Budidaya Pohon Jabon, Punya Nilai Ekonomis

December 2, 2009 at 2:14 am 49 comments

* Alternatif Pengganti Sengon

POHON Jabon, relatif belum dikenal petani yang berkecimpung dalam budidaya tanaman  keras  di daerah Kendal. Padahal, pohon bernama latin antochepalus chineasis memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

Batang kayu pohon Jabon antara lain bisa dimanfaatkan untuk bahan baku kayu lapis, vinir, wood parking, papan tripleks, furniture. Bahkan, konon kayu yang dihasilkan tersebut kualitasnya lebih bagus daripada pohon sengon.

Paling tidak, Jabon bisa menjadi alternatif bagi petani untuk mengganti tanaman sengon yang terserang penyakit karat tumor, seperti yang terjadi akhir-akhir ini di wilayah eks Kawedanan Selakaton, yakni Kecamatan Sukorejo, Plantungan, dan Patean.

Untuk mengenalkan pohon Jabon, Perhutani Unit I Jateng pada Minggu (23/11) bekerja sama dengan warga telah melaksanakan penanaman pertama pohon Jabon di Desa Wonodari, Plantungan. Rencananya, pohon berdaun lebar ini akan ditanam di lahan seluas 50 hektare yang tersebar di Desa Wonodadi, Kediten,  serta Pikatan. Lokasi penanaman adalah lahan milik warga, atau di luar kawasan Perhutani.

Menurut Cahyo Kawedar SHut, selaku petugas pembinaan hutan Perhutani, penanaman Jabon  merupakan program pembangunan hutan rakyat yang bermitra dengan instansinya.

Masyarakat   menaman pada  lahan milik mereka, sedangkan Perhutani membantu bibit dan biaya pemeliharaan. Tanaman Jabon dipilih karena cepat tumbuh (dalam waktu sekitar 5 tahun, bisa dipanen dengan diameter batang pohon di atas 30 cm dan memiliki tinggi hingga 15 meter).

Tanaman mempunyai batang silinder, dengan tingkat kelurusan yang relatif bagus dan tak perlu memangkas dahan, karena bersifat menggugurkan daunnya sendiri. Tanaman memiliki kayu berwarna putih kekuningan, tekstur halus, dan mudah dikupas. ’’Kualitas pohon cenderung lebih bagus, daripada pohon sengon. Dalam kurun lima tahun, petani diperkirakan mampu meraup keuntungan ratusan juta, dengan menaman Jabon di lahan seluas satu hektare. Kalau dalam setiap hektarenya menghasilkan kayu 350 m3, keuntungan yang didapat mencapai Rp 300 juta,’’ kata Cahyo, kemarin.

Pihaknya optimistis, tanaman Jabon memiliki prospek bagus ke depan. Terlebih kebutuhan kayu di Indonesia saat ini sekitar 18 juta m3 per tahun, sementara produksi kayu yang tersedia setiap tahunnya berkisar  9  juta m3.

Kondisi di lapangan, sebagian masyarakat di wilayah Kecamatan Plantungan dan sekitarnya, yang selama ini menanam sengon, seolah menjadi khawatir meneruskan budidaya tanaman tersebut. Hal ini setelah, tanaman sengon banyak yang terserang tumor karat.

Pohon usia muda dan dewasa yang terserang  penyakit  ’’daging tumbuh’’ di dahan sengon itu, hampir dipastikan akan kering dan mati. Sedangkan, sejauh ini belum ada obat tanaman untuk penyakit itu.

Ketua kelompok tani Jabon di Sukorejo, Ardha menambahkan pihaknya telah bekerja sama dengan Perhutani sehingga mendapat fasilitas bantuan bibit, bimbingan dalam perawatan serta pemasaran kayu.

Melalui  kerja sama itu, kelompok tani yang dipimpinnya akan mendapat sertifikasi, sehingga produk kayu bisa diterima di pasar luar negeri.

’’Jabon mudah tumbuh di lahan dengan ketinggian maksimal 1.300 meter di atas permukaan laut, serta tidak memerlukan perlakukan khusus, tahan terhadap penyakit karat tumor. Kami siap menerima konsultasi secara langsung dengan datang ke kelompok tani di Dusun Sempu, Desa Tamping Winarno, Sukorejo, atau melalui ponsel di 081.3285 19551,’’ ujar Ardha. (Setyo Sri Mardiko-16)

[by suaramerdeka.com]

About these ads

Entry filed under: Business Opportunity. Tags: , .

Sumur Resapan, Banjir, dan Ternak Lele… Wow, Ada Buah Durian Instan, Mau?

49 Comments Add your own

  • 1. edy handoko  |  December 2, 2009 at 7:46 am

    saya tertarik menanam jabon, gimana cara mendapat bibitnya.

    Like

  • 2. Heri  |  December 5, 2009 at 10:35 am

    kalau disemai dari benih, pada usia berapa yang aman bibit mulai ditanam di lahan ? Lalu setelah ditanam dilahan perlu air/ penyiraman tidak ?
    Seandainya hanya ditanam kemudian tidak diberi penyiraman, pada usia berapa atau ketinggian berapa yang aman bisa ditanam dari semaian bibit ? Salam.

    Like

  • 3. uyung  |  December 16, 2009 at 8:43 pm

    saya ada rencana mau tanam pohon jabon didaerah sukabumi apakan cocok daerahnya ? bagaimana cara penanamannya dan perwatannya?

    Like

  • 4. rio  |  December 18, 2009 at 2:45 am

    dalam bulan ini saya mau menanam pohon jabon di indramayu apakah cocok daerahnya trus bagaimana saya mendapatkan bibit yang terdekat yah???

    Like

  • 5. alan  |  December 26, 2009 at 10:33 pm

    sebelumnya saya ucapkan terima kasi bagi rekan-rekan yang telah memiliki niat yang tulus untuk menghijaukan kembali indonesia kita, mari kita selamatkan lingkungan kita.
    SEKILAS TENTANG JABON : jabon merupakan tanaman yang cepat tumbuh, masa penen 4-6 tahun. jabon dapat tumbuh di lahan-lahan yang kritis hingga lahan yang memiliki pH 3 tapi sebaiknya di tanam pada lahan-lahan yang subur. untuk bapak rio saya kira tidak ada masalah untuk daerah indramayu n jika ingin menanam sebaiknya bulan Desember-Januari karena masa musim penghujan. sama halnya dengan daerah suka bumi juga bisa ditanam jabon. cara penanama dapat menggunakan jaraj tanam 3 x 3 meter dan pemeliharaannya yang intensif hanya hingga umur 6 bulan. bagi rekan-rekan yang berminat untuk menanam jabon, saya dapat membantu penyediaan benih dan bibit jabon. bibit berukuran 30-100 cm. hubungi saya di 081384510057. terima kasih.

    Like

  • 6. sutajaya  |  January 3, 2010 at 4:35 am

    berapa harga perbatang bibit jabon, gratis saja pak kan kita peduli reboisasi, haha pengene gratisan bae. saya asli orang indramayu bugel patrol punya saudara di kalimantan timur ada lahan 30an hektar cocok tidak untuk ditanam disana

    Like

  • 7. IRZAL,sp  |  January 5, 2010 at 11:26 am

    ASLM.SAYA INGIN BERTANYA BAGAIMANA DENGAN KABUPATEN ACEH UTARA AN LHOKSEUMAWE APA COCOK DITANAM JABON?

    Like

  • 8. Bapak Tani  |  January 10, 2010 at 8:20 pm

    Mari kenali berbagai macam tanaman yang prospeknya sangat bagus, mari berbagi informasi dan Jika anda ingin lebih mudah melihat hasil – hasil/proses penanaman JABON dan tanaman lainnya, buka :

    http://www.sumbertani.com

    atau di facebook : Bapak Tani

    Like

  • 9. apank  |  January 10, 2010 at 11:10 pm

    saya sudah membibitkan jabon dan sudah menanam pohon lebih dari 10 hektar dan akan terus mengembangkannya . bagi yang ingin menanam jabon di seputaran jabotabek saya menyediakan benih maupun bibitnya. harga benih rp 1.500.000/kg. harga biibt ukuran 30 cm sd 100 cm harga Rp 2.000 / batang (tergantung jumlah). telp 08161358186

    Like

  • 10. Mochammad romdhon  |  January 20, 2010 at 3:38 pm

    CV SAHAM JABON INDONESIA PEKANBARU, menyediakan bibit siap tanam di Pekanaru dan Majenang Kab Cilacap, juga memberi konsultasi gratis budidaya tanaman jabon serta membuka investasi tanaman jabon dengan pola bagi hasil, dengan investasi Rp.20 Juta per ha sampai siap panen, dengan potensi penghasilan Rp.150 Juta dalam waktu 6 (enam) tahun. atau (50% x Rp.300 Juta) atau ROI : 1.000 % Silahkan hubungi : M.Busro Hp.081326820036 (Pemalang) 2.Narko Hp.085223075505 (Majenang/Tasikmalaya) 3. Taslim Hp. 081375350988 (Pekanbaru & Medan) 4. Bagus Roedy Hp.081371947799 (Pekanbaru & Temanggung) 5. Sonny Hp.08567111010 (Pekalongan, Pemalang & Tegal)

    Like

  • 11. Akmal  |  February 3, 2010 at 1:15 am

    Saya sangat tertarik dgn budi daya kayu jabon.. Tpi ada permasalahan yg msh membingungkan saya
    1. Bisa tdk kayu jabon ditanam di sela2 tanaman lain(tumpang sari)., misal d kbun kakao, & pengaruhnya k kakao bagaimana
    2. Bibit bisa d dapat dmana., maksud na benihnya & tlg jelasin cara pembibitan na. sya tgl d lampung selatan.
    3.

    Like

  • 12. prio handoyo  |  February 5, 2010 at 2:13 pm

    Bapak Apank,
    Kalau alamat di Jabotabek nya dimana ya .. mau beli eceran langsung dilokasi bisa ? untuk coba dulu.
    Terima kasih,

    Like

  • 13. kristovo  |  March 9, 2010 at 11:32 am

    apa ada yg dpt menjelaskan bhwa jabon bakalan tdk diserang hama babi hutan ? ditunggu jawaban nya….

    Like

  • 14. amril  |  March 9, 2010 at 7:51 pm

    sy sgt tertarik dgn investasi yg sy baca ttg prospek pohon jabon sy py lahan 11 ha di daerah subang pegaden cocok tidak utk budidaya jabon,bingung mohon dbantu utk sgl informasi,sy jg tertarik bila ada yg mo bkerja sama pada lahan y sy punya tsb

    Like

  • 15. ROMITA  |  March 14, 2010 at 6:16 am

    Buat Amril di Subang, silahkan hubungi Mochammad Romdhon hp 081315308499 atau email : mochammadromdhon@yahoo.com

    Like

  • 16. Miel  |  March 15, 2010 at 8:17 pm

    Bagi yang membutuhkan bibit Jabon buat wilayah Ciamis,Tasikmalaya,Garut silahkan datang ke Lokasi kami:Sindangkasih Ciamis atau telp Cp : Miel 085223588629

    Like

  • 17. A. suhenda  |  April 19, 2010 at 12:57 pm

    saya punya 7000 pohon jabon di perkebunan saya PRIBADI Siap tebang, diameter 20 s/d 30.
    bagi yang membutuhkan kayu jabon hubungi :
    08572128806

    Like

  • 18. edy  |  April 22, 2010 at 10:43 pm

    saya minat…gmn cara beli benihnya and jika udah sukses gimana pasarkannya pak ??

    Like

  • 19. acak sablenk  |  May 12, 2010 at 1:13 pm

    mau nanya utk perpohon jabon apabl panen…harganya brapa?

    Like

  • 20. GHRSU  |  May 14, 2010 at 4:43 am

    HUTAN RAKYATKAN JABON DI SUMUT

    Bagi temen temen disumut cari buah benih jabon sangat mudah di dapatkan, bisa di dapatkan dari Pohon-pohon besar jabon yang sangat banyak tumbuh di Daerah “Sawit Seberang-Langkat” (Di Daerah Ini Jabon di Sebut Pohon GEMPOL) sepanjang sungai terutama di bawah pinggiran jembatan bekas rel kereta api. tentu nama daerah ini tidak asing bagi anda.

    Lokasi Sawit seberang adalah antara Kota stabat pertengahan perjalanan menuju Kota Tanjungpura.

    tinggal datang ambil buah jabon secara gratis, apalagi dengan pertumbuhan bibit jabon yang relatip sangat singkat, dan dukungan banyaknya pakar/ahli penyemaian benih dan pembibitan jabon di sumut. tinggal menghubungi mereka untuk di pandu cara meng ekstraksi buah dan menyemaikan benih jabon ,mereka pasti dengan senang hati membantu.

    Anda cukup mengambil 1 Kg Buah Jabon,lalu ekstraksi (mengeluarkan benih kecil dari buah) sudah cukup untuk keperluan 100 hektar kebutuhan bibit untuk di tanam, sambil menunggu persiapan lahan anda menyemai benih bibit sendiri.tentunya ini sangat meringankan beban biaya anda daripada membeli bibit yang relatip mahal. (JIKA MENYEMAI SENDIRI PALING MAHAL MENGHABISKAN BIAYA PER BIBIT JABON HINGGA MENCAPAI 20 CM HANYA RP.99 / BATANG) dengan cara ini anda dapat mengontrol manajemen penanaman anda sesuai waktu dan keadaan anda.contohnya: anda membibitkan bibit jabon di lokasi lahan tanam anda.tentunya akan sangat hemat biaya & tidak repot.

    Saat ini cara menyemai benih jabon sudah bukan rahasia lagi, sudah banyak artikel di internet mengulas tehnik tehnik penyemaian benih Jabon.

    Mari bersama-sama menanam, kita majukan hutan rakyat sumut.

    Like

  • 21. brian  |  May 17, 2010 at 2:30 pm

    Mas Amril……,Pagadennya dimanakah?
    Aku mau liat dong…! coz kepeleset aja nyampe ke lokasi krn deket t4ku

    Like

  • 22. dony  |  June 16, 2010 at 9:43 am

    @ghrsu,,itu bukan jabon mas,tapi gempol,,jangan salah,,mau hemat malah ngorot

    Like

  • 23. LPLH JAWA TENGAH  |  June 23, 2010 at 7:26 pm

    Bagi siapa saja yang menaman pohon jabon diusahakan ada naungannya dulu. Ini bukan teori namun sudah dipratekkan kami LPLH jawa tengah. Yang kena panas matahari langsung pertumbuhannya lama dibanding yang naunganya akan cepat tumbuh besar. Sehabis jabon umur 2 tahun di bawahya nanti ditanami kopi. bisa three in one. Satu penghijauan 2 investasi. Ok. Trimakasih

    Like

  • 24. gathotsutedjo  |  June 29, 2010 at 8:53 am

    mohon informasi bibit jabon di daerah bogor

    Like

  • 25. toke  |  July 14, 2010 at 10:18 pm

    Kalau di daerah Garut dimana yang ada jual bibit jabon?

    Like

  • 26. toke  |  July 14, 2010 at 10:20 pm

    Untuk lahan 2 ha perlu berapa batang bibit jabon?

    Like

  • 27. dani fitria  |  July 21, 2010 at 4:05 pm

    untuk daerah garut saya menjual dan siap antar bibit jabon sampai rumah anda,,,, kalo anda tidak punya modal saya siap menanam pohon jabon di lahan anda,,,,, dengan sistem bagi hasil yang menguntungkan,,,,, hubungi nurdan di no. Hp. 081222894031

    Like

  • 28. comeng bali  |  July 22, 2010 at 2:29 am

    saya tertarik menanam jabon,yang saya tanyakan bagaimana pemasarannya nanti apakah mudah,kemana ?apa ada cash flownya sehingga invest pasti terkendali,tolong balas ke email saya

    Like

  • 29. kent chesplenk  |  July 26, 2010 at 9:53 pm

    Asskum….kang Amril klo punya lahan 11 h di pagaden tanami tebu aja…nnti hasilnya jual ke PG2 Subang

    Like

  • 30. gusmara  |  July 27, 2010 at 7:59 am

    bp miel posisi sindangkasihnya dimn? apa ada bibit benih jabon kemasan 5ogram. kl boleh tau brapa harganya …posisi tinggal sy d gunung cupu

    Like

  • 31. Gede Aryantha  |  August 16, 2010 at 2:53 pm

    Saya butuh alamat penjual benih jabon disekitaran Depok.Bogor ?

    Like

  • 32. Budi Romeo  |  September 23, 2010 at 4:59 pm

    Tlg hub Saya, bagi yg memiliki bibit Pohon Jabon dgn ukuran 20-30cm yg di ada daerah Purworejo. Bpk Budi 081215568783.

    Like

  • 33. nico  |  September 27, 2010 at 11:19 am

    mohon informasi lengkap dan kontak person bibit pohon jabon di daerah surakarta/DIY
    tlg info yg saya minta di kirim ke alamat email saya,
    terima kasih..

    Like

  • 34. asep  |  October 13, 2010 at 7:46 pm

    yang jual bibit jabon di cirebon dimana ya !!!!?????
    mohon infonya ke emailku ya, mksh…….

    Like

  • 35. Heri  |  October 15, 2010 at 4:59 pm

    Saya tertarik menanam pohon jabon, bagaimana masalah perawatannya….apa sama dgn sengon..? saya rencana menanam ditempat agak miring apa bisa..?

    Like

  • 36. indotamaya  |  October 17, 2010 at 10:55 am

    semoga nti bisa sukses

    Like

  • 37. alpamirsah  |  October 20, 2010 at 8:41 pm

    Saya berada diwilayah Payakumbuh dan ingin menanam batang jabon dimana saya bisa mendapatka benih jabon

    Like

  • 38. Handi Fd  |  December 1, 2010 at 12:04 am

    Sya sudah Tanam 100 benih Pohon Jabon di Daerah Pangandaran., Spesifikasi Pekerjaan Membuat Lubang 40cm(Lebar)x40cm(Dalam) di diamkan 15 hri Lalu diBeri Pupuk Kandang secukupnya dan didiamkan selama 3 Bulan Lalu diTanam.,yang Sya Tanyakan Apakah Pohon Jabon Cocok Pada Tanah yang Dalamnya Mengandung Batuan Kapur…?
    dengan pH 2 ? Mohon Jwbnya Thanks.

    Like

  • 39. agung  |  December 25, 2010 at 3:25 pm

    saya didaerah bali tepatnya di kabupaten badung, bagaimana pemasarannya? berapa permeter kubik harga jabon skr?

    Like

  • 40. Sardjana godjali  |  December 26, 2010 at 6:45 pm

    sy jual bibit jabon Dan paulownia dalam polybag, di jasinga bogor , jumlah tdk terbatas. Hub: Johnny godjali 0818845815

    Like

  • 41. dedek  |  December 27, 2010 at 4:55 pm

    mau tanya,, gmn klo udah panen pohon jabon, kmana mau jual ny??

    dan brpa harga per M3 ???

    Like

  • 42. sanusi  |  December 28, 2010 at 5:50 pm

    berapa harga bibit jabon dan kemana kontak personnya. tanks

    Like

  • 43. sari  |  January 20, 2011 at 8:04 am

    Mohon info, apakah bisa kebun jabon di tumpang sari dengan kencur? Apakah ada dampaknya? Terima kasih.

    Like

  • 44. rona  |  February 3, 2011 at 2:13 pm

    cukup menjanjikan juga nih tanam pohon jabon

    Like

  • 45. Adi Chandra  |  April 26, 2011 at 9:28 pm

    Siapa yang punya info tentang: JABON YANG DITANAM DI HUTAN TANAMAN RAKYAT…? Trimakasih.

    Like

  • 46. nurdin  |  December 29, 2011 at 10:05 am

    Bagi yang sudah paham tentang prospek budidaya jabon, dan mempunyai keinginan untuk berinvestasi dengan aman dan murah, kami dari Paguyuban Jabon Mandiri Kuningan ingin menawarkan lahan lokasi di Cirebon, harga Rp4000/m2, saat ini investor yg telah gabung dengan kami 50 orang dengan luas lahan 150 ha.
    Peminat serius dapat menghubungi 082128852884

    Like

  • 47. Sutrisno Adv  |  February 22, 2012 at 4:52 pm

    sumatra kayaknya sangat cocok ditanami pohon Jabon

    Like

  • 48. eka  |  March 4, 2012 at 5:36 pm

    saya berminat menanam bibit kayu jabon,lahan saya di bali. jadi dimana saya bisa membeli bibitnya……..?

    Like

  • 49. hary  |  October 7, 2012 at 10:18 am

    jual bibit jabon putih-merah
    harga+ukuran
    jabon putih-
    sosisan-rp 100;/btg
    30-40cm-rp 500;/btg
    50-60cm-rp 750;/btg
    jabon merah-
    sosisan-500;/btg
    30-40cm-rp 1000;/btg
    50-60cm-rp 1500;/btg
    hub hary-ud_wijaya agro
    081285983571

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts

Visit TheAngel’s New Home

theangel.info

Today Insipration

If you train hard, you'll not only be hard, you'll be hard to beat ~ Herschel Walker ~

Blog Stats

  • 348,793 hits

RSS News :


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 5,373 other followers

%d bloggers like this: