya bisa mencapai lima ribu hingga tujuh ribu rupiah.(Helmi Azahari/Sup)

[ taken from indosiar.com ]

About these ads

Entry filed under: Business Opportunity. Tags: , , .

Bisnis Sapi Perah di Mega Kuningan, Menggiurkan! Bertani Cabai Kopay yuk!!!…

151 Comments Add your own

  • 1. suparta  |  November 24, 2008 at 11:33 pm

    saya tertarik untuk budidaya pepaya ini, mohon informasinya di mana saya bisa mendapatkan bibitnya. terimakasih.

    Like

  • 2. kmelina  |  November 25, 2008 at 7:36 am

    Bapak, coba hubungi alamat berikut ini : :-)

    Known You Seed, Jl. K. H. Halim No. 349, Majalengka; Asta Agro Group, Kampung Rancasari RT 01/04 No. 2, Desa Pasirgaok, Bogor.

    Like

  • 3. aji  |  December 11, 2008 at 12:26 pm

    adakah tingkat kesulitan menyangkut perawatan dan hama yg senantiasa menyerang?
    trima kasih sukses selalu

    Like

  • 4. kmelina  |  December 11, 2008 at 7:18 pm

    Kalo tingkat kesulitan itu relatif ya,… biasanya kalo udah terjun langsung akan mengetahui cara penanggulangan dan perawatannya, tapi pastinya harus mempunyai panduannya salah satunya dari buku,… sukses ya,…

    Like

  • 5. nursyid  |  December 18, 2008 at 10:24 am

    Bila ada yang mau pesan benih pepaya california bisa hubungi email kam di : nursid_m@yaho.com (dengan Daniel atau 081317368788, txs……..yuk kita kembangkan jaringan bsnis kitai

    Like

  • 6. tejo  |  December 23, 2008 at 2:35 pm

    dimana saya bisa mendapatkan bibitnya dan berapa harganya? mksh

    Like

  • 7. Firman  |  December 26, 2008 at 2:59 pm

    jika anda membutuhkan benih pepaya california, Hawaii silahkan kontak saya Firman di 0813-82705371 atau 0817782122 atau e-mail benihbuah1978@yahoo.com.

    Like

  • 8. Firman  |  December 26, 2008 at 3:01 pm

    Mas tejo Yth. silahkan anda kontak saya, mengenai harga nanti kita bisa bicarakan. kalu boleh tau mas tejo ada dimana..? silahkan kotak no HP atau e-mail saya langsung.
    Terima Kasih.

    Like

  • 9. Eric  |  January 30, 2009 at 9:07 pm

    terima kasih atas info pepaya californianya..
    saya saat ini sedang mencari buah pepaya, saya ada minimarket di jakarta, kalo boleh saya tau, saya dapat menghubungi siapa ya jika saya ingin meminta supply buah pepaya dalam jumlah yang banyak..saya berlokasi di jakarta..

    terima kasih..

    Like

  • 10. bunawan  |  February 9, 2009 at 11:41 pm

    saya ingin coba tanam bibit pepaya california, kalau di jakarta ada yang jual gak ya bibitnya dan bisa beli satuan gak ya. trima kasih informasinya

    Like

  • 11. theodorus gunawan  |  February 11, 2009 at 7:57 pm

    jika anda membutuhkan bibit pepaya maupun buah.hub 085694889920 dengan bpk theodorus.lahan budidaya kami seluas 15 hektar. lokasi 45 km dari kota bogor.kp anyarsari desa cikopomayak kec jasinga bogor.

    Like

  • 12. junyarto  |  March 4, 2009 at 9:31 pm

    kepada Bpk theodorus :
    mau tanya apakah bibit yang diperjualbelikan itu ada jenis bibit pepaya california asli (bukan hasil dari pembibitan) ?

    Like

  • 13. junyarto  |  March 4, 2009 at 9:32 pm

    maksud saya bukan hasil dari penelitian/hasil dari persilangan ?

    Like

  • 14. theodorus gunawan  |  March 10, 2009 at 9:41 pm

    kami juga punya lahan kebun pepaya california di plabuan ratu silahkan hubungi DIDI KASMARA Jln tipar no 15 plabuan ratu telp.(0266)7079268.(0266)433020.

    Like

  • 15. budi agustiono  |  March 20, 2009 at 9:05 pm

    kalau mau cari bibit di area palembang ada yang tahu nggak?

    Like

  • 16. Hj. Nanie Subang  |  March 23, 2009 at 10:33 pm

    Anda perlu benih pepaya California?

    Silahkan hubungi di email ini.

    Like

  • 17. Firman Abdul Aziz  |  May 15, 2009 at 4:37 pm

    JIKA ANDA MEMBUTUHKAN BENIH PEPAYA CALIFORNIA, HAWAII, BANGKOK DAN PEPAYA PENGHASIL PAPAIN, SILAHKAN HUBUNGI SAYA DI benihbuah1978@yahoo.com ATAU DI 0817-782122 ATAU 0813-82705371.

    TERIMA KASIH

    Like

  • 18. yadi  |  June 10, 2009 at 7:02 pm

    Saya menanam pepeya California & Thailand ada 800 Pohon dalam tiga bulan ke depan saya akan panen.
    Jika anda minat membelinya silahkan anda hub emai ini

    Like

  • 19. Agus  |  June 21, 2009 at 12:52 pm

    Butuh bibit, please email :
    agus_sartomo@yahoo.com

    Like

  • 20. ika  |  July 5, 2009 at 1:26 pm

    wah, informasinya sangat membantu. saya dari sukabumi, kebetulan saya mempunyai lahan berupa bukit tapi agak miring, mungkin harus dibuat terasering kalo nanam pepaya ini. oh ya, katanya pepaya california harus mendapat penyinaran yang full ya? sementara lahan saya sepertinya sebaliknya, gmn ya? saya juga dapat informasi katanya kalo ditanam di lahan bekas sawah akan sangat bagus, apakah hal itu betul? terus bagaimana dengan hama penyakitnya apakah sangat mempengaruhi? terimakasih dan mohon petunjuk

    Like

  • 21. iwan suhwan  |  July 5, 2009 at 9:47 pm

    budidaya pepaya california ini, gimana ya pangsa pasar domestiknya?

    Like

  • 22. Maria  |  July 20, 2009 at 11:52 pm

    apakah ada petani yg tertarik u/ bekerjasama dlm budidaya pepaya california, sy tertarik! trims

    Like

  • 23. shelfia  |  July 21, 2009 at 6:42 pm

    kalo peluang eksportnya gemana yah..?

    Like

  • 24. pardos pakpahan  |  August 25, 2009 at 8:56 am

    saya tertarik untu menanam pepaya ini dalam jumlah sedang untukitu dapatkah saya diinformasikan dimana saya dapat memperoleh bibitnya

    Like

  • 25. fendi  |  September 5, 2009 at 11:51 pm

    Saya tinggal di Lmapung Barat dengan ketinggian 850 – 900 dpl saat ini saya sudah menanam pepaya tetapi tidak tahu varirtas apa ciri-ciri daging buah kuning berat per buah max 3 kg, rasa tidak terlalu manis. saya berminat untuk mengembangkan terus tetapi pada prakteknya budidaya pepaya cukup sulit masalahnya terkena busuk pangkal batang dan untuk beberapa tanaman daunnya berkarat sehingga pertumbuhan pucuk batang terhenti. untuk itu adakah diantara kawan-kawan yang bisa bantu informasi cara budidaya pepaya tersebut. alamt email saya bintangfajar_lpg@yahoo.co.id

    Like

  • 26. Anthurium Jemanii  |  September 6, 2009 at 10:09 pm

    Info yang sangat berguna.Tolong yang punya bibitnya,hub saya ya.
    Matur Nuwun

    Harminto Budi Boyolali

    Like

  • 27. faisal  |  September 23, 2009 at 8:08 pm

    saya tertarik sekali dengan varietas california, di mana saya bisa membelinya di sekitar area Mojokerto dan Surabaya.?

    Like

  • 28. firdaus  |  October 7, 2009 at 6:36 pm

    maf ini firdaus dari sukabumi, saya sangat tertarik dengan pembudidayaan pepaya kalifornia, apa lagi saya memiliki lahan yang lumayan cocok. saya ingin tau bagaimana cara untuk mem-budidayakan pepaya kalifornia? mohon untuk jawabannya? trimakasih. . .

    Like

  • 29. kmelina  |  October 7, 2009 at 8:26 pm

    Hi Firdaus, cara budidayanya seperti pepaya-pepaya lainnya… coba click http://books.google.co.id/books?id=ILdLnjOCZ7cC&pg=PA6&dq=budidaya+pepaya+california&hl=en#v=onepage&q=&f=false

    Sukses ya,… :)

    Like

  • 30. hamid  |  November 1, 2009 at 2:23 pm

    sekitar tasikmalaya dah ada yang nanem bloem ya?saya pingin konsul

    Like

  • 31. Paulus Andariyawan Spd.  |  December 4, 2009 at 7:50 am

    saya ingin mendapatkan bibit, berapa harga dan dimana mendapatkan bbit berkualitas,terimakasih.

    Like

  • 32. jansen  |  December 26, 2009 at 9:18 am

    saya ingin tanyakan cara panen , pengepakan saat panen dan cara mendistribusikannya.

    Like

  • 33. Pulung Nugroho  |  January 28, 2010 at 3:00 pm

    Saya tinggal di Cikarang, ingin membeli bibit pepaya california. tolong info katalog harga + spec bibitnya…terim kasih atas infonya

    Like

  • 34. nurkholis  |  February 4, 2010 at 2:18 pm

    Wilayah lampunmg selatan cocok buat pepaya california nggak?
    Saya tertarik, saya punya 2 ha lahan dengan kontur berbukit.

    Like

  • 35. indra  |  February 13, 2010 at 1:19 pm

    dimana saya bisa mendapatkan bibit pepaya kalifornia yang unggul?

    Like

  • 36. heru  |  March 5, 2010 at 10:17 am

    kalau untuk wil sragen/ solo dimana cara mdptkan bibitnya?
    kalau tanah bekas sawah (sdh dikeringkan sejak 1988) apakah
    bisa sitanami pepaya california?
    mohon info jg cara budidayanya, mis : cara pemupukan, kebutuhan
    airnya (sehari berapa kali disiram), dll.

    Like

  • 37. edi roseno  |  April 6, 2010 at 4:43 pm

    maaf saya berada di wilayah banten kira kira cocokan untuk budi daya pepaya ? dan saya juga tertarik untuk pepaya kalifornia

    Like

  • 38. Ilham  |  April 9, 2010 at 10:21 am

    Hi,
    salam kenal saya tertarik dengan budidaya pepaya california, tp bagaimana dengan cara pemasara yang paling efektif? karena setau saya hanya ada dua pola pemasaran yaitu: 1. petani > pengusaha mitra > supermarket&toko buah > kosumen dan 2. Petani > pengusaha mitra > Agen/Supplier > Konsumen. Mana yang lebih menguntungkan bagi petani menurut mba dan apakah ada cara yang ebih efektif ? Terima kasih sebelumnya. email boleh mba.

    Like

  • 39. Rahmat  |  April 20, 2010 at 2:37 am

    Salam agro..
    Kami petani pepaya california dari sukabumi, jika anda tertarik dgn budidaya pepaya california kami siap bekerjasama.tk

    Like

  • 40. Rahmat  |  May 2, 2010 at 12:37 am

    Salam Agro..
    Kami petani/supplier pepaya california dari sukabumi,
    jika anda berminat budidaya pepaya california kami siap bekerja sama & bermitra.Tk

    Like

  • 41. hanafi  |  May 4, 2010 at 2:05 pm

    saya posisi di serang banten ingin menjalin kemitraan dg pengusaha pepaya california, mohon informasinya.

    Like

  • 42. Pramana  |  May 8, 2010 at 11:06 pm

    Jika memang demikian hasil yang di dapat dari budidaya buah pepaya california tersebut, maka tolong informasikan kepada saya dimana saya bisa membeli bibit pepaya tersebut dan berapa harganya ?. Tolong kirim juga informasi tentang buah pepaya california selengkapnya termasuk penyakit dan penanggulangannya. Terima kasih.

    Like

  • 43. Amir Hamzah  |  May 15, 2010 at 6:50 pm

    Konsumsi terus buah pepaya, buah murah meriah mudah didapat dimana saja dan kapan saja, disukai dari balita hingga manula. Tidak saja baik untuk kesehatan tapi baik juga untuk kecantikan.

    Salam kenal dari petani pepaya
    AMIR HAMZAH

    Like

  • 44. Hadi prayitno  |  May 18, 2010 at 9:53 am

    Salam pak Amir saya tertarik dengan budidaya pepaya califonia rencana saya lokasi di daerah lereng gunung sumbing magelang apakah daerah ini cocok dengan tanaman pepaya california .mohon informasinya, terimakasih

    Like

  • 45. mike nurhidayah  |  May 22, 2010 at 11:20 am

    saya tertarik sekali dengan tanam pepaya, kami punya lahan 1 hektar didaerah pegunungan,,,mohon info bibit, perawatan dan utamanya untuk pasca panennya. alamat kami di bondowoso jawa timur. no telp 08124981742

    Like

  • 46. DIDING WAHYUDI  |  May 23, 2010 at 1:32 pm

    Kami petani Pepaya California mempunyai 3000 pohon dalam 2 bulan ke depan sudah mulai panen. lokasi kami berada di Cilegon-Banten. jika anda berminat Hub: 081911200149

    Like

  • 47. Abdul Aziz  |  May 26, 2010 at 9:06 am

    jika anda berminat tanam pepaya california dan hawaii dan membutuhkan benihnya. silahkan kontak saya di 0817-782122 atau 0813-82705371.
    Abdul Aziz

    Like

  • 48. Helena Ariesty  |  May 30, 2010 at 1:14 pm

    adakah yang mempunyai pepaya california matang pohon siap panen?? saya membutuhkannya segera utk penelitian. Bagi yang mempunyai, harap menghubungi saya by mail di helenariesty@yahoo.com

    makasi bgd buat bantuannya :)

    Like

  • 49. riznita  |  June 4, 2010 at 7:41 pm

    wao,,tertarik ne untuk pengemangan nya di daerah bintan bisa gak yach,,carana gimana yachhh

    Like

  • 50. jack maramis  |  June 21, 2010 at 10:50 pm

    saya mempunyai tanah kurang lebih 4 hektar dapatkah saya mengelolah atau menanam pepaya california di tanah sebasar itu. tapi saya juga masih binggung untuk mencari bibit dan cara untuk menanam pepaya california dengan baik,agar hasil nya juga baik. terimakasih sebelum nya.
    (www.mandey@yahoo.com)

    Like

  • 51. TEGUH TRIE WALOYO  |  July 2, 2010 at 9:17 pm

    bagi yg ingin membutuhkan bibit siap tanam maupun benih dalam sachet bisa menghubungi saya di nomor 081391769060.
    d/a: jl. Rancah no. 5 RT. 001/001 Soneyan sumber Margoyoso Pati 59154.

    Like

  • 52. anton  |  July 22, 2010 at 5:09 pm

    saya tertarik tpi gmn cara mendptkn benihnya,trs mahal gak….

    Like

  • 53. yulkar  |  July 27, 2010 at 11:44 am

    apakah perbanyakan bibit harus dengan pemuliaan..atau dapat diperbanyak dari buah yang sudah matang…terima kasih

    Like

  • 54. ari yanto  |  August 11, 2010 at 9:51 am

    hi…smuanya salam sjahtera untuk para petani pepaya indonesia…

    Bgi para petani pepaya y bingung mencegah/mengobati penyakit daun kriting n tungau putih anda bsa menghubungi saya…di 085781125582 dngan ari…
    N sya jg menerima pemesanan benih pepaya unggul berbgai jenis…sdah truji n asli california.
    Salam sukses.

    Like

  • 55. ari yanto  |  August 11, 2010 at 9:57 am

    untk bp yukar…
    Dalam pembuatan benih pepaya…
    Agar mendapatkn hasil y baik…minimal umur tanaman pepaya yaitu 2tahun,n buah sudah masak benar…
    Setelah tu bru qt ambl bijiny,kmudian lepaskan selaput y melndungi biji…
    Kmudian cuci n jemur…
    Untuk lbih jlas anda bsa hubungn saya untuk konsultasi d085781125582…

    Like

  • 56. Hadi  |  August 12, 2010 at 9:05 pm

    Salam kenal,

    Saya mendengar bahwa musuh utama pepaya california adalah antraknosa. Bagaimana cara antisipasi dan mengatasinya?

    Terima kasih,
    Hadi.

    Like

  • 57. Abdul Aziz  |  August 18, 2010 at 7:39 am

    Pak Hadi Yth.
    Antraknosa disebabkan oleh jamur Colletotricum gleosporoides. dengan ciri – ciri serangan pada buah muda terbentuk luka kecil ditandai dengan adanya getah yang keluar dan mengental. pada buah menjelang masak tampak berupa bulatan – bulatan kecil berwarna gelap, bila buah bertambah masak, bulatan tadi akan bertambah membesar dan busuk cekung kearah dalam buah. cara mengantisipasinya adalah :
    1. Sanitasi kebun dijaga dengan baik, salah satunya adalah pembersihan gulma secara teratur, dan pengaturan jarak tanam sehingga sinar matahari dapat sampai menyentuh tanah.
    2. Jika sudah terjadi serangan gunakan fungisida berbahan aktif mankozeb dengan dosis 0,2 %.
    3. Tidak menggunakan cabai dan tanaman terung terungan sebagai tanaman sela atau tumpangsari karena tanaman tersebut merupakan tanaman inang kutu putih.

    Like

  • 58. RAHMAT  |  August 24, 2010 at 8:08 pm

    salam kenal..
    kami adalah produsen pepaya california dari sukabumi
    contac kami
    0857 2388 2388

    Like

  • 59. sapto simon pramono  |  August 24, 2010 at 10:07 pm

    petani pepaya sekitar kab.pati boleh dong aku kenal dg anda.add di facebook ya..trims .085326872193

    Like

  • 60. Niko  |  September 3, 2010 at 12:17 pm

    Saya menanam pepaya california di pinggir laut dan tanah pasir..masalahnya petik tdk sesui target dan bnyk skali virus dan kendalanya..tlng beri tau solusinya

    Like

  • 61. dodi novianto  |  September 15, 2010 at 5:11 pm

    yg saya mau tanyakan masalah penjualan kalao bisa kontrak saya punya lahan 22 hektar di lampung,,,,bisa saya tanam

    Like

  • 62. dodi novianto  |  September 15, 2010 at 5:12 pm

    dodi novianto 081279098243

    Like

  • 63. Ahmad Buhari  |  September 22, 2010 at 2:55 pm

    Saya telah menanam pepaya california 70 batang dan sudah 5 bulan usianya apa kiat selanjutnya agar tanaman saya tumbuh lebih bagus dan cepat besar buahnya

    Like

  • 64. hendra  |  September 30, 2010 at 11:36 pm

    hello saya dari manado
    apa di daerah saya cocok membudidayakan pepaya california,dan dmna saya bs mendapatkan bibitnya.
    sekedar informasi saya ada sekitaran 8 hektare pepaya thailand super sementara panen.
    contact :
    pondaaghendra911@gmail.com

    Like

  • 65. Hadi  |  October 1, 2010 at 11:22 pm

    Terima kasih atas infonya.

    Like

  • 66. Budhi Wiyono  |  October 8, 2010 at 9:17 am

    Kalau mencari bibit pepaya kalifornia disekitr madiun dimana ya..?

    Like

  • 67. muhammad ikhsan  |  October 12, 2010 at 11:32 am

    Saya tinggal di sumatera Selatan, dimana saya bisa mendapatkan bibit pepaya california yang bagus,,,,,, soalnya kalau buat sendiri kurang begitu bagus hasilnya. trimakasih,,,,,sukses slalu,

    Like

  • 68. Abdul Aziz  |  October 15, 2010 at 2:27 pm

    pak muhammad ikhsan.
    kontak saya di 081382705371 atau 0817-782122. saya menyediakan benih pepaya california dan hawaii.

    terima kasih

    Abdul Aziz

    Like

  • 69. hari sadewa  |  October 18, 2010 at 7:25 pm

    assalamualaikum, salam kenal dr sy di sleman yogyakarta. maaf bpk/ibu sy setelah panen bulan depan ini barkeinginan utk menanam pepaya california. utk itu sy minta informasinya bagaimana pengelolaanya. atas perhatiannya diucapkan bayak terimakasih.

    Like

  • 70. Prima  |  October 25, 2010 at 11:24 am

    bagaimana cara pemesanan benih dan cara kirim nya, trims

    Like

  • 71. amir s  |  October 26, 2010 at 4:32 pm

    saya mau tahu yang jual bibit pepaya california daerah surabaya ada nggak???pokoknya yang deket-deket juga nggak apa-apa

    Like

  • 72. amir s  |  October 26, 2010 at 4:42 pm

    kalo ada contac dong ke 083857194571

    Like

  • 73. sugeng supriyadi  |  November 2, 2010 at 8:57 pm

    saya minat tentang penanamn pepaya,apalagi setelah melayari ttg pepaya california semakin tertarik.tetapi masih kerja dimalaisia.stlh pulang ingin mencoba menanam pepya califoornia dlm sksla sedang…berapa hekar lahan dibutuhkn..?adakah yang sudi kasih saran&bimbingan..?tq..(saya dari purworejo jawa tengah)

    Like

  • 74. Petani Jawa Tengah  |  November 12, 2010 at 2:20 pm

    Lokasi saya di CILACAP, dan sampai sekarang kami masih menanam serta membuat Benih Pepaya California (hanya california) dalam polybag

    Harga satuan (1 polybag) Rp.2.000 (ukuran ideal tanam ≥ 20 cm)
    pemesanan satu truk -+ 10.000 bibit
    Onkos kirim disesuaikan dgn jarak dari CILACAP ke daerah Anda

    Hubungi Saya ( Bayu ) : 0812 2840 2828

    Like

  • 75. yan  |  November 19, 2010 at 8:33 pm

    kang bisa di tanam pada tanah yang gmn??
    pH tanahnya brapa??
    penyakit n hama yang biasa nyerang pa z??
    pengendalian yang efektif gimana??

    Like

  • 76. nasution  |  November 22, 2010 at 10:24 pm

    bagi rekan-rekan yg ingin berbisnis pepaya california,kami menyediakan bibit pepaya california denmgan kualitas yg baik yg siap tanam. selain itu kami juga menyediakan dalam bentuk benih yg bisa diperoleh dlm skala kecil, serta kami menyediakan jasa pelatihan budidaya pepaya california. rekan-rekan dapat menghubungi kami di 081384510057 (nasution). trims.

    Like

  • 77. karlan  |  January 2, 2011 at 2:42 pm

    untuk daerah jakarta timur dan sekitarnya ,yang ingin jualan buah pepaya kalifornia. kami siap kirim min 500kg. harga 5000/kg ditempat.hub:02192544460/081282207812/085695449463

    Like

  • 78. Bambang Sleman Yk  |  January 3, 2011 at 6:03 pm

    Saya ada tanaman 2 hetar di sleman, untuk sementara pepaya udah pada diambilin para pembeli langsung

    Like

  • 79. Bambang Sleman Yk  |  January 3, 2011 at 6:05 pm

    untuk berbagi pengalaman bisa hub.081804304312

    Like

  • 80. mundirun  |  March 1, 2011 at 2:20 pm

    Teman saya ada yang berkebun pepaya california, hawai dan bangkok. Yang ingin berkebun papaya bisa share dengan dia. ulasannya ada di blog saya : http://www.pupuk-mikoriza.blogspot.com
    Salam
    Mundirun

    Like

  • 81. komang  |  March 5, 2011 at 6:10 pm

    halo salam knal smuanya…
    saya tertarik untuk mengembangkan pepaya ini, kbtulan kami ada lahan di bali lokasinya sekitar 300 mdpl, tanah persawahan tapi sering kering,,,,apa ada yg berminat untuk diajak mengembangkan lahan tsb krn kami belum paham betul bertani pepaya dan pemasarannya,,,untuk lebih jelas dpt sms ke 087870255618
    tks

    Like

  • 82. wisnu gunawan  |  March 11, 2011 at 11:40 am

    sedia bibit pepaya california,free konsultasi,by phone/sms,kp.anyarsari rt5/01,cikopomayak,jasinga bogor 085695912220

    Like

  • 83. andry  |  March 18, 2011 at 12:40 am

    untuk daerah jakarta barat dan sekitarnya ,yang ingin jualan buah pepaya kalifornia dan bangkok . kami siap kirim. harga 4000/kg untuk pepaya california, dan 2500/kg untuk pepaya bangkok ditempat.hub:

    email: randry9@gmail.com

    Like

  • 84. ana  |  March 18, 2011 at 1:10 pm

    mohon infonyalah..kita mo nanam pepaya neh…………tetapi masi pembibitan……..wadahnya belum di buat………….gimana cara pemindahan bibitnya………..dan penyediaan lahanya……….???

    mohon bantuanya dong ……………….

    tq

    Like

  • 85. fathul  |  March 22, 2011 at 8:28 pm

    gimna cranya pesen biji pepya untuk benih yang tailand kali fornia/ n dikirim atau n ngambil sndr, kalau ada minta prosedur pengirman dst..

    Like

  • 86. rudy  |  April 5, 2011 at 8:41 pm

    saya butuh pepaya kalifornia 400kg/minggu,,,
    great A dan B

    Like

  • 87. rudy  |  April 5, 2011 at 8:48 pm

    tolong sms atau tlp saya di 081219868486

    Like

  • 88. AlityWalacict  |  April 15, 2011 at 4:49 am

    There is nothing wrong with compromise. Even if all of life – full kompromizm.

    Like

  • 89. Taufiq  |  April 18, 2011 at 8:20 am

    Mohon info, untuk daerah Jonggol/ Cariu apakah baik untuk budidaya ppy california/ hawaii? apakah tanamn yg baik untuk tumpang sari/ tanaman sela, misal singkong

    Like

  • 90. Sepeda MTB  |  April 20, 2011 at 4:07 pm

    Info yang menarik!!!

    Like

  • 91. boye  |  April 25, 2011 at 2:33 pm

    saya,,sdh 4 bln menanam pepaya california..300 pohn..prtmbuhan ny tdk rata..saya ingin tahu cara ..penanganan slanjutny..curah hujan sangat tinggi. apakah itu yang mengakibatkan akar busuk dan daun kriting.???

    Like

  • 92. Dedi Prasetya  |  June 18, 2011 at 5:18 am

    Saya mempunyai tanah di daerah pesisir pantai, apa Pepaya Caslifornia ini bisa juga dibudidayakan didaerah pesisir seperti ini? Saya Posisi dikebumen jawa tengah. dimanakah bisa mendapatkan bibit pepaya california yang paling dekat?

    Like

  • 93. Cevi Hartono  |  July 15, 2011 at 9:01 pm

    saya tertarik dengan bisnis pepaya, kebetulan saya baru mau memulai klo boleh saya minta analisis usaha agribisnis pepaya, klo bisa di kirim k email saya terima kasih pa

    Like

  • 94. halid  |  July 22, 2011 at 11:07 am

    Saya tertarik sekali tanaman pepaya, saya punya lahan 10 ha yang sangat cocok ditanami pepaya. boleh saya minta petunjuk bibit dan pemasarannya ? trim Halid. email : bsrmineral@yahoo.com

    Like

  • 95. Q'tink rose  |  September 3, 2011 at 6:46 pm

    kami dr cv.salsya buah menerima dan membeli pepaya california dalam 1mnggu 18t0n..
    Hbngi 081393346444

    Like

  • 96. sandiprayog  |  September 12, 2011 at 2:57 pm

    harga per kg brapa di tempat petani?

    Like

  • 97. irul  |  October 11, 2011 at 7:16 pm

    saya baru molai menanam pepaya kalifornia!!! tapi saya masih bingung dengan pemasarannya apa ada yang bisa membantu???

    Like

  • 98. kadek sulitra  |  October 25, 2011 at 1:20 pm

    Kalau perkebuanan pepaya di daerah bali ada ngak ya…kalo ada mohon impormasi alamatnya, saya akan stusdi banding dulu sebelum membudidayakannya. kalau ada yang tau mohon email ke sulitrak@yahoo.com

    Like

  • 99. handy  |  November 2, 2011 at 9:39 am

    saya membutuhkan pepaya muda untuk produksi selai. kurang lebih 1,5 ton per minggu. apakah ada yang bisa bantu?

    Like

  • 100. pipit pitrianingsih  |  November 3, 2011 at 9:24 pm

    BIBIT PEPAYA CALIFORNIA DALAM BENTUK BIJI. SILAHKAN KONTAK PIPIT PITRIANINGSIH di 085697071666,081287609669

    per 10 gram isi sekitar 450 – 500 butir,harga Rp.130.000,sudah termasuk ongkos kirim dan panduan cara budidaya.alamat kebun : kp.anyarsari rt 05/01,cikopomayak,jasinga,Bogor 16670 pembayaran via transfer BCA/BRI setelah paket diterima.berminat bisa telp atau sms…free konsultasi budidaya ( http://www.agrokatesmandiri.com )

    Like

  • 101. dirun  |  November 9, 2011 at 6:59 pm

    bagi yang membutuhkan pepaya california,kami siap melayani untuk 14 ton/mnggu,,,harga kirim untuk wilayah jakarta great A:4000 ,great B:3500,,,,
    hrga kirim untuk wilayah bandung great A:3750,great B:3000,,,,,,,NEGO,,,,,,,
    wilayah prwkrto,jogja,smrang,dan sekitarnya,,,,A:3500,,,B:2500,,,,,
    ambil ke lokasi,,hubungi bpk dirun ,,karanggadung,petanahan,kebumen,,,,,

    Like

  • 102. agus wahyini se  |  November 15, 2011 at 8:41 pm

    pak,saat ini saya ingin membudidayakan pepaya hawai.harga bibitnya brp ya,,,?mohon infonya pak,hub email saya

    Like

  • 103. kukuh  |  November 15, 2011 at 9:56 pm

    pten tu..cra msarin n ngalin buah gmana ya?

    Like

  • 104. Hendra setiawan  |  December 31, 2011 at 4:27 pm

    Sy tanam ppya california baru brumur 4bln dan udah mulai berbuah,tp buahnya tdk seragam, ada yg bulat lonjong dan lancip dan ada juga yg normal, apakah yg bulat ini bisa menjadi besar dan bs d jual?

    Like

  • 105. owieq  |  January 12, 2012 at 10:55 pm

    mohon info yang jual bibit pepaya california di surabaya.. ato probolinggo,

    Like

  • 106. owieq  |  January 12, 2012 at 10:55 pm

    sebelumnya trima kasih atas infonya

    Like

  • 107. feria  |  January 23, 2012 at 11:22 am

    saya sudah menanam pepaya california,,,tidak terlalu banyak tapi hampir 50% smuanya mati….hanya sebagian saja yang dapat tumbuh subur…kira2 apa penyebabnya ya memang pada saat itu sedang musim hujan

    Like

  • 108. ureh  |  January 30, 2012 at 8:04 am

    Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter diatas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam antara 1500 hingga 1700 pohon papaya.

    Like

  • 109. raya  |  February 8, 2012 at 6:56 pm

    saya raya, saya sedang tahap penelitian tentang papain, mohon info perkebunan pepaya disekitar jawa barat atau bandung yang bisa saya temui buahnya saat umur 2,5 atau 3 bulan untuk pengambilan getahnya. mohon infonya, terima kasih

    Like

  • 110. hilman hidayat  |  February 29, 2012 at 10:17 pm

    saya mau belajar bertani di bidang buah pepaya, bagaimana saya mendapatkan bibit nya,

    Like

  • 111. Putra Delta  |  March 6, 2012 at 2:53 pm

    Saya mau tanam di Cikidang sukabumi, saya harus menghubungi anda kemana. Dan berapa harga bibit per packnya (isi berapa biji)

    Thanks
    Sutiyo
    Telp. (0266) 731663
    Hp.081384150899 (online)

    Like

  • 112. toyiban sayful anam  |  March 14, 2012 at 11:52 pm

    saya ingin menanam pepaya tapi tanah saya gambut,cocoknya ditanam pepaya jenis ap ya,,trims

    Like

  • 113. pono (wonosobo)  |  March 16, 2012 at 9:08 pm

    coba bpk hubungi no ini 085291643965 jika anda butuh bibit pepaya california pono (wonosobo)

    Like

  • 114. Rahmat Dayat  |  March 27, 2012 at 7:47 am

    saya di daerah surabaya gresik mau mendapatkan bibit nya tuh bagaymana soalnya di sini saya mempunyai lahan yg cukup luas ingin menanami pepaya mohon konfirmasinya trims,

    Like

  • 115. fuad  |  March 30, 2012 at 11:50 am

    bapak2 semuanya…xlo disemarang ada yang punya bibitnya gak?

    Like

  • 116. i ketut genep  |  May 12, 2012 at 6:37 pm

    ketut genep>saya dr bali gianyar. klo bpk bisa kasi info ketersediaan bibit nya di bali karena saya udah ada lahan siap tanam.

    Like

  • 117. udin  |  June 14, 2012 at 1:00 am

    BAGI YG INGIN BUTUH INFO BENIH PEPAYA COBA HUBUNGI Bpk Udin o81282292799

    Like

  • 118. udin  |  June 14, 2012 at 1:05 am

    ralat nomor hp bpk udin 081282298799 ini yg benar mohon maaf salah info,nah mungkin ada yg ingin info benih atau bibit pepaya bisa hubungi bapak udin di nomor ini

    Like

  • 119. umar  |  August 27, 2012 at 1:19 pm

    saya sedang nanam,,,,, klu ada yg butuh hasil panenannya call me,,,, berapa diterima??????

    Like

  • 120. anto  |  September 17, 2012 at 10:15 am

    klu untuk daerah pesisir dekat pantai bagus ga,,ditanami pepaya california,..dan untuk daerah indramayu ada ga yg jual bibitnya,…

    Like

  • 121. Fatmawati rachim  |  September 18, 2012 at 10:32 pm

    Saya tertarik untuk mencoba bibit califonia ini, alamat saya dimanado,

    Like

  • 122. laare bagoes  |  October 2, 2012 at 10:00 pm

    saya tertarik untuk membelinya dlm partai besar,harga /kg berapa ya…..thanxs

    Like

  • 123. laare bagoes  |  October 2, 2012 at 10:09 pm

    @ pak udin klau bleh tau domisili bpk d mana ya

    Like

  • 124. SUNARTO  |  October 11, 2012 at 12:52 pm

    ASS WRB, MAU TANYA SAYA TINGGAL DI PEKALONGAN JATENG, (KEC. KAJEN) APAKAH DAERAH TSB COCOK UTK DITANAMI PEPAYA…..MOHON SARANNYA

    Like

  • 125. Muhamad as'ad  |  November 5, 2012 at 10:17 pm

    Asalamualaikum…
    saya muhamad Asad.
    ingin menanyakan informasi untuk daerah majalengka dan bogor alamat untuk pemesanan bibi d daerah mana?
    terimakasih

    Like

  • 126. rizalm09.student.ipb.ac.id  |  November 17, 2012 at 10:43 pm

    Luar biasa respon masyarakat Indonesia mengenai buah Pepaya calina sangat besar,
    jika butuh informasi, bisa berkunjung di:
    anekatanimandiri.blogspot.com

    Like

  • 127. yusepr@madhan  |  November 28, 2012 at 4:45 pm

    saya asep dari rangkasbitung, saya tertarik ingin menanam pepaya california,di mana saya biSamdapatkan benihnya kalau ada di daerah banten..

    Like

  • 128. hendar  |  December 9, 2012 at 10:24 am

    bagi petani california saya butuh pepaya 1 ton perminggu dengan kualitas grade A saya tinggal di daerah parung hubungi 021 8557 1814 / 021 93291051 / 0857 74281820

    Like

  • 129. Irawan Santoso  |  January 21, 2013 at 3:12 pm

    Saya perlu pepaya muda / pepaya sayur untuk export. Yang punya supply nya tolong contac ke 0852 1928 4375

    Like

  • 130. sumarno  |  January 25, 2013 at 8:50 pm

    Kalau mau gabung mitraan bagaimana caranya?

    Like

  • 131. yudi  |  February 5, 2013 at 10:34 am

    Slmt siang,, utk para petani pepaya california di daerah depok, bogor dan sekitarnya. Saya butuh pepaya sebanyak 2 ton perminggu utk 2 kali pengiriman. Hp saya 081905056701 / 081316530208

    Trm ksh
    Yudi

    Like

  • 132. yudi  |  February 11, 2013 at 6:30 am

    Untuk para petani pepaya di daeah depok dan bogor silahkan hub saya di 081905056701/081316530208. Sy mau membeli rutin min 1 ton perminggu.
    Trm ksh. Yudi

    Like

  • 133. pipit  |  March 12, 2013 at 8:52 am

    ada yang tau kebun pepaya di daerah bandung dan sekitarnya??trimaksih

    Like

  • 134. Roekman Prawirasasra  |  March 16, 2013 at 4:53 pm

    Apabila ada kelebihan produksi kami berminat untuk menampung buah pepaya california pembayaran cash harga negotiable…

    Like

  • 135. ridon andri  |  May 13, 2013 at 8:49 pm

    saya Ridon andri, butuh pepaya california minimal 1 ton perhari, untuk jakarta ukuran 1 kg sampai 1.3 kg/ buah, bagi siapa yg bisa memenuhi permintaan saya silahkan hubungi 081219930874. terima kasih..

    Like

  • 136. Ahmad Romadhon  |  May 17, 2013 at 9:46 am

    mau cari bibit pepaya california daerah pekanbaru. ada nomer kontak yang bisa dihubungi tolong sms saya di 085375424188 an pak Ahmad Romadhon atau email saya di amnesia.insomnia@gmail.com
    saya tunggu ya om. :)

    Like

  • 137. @thuzar  |  May 17, 2013 at 6:41 pm

    siapa yang mau mesen pimakasih
    epaya calipornia bisa hubungi saya di nmr nii 081918383136 tr

    Like

  • 138. @raden mas sigit  |  May 28, 2013 at 3:12 pm

    Salam kenal…………………………….
    saya sigit winoto Jember Jawa Timur, berminat ingin budidaya pepaya california, mohon bimbingan dan penyuluhannya, kami siap untuk bermitra, txs. 085646850419/0331-3628881

    Like

  • 139. iis  |  July 10, 2013 at 8:50 pm

    saya iis
    kbetulan saya sudah mulai menanam bibit pepaya california
    tp saya bingung utuk pemasarannya
    ada saran ga mbak?
    makasih, ,,

    Like

  • 140. hery  |  July 20, 2013 at 8:56 pm

    bagi yang membutuhkan hasil panen pepaya california harap hubungi ke no hp 087771870499 dengan win,nama saya sendiri

    Like

  • 141. Ali Fathoni  |  July 29, 2013 at 10:13 pm

    besar mana ukuran buah pepayacalifornia dengan bangkok?

    Like

  • 142. indra  |  August 17, 2013 at 9:29 am

    Saya tinggal di binjai sumatera utara, mohon informasi dimana mendapatkan bibit pepaya california di sekitar saya. tks.

    Like

  • 143. fajar  |  August 23, 2013 at 2:15 pm

    Sy ingin menawarkan buah pepaya california dari daerah magelang

    Like

  • 144. syaifullah kaciribu  |  September 4, 2013 at 6:48 pm

    Saya d medan…ada gk bibit pepaya california d daerah saya,bagi info gan…

    Like

  • 145. wahyudin  |  November 18, 2013 at 9:51 am

    Rupanya budidaya pepaya calipornia sangat menjanjikan, Saya sangat tertarik!!

    Like

  • 146. wahyudin  |  November 18, 2013 at 9:53 am

    Untuk daerah Jawa Barat saya (Kab.Kuningan) saya harus menghubungi siapa ya? Ada yang bisa bantu? Thank

    Like

  • 147. B. Varian Y. W.  |  November 24, 2013 at 1:49 pm

    Informasi Situs web Anda menarik, makasih infonya Gan. kunjungi juga http://varian.student.ipb.ac.id/

    Like

  • 148. ragil  |  February 6, 2014 at 4:56 pm

    untuk pemasaran pepaya california hub saya di no hp.082133649995(ragil)

    Like

  • 149. jajang suharja  |  April 1, 2014 at 1:20 pm

    Ўªήğ minat d suplai pepaya california wilayah 3 cirebon Hubungi 081322763673(bp Jajang)

    Like

  • 150. Anggara Permana  |  May 9, 2014 at 3:55 pm

    Pak saya tertarik untk budidaya pepaya calica tpi d daerah saya ktinggian nya lbh dri 1000m dpl …
    Kra” bsa gak ya d tanam pepaya calica. Soalnya klo pepaya yg lain tmbh baik d tmpat sya. Trimaksh

    Like

  • 151. harry  |  August 25, 2014 at 10:01 am

    Untuk pemesanan pepaya california, kami bisa kirim pepaya 1,5 ton sekali kirim, posisi Bandung. kontak via sms ke harry 081802202347. harga nego.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts

Visit TheAngel’s New Home

theangel.info

Today Insipration

If you train hard, you'll not only be hard, you'll be hard to beat ~ Herschel Walker ~

Blog Stats

  • 349,071 hits

RSS News :


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 5,373 other followers

%d bloggers like this: