Budidaya Pepaya California Menjanjikan Keuntungan!

Ini merupakan hamparan kebun pepaya California. Varietas pepaya baru yang kini digandrungi para petani karena menjanjikan keuntungan. Pepaya California memiliki keunggulan tersendiri. Buahnya lebih manis, tahan lama, dan bisa dipanen lebih cepat dibandingkan pepaya varietas lain.

Salah satu tempat penanaman pepaya California terletak di Caringin Bogor, Jawa Barat. Suhandi adalah salah seorang petani yang berkebun pepaya California disini. Untuk mencapai lokasi kebun pepaya California dari Jakarta dapat melalui jalan tol Jagorawi. Keluar di Ciawi lalu mengambil arah ke selatan menuju Sukabumi. Sesampai di kawasan Talang dua berbelok menuju Tari Kolot, tepatnya di kawasan Cimande.

Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter diatas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam antara 1500 hingga 1700 pohon papaya.

Yang penting diperhatikan dalam menanam pepaya California adalah pemupukan. Setelah pohon pepaya besar, pemupukan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Pohon pepaya California lebih pendek dari pohon pepaya kabanyakan. Paling tinggi mencapai dua meter.

Pohon pepaya California sudah bisa dipanen setelah berumur 7 hingga 9 bulan. Pohonnya dapat berbuah hingga umur empat tahun. Dalam satu bulan bisa dipanen sampai empat kali. Sekali panen, setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 20 hingga 50 buah.

Untuk satu hektar lahan pepaya California milik Suhandi ini dapat menghasilkan sekitar satu setengah ton buah pepaya California. Pepaya California ini seluruhnya dipasarkan ke supermarket di Jakarta. Pepaya California banyak diminati karena ukurannya tidak terlalu besar, kulitnya lebih halus dan mengkilat.

Di tingkat petani, harga buah pepaya california berkisar antara dua ribu hingga dua ribu tiga ratus rupiah per kilogramnya. Sedangkan di supermarket, harga perkilogramnya bisa mencapai lima ribu hingga tujuh ribu rupiah.(Helmi Azahari/Sup)

[ taken from indosiar.com ]

About these ads

148 thoughts on “Budidaya Pepaya California Menjanjikan Keuntungan!

  1. saya tertarik untuk budidaya pepaya ini, mohon informasinya di mana saya bisa mendapatkan bibitnya. terimakasih.

  2. Bapak, coba hubungi alamat berikut ini : :-)

    Known You Seed, Jl. K. H. Halim No. 349, Majalengka; Asta Agro Group, Kampung Rancasari RT 01/04 No. 2, Desa Pasirgaok, Bogor.

  3. Kalo tingkat kesulitan itu relatif ya,… biasanya kalo udah terjun langsung akan mengetahui cara penanggulangan dan perawatannya, tapi pastinya harus mempunyai panduannya salah satunya dari buku,… sukses ya,…

  4. Mas tejo Yth. silahkan anda kontak saya, mengenai harga nanti kita bisa bicarakan. kalu boleh tau mas tejo ada dimana..? silahkan kotak no HP atau e-mail saya langsung.
    Terima Kasih.

  5. terima kasih atas info pepaya californianya..
    saya saat ini sedang mencari buah pepaya, saya ada minimarket di jakarta, kalo boleh saya tau, saya dapat menghubungi siapa ya jika saya ingin meminta supply buah pepaya dalam jumlah yang banyak..saya berlokasi di jakarta..

    terima kasih..

  6. saya ingin coba tanam bibit pepaya california, kalau di jakarta ada yang jual gak ya bibitnya dan bisa beli satuan gak ya. trima kasih informasinya

  7. jika anda membutuhkan bibit pepaya maupun buah.hub 085694889920 dengan bpk theodorus.lahan budidaya kami seluas 15 hektar. lokasi 45 km dari kota bogor.kp anyarsari desa cikopomayak kec jasinga bogor.

  8. kepada Bpk theodorus :
    mau tanya apakah bibit yang diperjualbelikan itu ada jenis bibit pepaya california asli (bukan hasil dari pembibitan) ?

  9. kami juga punya lahan kebun pepaya california di plabuan ratu silahkan hubungi DIDI KASMARA Jln tipar no 15 plabuan ratu telp.(0266)7079268.(0266)433020.

  10. JIKA ANDA MEMBUTUHKAN BENIH PEPAYA CALIFORNIA, HAWAII, BANGKOK DAN PEPAYA PENGHASIL PAPAIN, SILAHKAN HUBUNGI SAYA DI benihbuah1978@yahoo.com ATAU DI 0817-782122 ATAU 0813-82705371.

    TERIMA KASIH

  11. Saya menanam pepeya California & Thailand ada 800 Pohon dalam tiga bulan ke depan saya akan panen.
    Jika anda minat membelinya silahkan anda hub emai ini

  12. wah, informasinya sangat membantu. saya dari sukabumi, kebetulan saya mempunyai lahan berupa bukit tapi agak miring, mungkin harus dibuat terasering kalo nanam pepaya ini. oh ya, katanya pepaya california harus mendapat penyinaran yang full ya? sementara lahan saya sepertinya sebaliknya, gmn ya? saya juga dapat informasi katanya kalo ditanam di lahan bekas sawah akan sangat bagus, apakah hal itu betul? terus bagaimana dengan hama penyakitnya apakah sangat mempengaruhi? terimakasih dan mohon petunjuk

  13. apakah ada petani yg tertarik u/ bekerjasama dlm budidaya pepaya california, sy tertarik! trims

  14. Saya tinggal di Lmapung Barat dengan ketinggian 850 – 900 dpl saat ini saya sudah menanam pepaya tetapi tidak tahu varirtas apa ciri-ciri daging buah kuning berat per buah max 3 kg, rasa tidak terlalu manis. saya berminat untuk mengembangkan terus tetapi pada prakteknya budidaya pepaya cukup sulit masalahnya terkena busuk pangkal batang dan untuk beberapa tanaman daunnya berkarat sehingga pertumbuhan pucuk batang terhenti. untuk itu adakah diantara kawan-kawan yang bisa bantu informasi cara budidaya pepaya tersebut. alamt email saya bintangfajar_lpg@yahoo.co.id

  15. saya tertarik sekali dengan varietas california, di mana saya bisa membelinya di sekitar area Mojokerto dan Surabaya.?

  16. maf ini firdaus dari sukabumi, saya sangat tertarik dengan pembudidayaan pepaya kalifornia, apa lagi saya memiliki lahan yang lumayan cocok. saya ingin tau bagaimana cara untuk mem-budidayakan pepaya kalifornia? mohon untuk jawabannya? trimakasih. . .

  17. saya ingin mendapatkan bibit, berapa harga dan dimana mendapatkan bbit berkualitas,terimakasih.

  18. Saya tinggal di Cikarang, ingin membeli bibit pepaya california. tolong info katalog harga + spec bibitnya…terim kasih atas infonya

  19. Wilayah lampunmg selatan cocok buat pepaya california nggak?
    Saya tertarik, saya punya 2 ha lahan dengan kontur berbukit.

  20. kalau untuk wil sragen/ solo dimana cara mdptkan bibitnya?
    kalau tanah bekas sawah (sdh dikeringkan sejak 1988) apakah
    bisa sitanami pepaya california?
    mohon info jg cara budidayanya, mis : cara pemupukan, kebutuhan
    airnya (sehari berapa kali disiram), dll.

  21. Hi,
    salam kenal saya tertarik dengan budidaya pepaya california, tp bagaimana dengan cara pemasara yang paling efektif? karena setau saya hanya ada dua pola pemasaran yaitu: 1. petani > pengusaha mitra > supermarket&toko buah > kosumen dan 2. Petani > pengusaha mitra > Agen/Supplier > Konsumen. Mana yang lebih menguntungkan bagi petani menurut mba dan apakah ada cara yang ebih efektif ? Terima kasih sebelumnya. email boleh mba.

  22. Salam agro..
    Kami petani pepaya california dari sukabumi, jika anda tertarik dgn budidaya pepaya california kami siap bekerjasama.tk

  23. Salam Agro..
    Kami petani/supplier pepaya california dari sukabumi,
    jika anda berminat budidaya pepaya california kami siap bekerja sama & bermitra.Tk

  24. saya posisi di serang banten ingin menjalin kemitraan dg pengusaha pepaya california, mohon informasinya.

  25. Jika memang demikian hasil yang di dapat dari budidaya buah pepaya california tersebut, maka tolong informasikan kepada saya dimana saya bisa membeli bibit pepaya tersebut dan berapa harganya ?. Tolong kirim juga informasi tentang buah pepaya california selengkapnya termasuk penyakit dan penanggulangannya. Terima kasih.

  26. Konsumsi terus buah pepaya, buah murah meriah mudah didapat dimana saja dan kapan saja, disukai dari balita hingga manula. Tidak saja baik untuk kesehatan tapi baik juga untuk kecantikan.

    Salam kenal dari petani pepaya
    AMIR HAMZAH

  27. Salam pak Amir saya tertarik dengan budidaya pepaya califonia rencana saya lokasi di daerah lereng gunung sumbing magelang apakah daerah ini cocok dengan tanaman pepaya california .mohon informasinya, terimakasih

  28. saya tertarik sekali dengan tanam pepaya, kami punya lahan 1 hektar didaerah pegunungan,,,mohon info bibit, perawatan dan utamanya untuk pasca panennya. alamat kami di bondowoso jawa timur. no telp 08124981742

  29. Kami petani Pepaya California mempunyai 3000 pohon dalam 2 bulan ke depan sudah mulai panen. lokasi kami berada di Cilegon-Banten. jika anda berminat Hub: 081911200149

  30. jika anda berminat tanam pepaya california dan hawaii dan membutuhkan benihnya. silahkan kontak saya di 0817-782122 atau 0813-82705371.
    Abdul Aziz

  31. adakah yang mempunyai pepaya california matang pohon siap panen?? saya membutuhkannya segera utk penelitian. Bagi yang mempunyai, harap menghubungi saya by mail di helenariesty@yahoo.com

    makasi bgd buat bantuannya :)

  32. wao,,tertarik ne untuk pengemangan nya di daerah bintan bisa gak yach,,carana gimana yachhh

  33. saya mempunyai tanah kurang lebih 4 hektar dapatkah saya mengelolah atau menanam pepaya california di tanah sebasar itu. tapi saya juga masih binggung untuk mencari bibit dan cara untuk menanam pepaya california dengan baik,agar hasil nya juga baik. terimakasih sebelum nya.
    (www.mandey@yahoo.com)

  34. bagi yg ingin membutuhkan bibit siap tanam maupun benih dalam sachet bisa menghubungi saya di nomor 081391769060.
    d/a: jl. Rancah no. 5 RT. 001/001 Soneyan sumber Margoyoso Pati 59154.

  35. apakah perbanyakan bibit harus dengan pemuliaan..atau dapat diperbanyak dari buah yang sudah matang…terima kasih

  36. hi…smuanya salam sjahtera untuk para petani pepaya indonesia…

    Bgi para petani pepaya y bingung mencegah/mengobati penyakit daun kriting n tungau putih anda bsa menghubungi saya…di 085781125582 dngan ari…
    N sya jg menerima pemesanan benih pepaya unggul berbgai jenis…sdah truji n asli california.
    Salam sukses.

  37. untk bp yukar…
    Dalam pembuatan benih pepaya…
    Agar mendapatkn hasil y baik…minimal umur tanaman pepaya yaitu 2tahun,n buah sudah masak benar…
    Setelah tu bru qt ambl bijiny,kmudian lepaskan selaput y melndungi biji…
    Kmudian cuci n jemur…
    Untuk lbih jlas anda bsa hubungn saya untuk konsultasi d085781125582…

  38. Salam kenal,

    Saya mendengar bahwa musuh utama pepaya california adalah antraknosa. Bagaimana cara antisipasi dan mengatasinya?

    Terima kasih,
    Hadi.

  39. Pak Hadi Yth.
    Antraknosa disebabkan oleh jamur Colletotricum gleosporoides. dengan ciri – ciri serangan pada buah muda terbentuk luka kecil ditandai dengan adanya getah yang keluar dan mengental. pada buah menjelang masak tampak berupa bulatan – bulatan kecil berwarna gelap, bila buah bertambah masak, bulatan tadi akan bertambah membesar dan busuk cekung kearah dalam buah. cara mengantisipasinya adalah :
    1. Sanitasi kebun dijaga dengan baik, salah satunya adalah pembersihan gulma secara teratur, dan pengaturan jarak tanam sehingga sinar matahari dapat sampai menyentuh tanah.
    2. Jika sudah terjadi serangan gunakan fungisida berbahan aktif mankozeb dengan dosis 0,2 %.
    3. Tidak menggunakan cabai dan tanaman terung terungan sebagai tanaman sela atau tumpangsari karena tanaman tersebut merupakan tanaman inang kutu putih.

  40. petani pepaya sekitar kab.pati boleh dong aku kenal dg anda.add di facebook ya..trims .085326872193

  41. Saya menanam pepaya california di pinggir laut dan tanah pasir..masalahnya petik tdk sesui target dan bnyk skali virus dan kendalanya..tlng beri tau solusinya

  42. yg saya mau tanyakan masalah penjualan kalao bisa kontrak saya punya lahan 22 hektar di lampung,,,,bisa saya tanam

  43. Saya tinggal di sumatera Selatan, dimana saya bisa mendapatkan bibit pepaya california yang bagus,,,,,, soalnya kalau buat sendiri kurang begitu bagus hasilnya. trimakasih,,,,,sukses slalu,

  44. pak muhammad ikhsan.
    kontak saya di 081382705371 atau 0817-782122. saya menyediakan benih pepaya california dan hawaii.

    terima kasih

    Abdul Aziz

  45. assalamualaikum, salam kenal dr sy di sleman yogyakarta. maaf bpk/ibu sy setelah panen bulan depan ini barkeinginan utk menanam pepaya california. utk itu sy minta informasinya bagaimana pengelolaanya. atas perhatiannya diucapkan bayak terimakasih.

  46. saya mau tahu yang jual bibit pepaya california daerah surabaya ada nggak???pokoknya yang deket-deket juga nggak apa-apa

  47. saya minat tentang penanamn pepaya,apalagi setelah melayari ttg pepaya california semakin tertarik.tetapi masih kerja dimalaisia.stlh pulang ingin mencoba menanam pepya califoornia dlm sksla sedang…berapa hekar lahan dibutuhkn..?adakah yang sudi kasih saran&bimbingan..?tq..(saya dari purworejo jawa tengah)

  48. Lokasi saya di CILACAP, dan sampai sekarang kami masih menanam serta membuat Benih Pepaya California (hanya california) dalam polybag

    Harga satuan (1 polybag) Rp.2.000 (ukuran ideal tanam ≥ 20 cm)
    pemesanan satu truk -+ 10.000 bibit
    Onkos kirim disesuaikan dgn jarak dari CILACAP ke daerah Anda

    Hubungi Saya ( Bayu ) : 0812 2840 2828

  49. kang bisa di tanam pada tanah yang gmn??
    pH tanahnya brapa??
    penyakit n hama yang biasa nyerang pa z??
    pengendalian yang efektif gimana??

  50. bagi rekan-rekan yg ingin berbisnis pepaya california,kami menyediakan bibit pepaya california denmgan kualitas yg baik yg siap tanam. selain itu kami juga menyediakan dalam bentuk benih yg bisa diperoleh dlm skala kecil, serta kami menyediakan jasa pelatihan budidaya pepaya california. rekan-rekan dapat menghubungi kami di 081384510057 (nasution). trims.

  51. untuk daerah jakarta timur dan sekitarnya ,yang ingin jualan buah pepaya kalifornia. kami siap kirim min 500kg. harga 5000/kg ditempat.hub:02192544460/081282207812/085695449463

  52. Saya ada tanaman 2 hetar di sleman, untuk sementara pepaya udah pada diambilin para pembeli langsung

  53. halo salam knal smuanya…
    saya tertarik untuk mengembangkan pepaya ini, kbtulan kami ada lahan di bali lokasinya sekitar 300 mdpl, tanah persawahan tapi sering kering,,,,apa ada yg berminat untuk diajak mengembangkan lahan tsb krn kami belum paham betul bertani pepaya dan pemasarannya,,,untuk lebih jelas dpt sms ke 087870255618
    tks

  54. untuk daerah jakarta barat dan sekitarnya ,yang ingin jualan buah pepaya kalifornia dan bangkok . kami siap kirim. harga 4000/kg untuk pepaya california, dan 2500/kg untuk pepaya bangkok ditempat.hub:

    email: randry9@gmail.com

  55. mohon infonyalah..kita mo nanam pepaya neh…………tetapi masi pembibitan……..wadahnya belum di buat………….gimana cara pemindahan bibitnya………..dan penyediaan lahanya……….???

    mohon bantuanya dong ……………….

    tq

  56. gimna cranya pesen biji pepya untuk benih yang tailand kali fornia/ n dikirim atau n ngambil sndr, kalau ada minta prosedur pengirman dst..

  57. Mohon info, untuk daerah Jonggol/ Cariu apakah baik untuk budidaya ppy california/ hawaii? apakah tanamn yg baik untuk tumpang sari/ tanaman sela, misal singkong

  58. saya,,sdh 4 bln menanam pepaya california..300 pohn..prtmbuhan ny tdk rata..saya ingin tahu cara ..penanganan slanjutny..curah hujan sangat tinggi. apakah itu yang mengakibatkan akar busuk dan daun kriting.???

  59. Saya mempunyai tanah di daerah pesisir pantai, apa Pepaya Caslifornia ini bisa juga dibudidayakan didaerah pesisir seperti ini? Saya Posisi dikebumen jawa tengah. dimanakah bisa mendapatkan bibit pepaya california yang paling dekat?

  60. saya tertarik dengan bisnis pepaya, kebetulan saya baru mau memulai klo boleh saya minta analisis usaha agribisnis pepaya, klo bisa di kirim k email saya terima kasih pa

  61. kami dr cv.salsya buah menerima dan membeli pepaya california dalam 1mnggu 18t0n..
    Hbngi 081393346444

  62. saya baru molai menanam pepaya kalifornia!!! tapi saya masih bingung dengan pemasarannya apa ada yang bisa membantu???

  63. Kalau perkebuanan pepaya di daerah bali ada ngak ya…kalo ada mohon impormasi alamatnya, saya akan stusdi banding dulu sebelum membudidayakannya. kalau ada yang tau mohon email ke sulitrak@yahoo.com

  64. saya membutuhkan pepaya muda untuk produksi selai. kurang lebih 1,5 ton per minggu. apakah ada yang bisa bantu?

  65. BIBIT PEPAYA CALIFORNIA DALAM BENTUK BIJI. SILAHKAN KONTAK PIPIT PITRIANINGSIH di 085697071666,081287609669

    per 10 gram isi sekitar 450 – 500 butir,harga Rp.130.000,sudah termasuk ongkos kirim dan panduan cara budidaya.alamat kebun : kp.anyarsari rt 05/01,cikopomayak,jasinga,Bogor 16670 pembayaran via transfer BCA/BRI setelah paket diterima.berminat bisa telp atau sms…free konsultasi budidaya ( http://www.agrokatesmandiri.com )

  66. bagi yang membutuhkan pepaya california,kami siap melayani untuk 14 ton/mnggu,,,harga kirim untuk wilayah jakarta great A:4000 ,great B:3500,,,,
    hrga kirim untuk wilayah bandung great A:3750,great B:3000,,,,,,,NEGO,,,,,,,
    wilayah prwkrto,jogja,smrang,dan sekitarnya,,,,A:3500,,,B:2500,,,,,
    ambil ke lokasi,,hubungi bpk dirun ,,karanggadung,petanahan,kebumen,,,,,

  67. pak,saat ini saya ingin membudidayakan pepaya hawai.harga bibitnya brp ya,,,?mohon infonya pak,hub email saya

  68. Sy tanam ppya california baru brumur 4bln dan udah mulai berbuah,tp buahnya tdk seragam, ada yg bulat lonjong dan lancip dan ada juga yg normal, apakah yg bulat ini bisa menjadi besar dan bs d jual?

  69. saya sudah menanam pepaya california,,,tidak terlalu banyak tapi hampir 50% smuanya mati….hanya sebagian saja yang dapat tumbuh subur…kira2 apa penyebabnya ya memang pada saat itu sedang musim hujan

  70. Pepaya California tumbuh subur bila ditanam di lahan dengan ketinggian antara 300 hingga 500 meter diatas permukaan laut. Pohon pepaya ditanam dengan jarak dua setengah kali dua meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam antara 1500 hingga 1700 pohon papaya.

  71. saya raya, saya sedang tahap penelitian tentang papain, mohon info perkebunan pepaya disekitar jawa barat atau bandung yang bisa saya temui buahnya saat umur 2,5 atau 3 bulan untuk pengambilan getahnya. mohon infonya, terima kasih

  72. Saya mau tanam di Cikidang sukabumi, saya harus menghubungi anda kemana. Dan berapa harga bibit per packnya (isi berapa biji)

    Thanks
    Sutiyo
    Telp. (0266) 731663
    Hp.081384150899 (online)

  73. coba bpk hubungi no ini 085291643965 jika anda butuh bibit pepaya california pono (wonosobo)

  74. saya di daerah surabaya gresik mau mendapatkan bibit nya tuh bagaymana soalnya di sini saya mempunyai lahan yg cukup luas ingin menanami pepaya mohon konfirmasinya trims,

  75. ketut genep>saya dr bali gianyar. klo bpk bisa kasi info ketersediaan bibit nya di bali karena saya udah ada lahan siap tanam.

  76. ralat nomor hp bpk udin 081282298799 ini yg benar mohon maaf salah info,nah mungkin ada yg ingin info benih atau bibit pepaya bisa hubungi bapak udin di nomor ini

  77. klu untuk daerah pesisir dekat pantai bagus ga,,ditanami pepaya california,..dan untuk daerah indramayu ada ga yg jual bibitnya,…

  78. ASS WRB, MAU TANYA SAYA TINGGAL DI PEKALONGAN JATENG, (KEC. KAJEN) APAKAH DAERAH TSB COCOK UTK DITANAMI PEPAYA…..MOHON SARANNYA

  79. Asalamualaikum…
    saya muhamad Asad.
    ingin menanyakan informasi untuk daerah majalengka dan bogor alamat untuk pemesanan bibi d daerah mana?
    terimakasih

  80. bagi petani california saya butuh pepaya 1 ton perminggu dengan kualitas grade A saya tinggal di daerah parung hubungi 021 8557 1814 / 021 93291051 / 0857 74281820

  81. Saya perlu pepaya muda / pepaya sayur untuk export. Yang punya supply nya tolong contac ke 0852 1928 4375

  82. Slmt siang,, utk para petani pepaya california di daerah depok, bogor dan sekitarnya. Saya butuh pepaya sebanyak 2 ton perminggu utk 2 kali pengiriman. Hp saya 081905056701 / 081316530208

    Trm ksh
    Yudi

  83. Untuk para petani pepaya di daeah depok dan bogor silahkan hub saya di 081905056701/081316530208. Sy mau membeli rutin min 1 ton perminggu.
    Trm ksh. Yudi

  84. Apabila ada kelebihan produksi kami berminat untuk menampung buah pepaya california pembayaran cash harga negotiable…

  85. saya Ridon andri, butuh pepaya california minimal 1 ton perhari, untuk jakarta ukuran 1 kg sampai 1.3 kg/ buah, bagi siapa yg bisa memenuhi permintaan saya silahkan hubungi 081219930874. terima kasih..

  86. siapa yang mau mesen pimakasih
    epaya calipornia bisa hubungi saya di nmr nii 081918383136 tr

  87. Salam kenal…………………………….
    saya sigit winoto Jember Jawa Timur, berminat ingin budidaya pepaya california, mohon bimbingan dan penyuluhannya, kami siap untuk bermitra, txs. 085646850419/0331-3628881

  88. saya iis
    kbetulan saya sudah mulai menanam bibit pepaya california
    tp saya bingung utuk pemasarannya
    ada saran ga mbak?
    makasih, ,,

  89. bagi yang membutuhkan hasil panen pepaya california harap hubungi ke no hp 087771870499 dengan win,nama saya sendiri

  90. Saya tinggal di binjai sumatera utara, mohon informasi dimana mendapatkan bibit pepaya california di sekitar saya. tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s