Memetik Laba dari Usaha Jamur Tiram

October 7, 2008 at 8:12 am 40 comments

Jamur tiram, rasanya enak dan teksturnya lembut seperti daging ayam. Konon, jamur tiram atau Pleurotus ostreatus sangat baik bagi tubuh karena rendah kolesterol dan bisa membantu terapi penyembuhan penyakit, seperti asma atau kanker. Wajar, budidaya jamur tiram berkembang pesat. Permintaan pun semakin tinggi.

Siang itu udara di ruangan bertembok bilik kayu terasa lembab. Tampak dua rak kayu yang saling berhadapan memenuhi ruangan 30 meter persegi itu. Terlihat ratusan polibag yang posisinya rebah dan saling berselang saling seperti zig zag.

Di bagian atas polibag tampak tudung kecil seperti cangkang tiram berwarna putih. Inilah tanaman jamur tiram, atau dalam bahasa latinnya Pleurotus ostreatus.

Pembudidaya jamur tiram itu adalah Asepta Suryawardana. Petani pemilik usaha Indojamur itu mengatakan, budidaya jamur tiram sangat menguntungkan. Pasalnya, jamur tiram adalah jamur pangan yang memiliki banyak manfaat. Jamur tiram bisa membantu terapi penyembuhan penyakit seperti asma hingga kanker. “Jamur tiram yang teskturnya seperti ayam, juga favorit vegetarian atau orang yang tidak mau memakan daging,’ kata lelaki berusia 37 tahun itu.Gratis Tutorial 1,5 tahun

Permintaan jamur tiram juga cukup tinggi. Dia sendiri biasanya menjual 5 kilogram sampai 6 kilogram,jamur tiram per hari. “Bahkan, permintaan pernah mencapai 17 kilogram per hari,” ujar petani jamur di Malang, Jawa Timur itu.

Biasanya, dia memasok jamur tiram itu ke pedagang di pasar-pasar di sekitar Malang. Soal harga, dia menjualnya antara Rp 7.000 sampai Rp 5.000 per kilogram. Dia mengambil marjin berkisar antara Rp 4.000 hingga Rp 5.000 per kilogram. “Sedangkan harga jual di tingkat konsumen, antara Rp 10.000 sampai Rp 11.000 per kilogram,” katanya.

Untung, tinggunya permintaan masih bisa diimbangi pasokan. Selain dari petani, jamur tiram juga ada yang berasal dari budidaya menengah dan besar. “Tapi, semua punya pasar sendiri-sendiri. Jadi kami saling mengisi,” katanya.

Kini, budidaya jamur tiram semakin ngetren. Pasalnya, permintaan jamur tiram masih tinggi. “Bahkan, sebagian pengumpul sudah ada yang mengekspor,” katanya. Asepta sendiri mampu memanen 17 kilogram jamur tiram dari 6.000 polibag per hari.

Tapi, budidaya jamur tiram ini tidak selamanya mulus, karena ada beberapa kendala. Misalnya, cuaca panas yang bisa mengganggu kelembaban ruangan dan media tanam. Maklum, jamur tiram hanya bisa tumbuh dengan kelembaban udara berkisar antara 60 persen hingga 70 persen.

Sedangkan Agung Hidayanto, pemilik usaha Payung Manfaat di Blitar, Jawa Timur mengaku bisa memanen 30-50 kilogram jamur dram per hari. Selain jamur, dia juga menjual bibit jamur dan media tanam. “Kami sering menerima pesanan dari petani jamur,” katanya. Biasanya, dia menjual 10.000 log dengan harga Rp 2.500 per polibag. (Meifita Dian Handayani, Sam Cahyadi)

[ taken from : http://www.kompas.com ]

kumpul komunitas income 5 - 15 juta/bln tidak sulit

Entry filed under: Business Opportunity. Tags: , , , .

Demam pada Anak – anak Alamat FO di Kota Bandung

40 Comments Add your own

  • 1. suharyanto  |  March 25, 2009 at 8:14 am

    Salam kenal,

    Saya sangat tertarik dengan budidaya jamur tiram putih dan saat ini saya sedang memulai belajar budidaya dengan membuat rumah jamur uk. 4×6 m di daerah ciamis-jabar.
    Kiat-kiat apa agar budidaya perdana saya dapat berhasil dan unsur apa saja yang menyebabkan kegagalan budidaya jamur tiram ?
    Terima kasih atas kerjasamanya.

    Suharyanto

    Like

  • 2. Dani  |  April 2, 2009 at 9:44 am

    Penyebab terbesar biasanya hama, biasanya kalau musim hujan media jamur banyak ulatnya, itu disebabkan mungkin tempat terlalu lembab dan kuran steril. Jadi ukuran jamur jadi kecil dan bentuknya pun jadi jelek sehingga harga jual menurun.

    Like

  • 3. eko priyanto  |  May 5, 2009 at 2:54 pm

    saya ingin membudidayakan jamur tiram Putih. sy tinggal di pekanbaru bisa kasih info nggak dipekanbaru yang jual baglog.

    Like

  • 4. kmelina  |  May 6, 2009 at 4:12 am

    Mas Eko, banyak kog yg jual baglog yg bisa dikirim ke seluruh Indonesia…

    Sukses ya,…🙂

    Like

  • 5. Agoes  |  May 27, 2009 at 2:36 pm

    salam kenal…
    saya baru mencoba budidaya jamur tiram di jogja dan minggu ini mungkin sudah mulai bisa panen, cuman saya bingung untuk jualnya karena di pasar tradisional sudah banyak petani yg masuk jadi susah buat di serap, ada yang punya info untuk bantu saya tidak ya???

    Like

  • 6. nasib rahardjo  |  June 2, 2009 at 6:32 pm

    kalo menanam 10.000 baglog memerlukan kubung berapa m2. tks

    Like

  • 7. Indonesia Menulis  |  June 16, 2009 at 2:45 pm

    Saya juga sedang mengembangkan usaha budi daya jamur tiram di bangko jambi

    Like

  • 8. hendarsyah  |  July 13, 2009 at 8:26 am

    apabila ada yang membutuhkan jamurnya atau bablognya bisa hubungi saya 08179211411. saya dari lembang bandung jawa barat

    Like

  • 9. Mbah Bowo  |  August 1, 2009 at 3:11 pm

    alamatnya mana boss?

    Like

  • 10. Jo  |  August 1, 2009 at 6:35 pm

    Salam utk senior2 budi daya jamur. saya saat ini sedang belajar budidaya jamur tiram. apabila pd baglok mendapat serangan hama ulat, hal apa yg perlu kita lakukan utk mengatasinya dan apakah diperkenankan menggunakan pestisida ? atau ada solusi lain selain menggunakan pestisida ?

    Like

  • 11. kmelina  |  August 22, 2009 at 11:06 am

    Hi Jo,

    Apabila di baglog terdapat hama ulat, sebaiknya jangan menggunakan pestisida atau insektisida, sebab bisa membahayakan pertumbuhan jamur bahkan bisa menyebabkan kematian jamur, karena sebagian besar jenis insektisida ini juga bersifat fungisida yang bisa membahayakan pertumbuhan kuncup-kuncup jamur.
    Jadi solusinya, dengan membuang penyebab penyakit sedikit demi sedikit.

    Tetapi apabila yang terserang ini sudah hampir semuanya, maka terpaksa diberi obat pembasmi, memang menguntungkan, karena bisa membatasi penyebaran hama. Namun sisa insektisida ini akan tertinggal didalam jamur yang bisa membahayakan apabila dikonsumsi, jadi untuk menghilangkannya perlu qta cuci sebelum dijual ke konsumen, tetapi proses pencucian ini menyebabkan jamur segar akan cepat membusuk.

    Nahhh… langkah yang paling bijak yaitu “mencegah”, dengan cara pemeliharaan jamur dilaksanakan dengan baik, teratur dan teliti, maka pertumbuhan sarang-sarang serangga ataupun binatang lain akan dapat dihindari atau dihambat.

    Sukses ya,🙂

    Like

  • 12. leo  |  August 29, 2009 at 4:35 pm

    senior jamur…
    bagai mana saya mendapatkan bibit jamur dan kemana yang harus saya hubungi?
    bagi mana pemeliharaan jamur yang baik?

    Like

  • 13. Ir. Supriadi  |  September 2, 2009 at 3:11 pm

    Saat ini kami juga sedang membudidayakan jamur tiram di Medan. Prodduksi sekitar 50 kg. Untuk rekan- rekan yang ada di Medan sekitar kalau membutuhkan jamur tiram silahkan huungi kami di Priadiram@yahoo.co.id.

    Like

  • 14. Riki  |  September 12, 2009 at 10:32 am

    Alow para juragan jamur yg baik hati mau berbagi kiat dan solusi..
    Saya baru akan memulai untuk membudidayakan jamur tiram ini di bekasi. Yg ingin saya tanyakan, untuk melakukan trial awal budidaya jamur apakah ada sarana yang tepat dan ideal untuk dipakai sebelum saya membuat sebuah kumbung?
    Trus apakah ada mitra usaha yg bisa saya jadikan induk sementara usaha jamur saya nanti selama awal2 budidaya jamur?Khususnya di bekasi..
    email : yulizalmi_riki@yahoo.com
    HP : 08561702349

    Like

  • 15. Ahmad fuad  |  September 21, 2009 at 10:54 pm

    Salam sukses buat para Boss Jamur, numpang nanya nih, Ada gak pelatihan Budu daya jamur di sekitar Jambi kususnya Kab. Merangin, klo ada dimana? atau bisa jadi yang jual baglog untuk dikirim ke Jambi/Merangin siapa? Trus harga per Log nya sampai di tempat berapa. atas infonya trims banget. bisa di balas di E mail ku Fuadphoto@yahoo.co.id atau sms di no : 08192466028 An Ahmad Fuad.

    Like

  • 16. dhamar  |  October 12, 2009 at 7:23 pm

    ass. wr. wb.

    maaf,saya ini baru saja mendatangkan bibit jamur
    trus saya binggung bagai mana meraeat nya
    yang ke 2. saya berdomisili di ponorogo
    saya bingung bagai mana memasarkan nya
    mungkin bapak punya relasi di Ponorgo yang menerima/membeli jamur.

    Terima kasih

    Like

  • 17. Rosalina  |  October 20, 2009 at 10:09 am

    Aku seorg janda mati,dn pny 2 org ank,aku ingn cb membudì daya jamur tiram. Mhn bimbingan ny

    Like

  • 18. roby  |  November 20, 2009 at 6:52 am

    saya roby di kediri,jamur tiram bisa tumbuh didaerah panas ya mbk? saya mau tanya,apakah bisa bibit jamur tiram dibuat sendiri?maksudnya bisa tumbuh dimedia yang sengaja kita buat agar tumbuh bibit jamur tersebut.mhon bimbingannya,trimaksih.

    Like

  • 19. ipunk  |  December 21, 2009 at 4:19 pm

    ipunk dari ngawi ,mau tya nich soal bwat kelembabpan tmpat budi daya jmur gmn cra na??????

    Like

  • 20. yuanite  |  January 9, 2010 at 10:39 am

    Bagi yang ingin knsultasi tentang bag log jamur tiram,benih,alat,dll, dan pemasaran serta kiat kiat sukses perawatan budidaya jamur tiram bisa hubungi saya 0351 8013002.Domisili wilayah MAGETAN JAWA TIMUR..An.Yuanite…juga melayani pesanan bag log partai besar wilayah Indonesia.Melayani pelatihan Pembuatan Jamur Tiram.DIJAMIN SUKSES.

    Like

  • 21. ferri  |  January 29, 2010 at 10:45 pm

    Mba yuanite untuk pelatihan, gimana daftarnya, brp biayanya? say dari cianjur. 087820164432. TQ

    Like

  • 22. S.Khoirudin  |  February 9, 2010 at 3:10 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Alhamdulillah walaupun di kota kami kota Pekanbaru yang bersuhu panas, jamur tiram yang kami produksi dapat tumbuh dengan normal berat antara 100 gr s/d 150 gr bahkan 200 gr sekali panen dan dalam satu periode 1 baglog bisa mencapai 300 gr s/d 400 gr. Kami menjual:
    – Jamur Tiram segar
    – Media siap panen (baglog)
    – Bibit Jamur Tiram F0, F1, F2
    – Kerjasama/investasi
    Hubungi Kami di 0819 9325 6754

    Terimakasih
    Waalaikumsalam

    Like

  • 23. arif  |  April 5, 2010 at 3:25 pm

    Mataram,…mataram… siapa neh bsa bantu info dimana dapat bibit jamur tiram, mau coba budi daya. thnks infonya. email di arieflbtv77@yahoo.com

    Like

  • 24. Mochtar Gayo  |  July 1, 2010 at 9:59 am

    PELUANG EMAS PHK, Pensiun, pengangguran bukanlah akhir dari segalanya!!! temukan jalan keluar yang baik pada Training Managemen Budidaya Jamur sekaligus berwisata Agro Jamur langsung di kebun jamur Mandiri Lestari Mushroom Farm, Ciawi -Bogor, sebuah aplikasi teknologi budidaya jamur tiram secara baik dan benar melalui penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) berdasarkan kaidah Good Agriculture Practice (GAP), dengan kapasitas 200ribu baglog, 7 kumbung (rumah jamur), waktu setiap minggu Jam : 09.00 16.00 WIB, biaya ringan, prospek usaha cerah, gratis konsultasi dan bimbingan lanjutan, pendaftaran :Mochtar 0813 8197 7962, email :pinter_jamur@yahoo.co.id

    Like

  • 25. Zudi eko p  |  July 21, 2010 at 1:13 pm

    Tlg di bantu,siapa yg membutuhkan jamur tiram,tlg hub 081230306865,trima ksh,krj sama nya

    Like

  • 26. wardi  |  September 26, 2010 at 9:53 am

    saya ingin membudidayakan jamur tiram ada yang bisa kasih tahu pembelian bagblog nya dimana kalau ada mohon infonya ya saya di batam…… dan kalau dari jawa membeli bagblog nya sampai ke batam berapa per bagblognya? mohon infonya di balas ke email saya

    Like

  • 27. kmelina  |  September 26, 2010 at 11:34 am

    Bagi yang ingin bertani jamur atau hanya ingin berkonsultasi tentang budidaya jamur bersama dengan Pak Mintarya silahkan hubungi 0813 2124 8296 atau 0819 1223 4996.
    Beliau dengan senang hati akan memberikan bimbingan dan konsultasi bagi mereka yang mau menjadi petani plasma. Bagi para petani dari luar daerah yang hendak menimba ilmu terkait budi daya jamur di lokasi pertaniannya, Beliau telah menyediakan fasilitas penginapan.

    Semoga membantu,…🙂

    Like

  • 28. komari  |  November 9, 2010 at 11:52 pm

    halo,,

    temen2 di kendal,kalo ada kegiatan penyuluhan budidaya jamur kaish info ya..saya juga pengen membudidayakan jamur.
    telp:085743668252,,

    tks,,

    Like

  • 29. jamur tiram  |  November 18, 2010 at 4:03 pm

    iya bener, kalau anda tertarik tetapi ragu karena banyak kendala. INVEST SAJA…. minimal 1.5 juta tanpa kerja hanya invest di jamur tiram. saya siap membantu anda.

    download penawaran saya di sini:
    http://www.ziddu.com/download/12590395/InvestasiJamurTiram.pdf.html

    Like

  • 30. ida  |  January 2, 2011 at 5:13 pm

    buat penyuplai baglog jamur tiram di mataram, ntb ada yang tau gak? tolong email k nurul_dan@yahoo.com ato sms 08175794306

    Like

  • 31. Rudy  |  January 13, 2011 at 10:37 am

    Saya baru ingin memulai usaha budidaya Jamur TiramDidaerah Jawa Barat. Saya ingin membeli baglog. Tolong informasinya.tks

    Like

  • 32. joni  |  March 15, 2011 at 11:01 pm

    mhon maaf. saya membutuhkan bibit f3/f2. siap sj yang menyediakan mohon informasinya>no hp087793257605.mohon informasinya

    Like

  • 33. joni  |  March 15, 2011 at 11:03 pm

    nb ;
    email joniphonsen@live.com

    Like

  • 34. Nursiwan  |  March 19, 2011 at 12:48 pm

    Masa inkubasi yang bener berapa bulan sih…

    Like

  • 35. rahmat  |  April 26, 2011 at 9:09 am

    klo kita mau me,budidayakan.bagaimana cara nya .apakah ada perlakuan khusus.dan bibit nya bisa kita dapat kan di mana

    Like

  • 36. bobby  |  October 17, 2011 at 2:53 am

    saya menyediakan baglog jamur tiram siap panen, kondisi 100% putih.
    jika berminat silakan datang ke tempat saya, sekaligus melihat kumbung budidaya jamur tiram putih.

    alamat : Lorong permadi desa saentis percut no. 8 medan sebelum supermarket jodoh centre (rumah bapak dasrifin)

    HP : 0812 6350 554

    trims

    Like

  • 37. Maruhur Sinaga  |  October 27, 2011 at 7:25 pm

    bisa kita memesan jamur tiram yang siap panen ????????

    Like

  • 38. wisnu  |  January 5, 2013 at 1:14 pm

    Saya wisnu dr Pekalongan mau tanya bagaimana cara pertama budidaya jamur tiram, hub. 085876242549 trmksh..

    Like

  • 39. Jamur bali  |  January 16, 2016 at 8:15 am

    Kalok ada yang panen min 50kg/hr dan bisa kirim sampai bali dgn slmat.. kami siap nampung..hub 08996696340.

    Like

  • 40. Jamur bali  |  January 16, 2016 at 8:33 am

    Yang punya panenan jamur lebih min pengiriman 50kg mengupayakan aampai bali… kami siap tampung. 08996696340

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


.

Belajar Membuat Video Kartun Yuk…

FIND YOUR STYLE HERE !!

Dapatkan Tubuh Baru Dalam 20 HARI !!!

Tingkatkan Proforma Pasutri Dengan Cara Aman

Categories

Blog Stats

  • 425,933 hits

Quote Of The Day

The Right Ones

Maksimalkan Gaya Kerenmu


%d bloggers like this: