Kedele Edamame Indonesia Menggiurkan!

edamame

Indonesia berhasil mengekspor kedele? Mungkin anda tidak percaya, mengingat hingga kini untuk memenuhi kebutuhan nasional saja kita harus mengimpor ratusan ribu ton. Tapi, kedele yang dimaksud di sini adalah kedele sayur (vegetable soybean) atau lebih dikenal sebagai kedele edamame yang rasanya gurih dan lezat.

Untuk sebagian orang di Indonesia, kedele edamame mungkin masih terdengar asing. Kedele sayuran ini baru bisa dijumpai di restoran Jepang atau restoran berkelas lainnya untuk disantap atau dimasak menjadi sup.

Peluang pasar kedele edamame sesunguhnya cukup besar, baik untuk ekspor maupun lokal. Bahkan, kedele jenis ini berpotensi mengurangi volume impor bahan baku pakan ternak maupun industri makanan di Tanah Air, asalkan panennya dilakukan lebih lama lagi.

Pasalnya, produktivitas kedele edamame dibandingkan dengan kedele yang dibudidayakan selama ini jauh lebih tinggi. Jika kedele biasa hanya mampu menghasilkan 1,1 ton-1,5 untuk setiap hektarenya, maka melalui budi daya edamame hasil yang bakal diperoleh melalui luasan yang sama bisa mencapai 3,5 ton.

Hanya saja, hingga saat ini benih tanaman masih harus diimpor dengan harga yang cukup tinggi. Setelah itu, petani maupun perusahaan dapat menangkar sendiri benih, meski benih tersebut menjadi generasi kedua dari benih yang asli.

Tentunya untuk memperoleh hasil maksimal diperlukan kerja ekstra, namun hasil yang diperoleh akan lebih besar lagi jika produksi kedele yang dihasilkan mempunyai pasar ekspor yang jelas.

Panen singkat

Untuk menghasilkan edamame dengan tujuan ekspor atau dipasarkan di pasar swalayan di dalam negeri atau supermarket lainnya, sejak penanaman hingga siap panen atau sampai tahap pod filling membutuhkan waktu relatif singkat yakni 57 hari.

Lewat dari masa tersebut, kedele muda tadi akan memasuki tahap kematangan yang pada akhirnya menjadi biji-biji kedele.

Selanjutnya, biji-biji kedele tadi dikeringkan hingga kadar airnya berkisar 15%-18%. Untuk dijadikan benih, biji-biji tersebut harus melalui proses penyimpanan yang diatur dengan suhu tertentu.

Selama ini, budi daya kedele yang dilakukan petani baru sampai tahap pengeringan, sehingga sulit memperoleh benih bermutu. Padahal, untuk menghasilkan benih berkualitas dibutuhkan proses yang cukup panjang.

Namun, untuk memanen edamame berbeda dengan panen kedele yang sudah matang, dimana pemanenan dilakukan saat biji saat masih terbungkus kulit dan dipetik langsung dari pohon. Sementara, untuk memperoleh kedele matang baru bisa dilakukan saat tanaman benar-benar sudah tua dan selanjutnya dilakukan pemotongan tanaman.

Setelah biji yang terbungkus kulit tersebut dipetik dari pohonnya, kedele sayur tersebut dibawa ke mesin pengolah untuk diproses dan disortir, kemudian didinginkan di bawah suhu minus 30 derajat Celsius untuk selanjutnya diekspor.

Ada dua bentuk edamame yang siap diekspor Jepang yakni yang masih terbungkus kulit dan berkualitas baik serta berbentuk biji karena kurang memenuhi standar seperti yang terbungkus kulit.

Saat ini, pengembangan edamame secara besar-besaran di Indonesia baru terdapat di Jawa Timur. Salah satu perusahaan yang mengembangkan budi daya kedele edamame melalui skala besar adalah PT Mitratani Dua Tujuh.

Pengembangan yang dilakukan perusahaan itu di Jember, Jatim melibatkan petani di sekitarnya. Sejumlah petani plasma perusahaan itu yang ditemui Bisnis beberapa waktu lalu menyatakan budi daya kedele edamame lebih menguntungkan dibandingkan dengan tanaman pangan lainnya seperti padi.

Selain masa panenya relatif lebih singkat, prospek kedele edamame di masa mendatang cukup menjanjikan serta memberikan keuntungan karena harganya lebih mahal.

Sebab harga yang dibeli perusahaan disesuaikan dengan harga pasar internasional, mengingat produksi kedele edamame yang dihasilkan Mitratani Dua Tujuh seluruhnya diekspor ke pasar Jepang dalam bentuk beku.

Masyarakat Jepang memang terkenal sebagai konsumen edamame beku atau diolah dalam bentuk lainnya.

Kebutuhan besar

Sebagai gambaran, selama 2001 saja kebutuhan Jepang akan edamame mencapai 70.000 ton. Dari kebutuhan sebanyak itu, sebagian dipasok dari Cina yang menguasai 50% pasar edamame Jepang , disusul Taiwan (35%) dan sisanya disuplai Thailand, Vietnam, dan Indonesia melalui Mitratani Dua Tujuh.

Kedele hasil rekayasa teknologi (dari sub tropis ke tropis) yang dikembangkan di Jember itu berpeluang merebut pasokan Taiwan, Thailand, dan Vietnam, karena selain mutunya lebih baik juga harganya murah.

Selama 2001, Taiwan menjual edamame di pasar Jepang dengan harga US$1,65 per kg, sedangkan Thailand maupun Vietnam US$1,62/kg. Padahal, Mitratani Dua Tujuh mampu menjual US$1,45 hingga US$1,55/kg. Itu pun sudah dalam kemasan dengan merek dagang importir.

Importir kedele edamame asal Jember a.l. Totota Tshushu Cp Ltd dan Life Food Corp juga meminta nama Mitratani Dua Tujuh juga tertulis dalam kemasan karena lebih disukai oleh konsumen (rasanya dinilai lebih enak).

Selanjutnya, importir menjual produk Indonesia itu dengan harga US$7,2 per kg di supermarket kota-kota besar di Jepang.

“Sebenarnya kami berpeluang merebut pasokan Taiwan, Thailand dan Vietnam karena produk PT Mitratani lebih murah dan lebih disukai oleh konsumen. Tapi kami hanya mampu memproduksi 2.000 ton tahun ini, karena masih terbatasnya pendanaan,” kata Erwin Susanto Sadirsan, presdir PT Mitratani Dua Tujuh.

Menurut Erwin, perusahaannya membutuhkan tambahan dana untuk pengembangan areal budi daya edamame melalui pola inti-plasma, peningkatan kapasitas produksi mesin pengolah, pengadaan benih, serta keperluan untuk kewajiban lainnya.

Dengan adanya tambahan dana, dia optimisitis Mitratani bisa merebut sekitar 10%-15% kebutuhan pasar Jepang atas komoditas tersebut.

Sementara, dampak dari budi daya dan industri (agroindustri) edamame di Jember itu sangat besar, karena menyerap ribuan tenaga kerja.

Selain dikembangkan oleh Mitratani Dua Tujuh, budi daya kedele edamame skala besar juga dilakukan oleh BUMN Kehutanan yakni PT Perhutani.

Hingga 2001 saja, sebagaimana dikemukakan Marsanto, dirut Perhutani, perusahaan itu telah mengeluarkan miliaran rupiah untuk keperluan tersebut.

Adapun areal budi daya kedele edamame yang dikembangkan Perhutani berada di empat wilayah yaitu Banyuwangi 900 hektare, Bondowoso 400 hektare, Jember 300 hektare, serta Blitar 300 hektare.

Marsanto mengakui jika produktivitas kedele edamame lebih tinggi dibandingkan dengan kedele yang selama ini ditanami petani. Sehingga, melalui budi daya edamame diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup petani dan pada akhirnya diharapkan mampu mengurangi tindak pencurian kayu dari hutan yang dikelola Perhutani.

Jadi kalau anda bingung untuk memutar uang, tidak ada salahnya mencoba mengembangkan tanaman jenis ini. Kalaupun belum mampu menembus pasar ekspor, pasar lokal tampaknya siap menampung edamame yang dihasilkan.

Sumber : Bisnis.com

About these ads

30 thoughts on “Kedele Edamame Indonesia Menggiurkan!

  1. salam…
    sebelumnya saya tidak tahu kedelai yg saya makan itu adalah edamame, karena bentuknya lebih besar dan rasanya lebih gurih.
    karena penasaran akhirnya tante saya mencari tahu kedele apa itu .kebetulan si om bekerja di perusahaan di surabaya dan mempunyai rekanannya yang memiliki lahan yang ditanami edaname .lalu rekanan ini menyarankan kalo punya lahan dikampung baiknya ditanami edamame.lalu si om menurut dan mengikuti saran yang diberikan rekanan tadi dan dikampung tepatnya dikuningan jawabarat ditanamlah kedelai edamame tersebut ada sekitar 1 ha . yang jadi masalah si om sampai sekarang sudah masuk 40 hari tanam belum menemukan perusahaan yang akan memasok edamame tersebut

  2. Ass.Wr.Wb. Saya tertarik untuk budidayakan kedelai edamame. Mohon informasi srarat hidupnya. Apakah bisa ditanam di lembang bandung ? dimana saya bisa mendapatkan bibitnya ?
    Trimakasih infonya
    Akhmad

  3. Saya ingin membantu memberikan informasi kepada Bpk Akhmad. mengenai Edamame (kedelai Jepang) Edamame merupakan kedelai yang tumbuh di iklim sub tropis. Akhir-akhir ini Edamame berkembang di Indonesia yang beriklim tropis terutama di daerah Jember dan Jawa Barat (bogor dan sekitarnya). Hal ini dikarenakan untuk mengkodisikan/adaptasi pertumbuhan Edamame. Oleh karena itu Apabila Edamame ingin dikembangkan di Lembang Bandung, saya rasa bisa. Edamame dapat tumbuh baik diketinggian sampai dengan 750 m dpl. Saya sendiri sudah mengembangkan Edamame di Serang Banten dan Balaraja Tanggerang. Saya juga mengembangkan benih Edamame di Jember bekerjasama dengan petani binaan saya, dan sudah menghasilkan benih 5 ton. Saat ini saya masih punya stock benih 2,5 ton untuk musaim hujan tahun ini. Jika Bpk. Akhmad kesulitan mendapatkan benih saya bisa membantu. Silahkan hubungi saya via Telp./SMS di 081336954040. Terima kasih.

  4. kepada bp arief sukirmawan HP 081336954040

    kiami tertarik pada kedelai edamame ini, apakah untuk daerah magelang dan sekitarnya bisa tumbuh dan menghasilkan? kalau kami ingin mencoba untuk sekitar 100 m2 dulu bapak bisa bantu? dalam arti saya dikirim bibit seberapa perlunya untuk seluas itu dan harus mengganti berapa untuk harga bibitnya dan ongkos kirim. serta kalau boleh kami diberikan tulisan sedikit sebagai tuntunan untuk penyiapan bertanam dan cara memeliharanya sampai panen. demikian terimaksih.
    KAMI ; suratno hp 08164262527 alamat: jl. a yani 412 magelang

  5. Saya tertarik bisnis Susu Edamame untuk area Indonesia Timur, Kalo ada yang bisa menjadi pemasok . silakan hubungi saya.
    telp. 08887179804 / 085258575828

  6. waktu puasa saya membeli buka puasa jus edamame (di jogja)… enak dan segar… sesampai dirumah saya baru kepikiran kalaulah ini prospek besar… bisa saya mendapatkan info lebih…
    terimakasih…

  7. Edamame menurut apa yang sudah baca banyak manfaatnya berarti prospeknya cukup bagus disamping itu masa tanamnya hanya 57 hari (2bln.) dan produksinya cukup tinggi . Saya tertarik untuk menanamnya bagaimana memperoleh bibitnya?

    Demikian terimakasih

    Slm,

    Aryana
    aryana.wayan@gmail.com

  8. kepada bp arief sukirmawan :
    kelihatannya edamame ini punya prospek yg menjanjikan…..
    kalau boleh tahu bagaimana cara pembudidayaan serta analisis usahataninya???? apakah ada perbedaan yg besar dengan kedelai lokal (budidaya & biaya usahanya)??

  9. kpd bpk arief sukirmawan.
    saya seorg penyuluh pertanian di sulawesi utara.saya sangat tertarik membudidayakan kedele edamame di wilayah kerja saya di sangihe.bisakah bpk arief membantu saya mendapatkan bibitnya sekaligus cara budidayanya?trimakasih pak.

  10. memang menggiurkan, baik itu rasa nya maupun prospek bisnisnya, tapi tanpa pabrik pembekuan (frozen) yang memadai janganlah memulai bisnis ini, jangan hanya melihat prospeknya, lihat pula resiko dari bisnis ini, dari kandungan proteinnya yang tinggi dapat dibayangkan bagaimana penanganan pasca panennya.

  11. sya kekurngn benh edamame. Say beli kjmber udh 3x beuli gagal trus. Sy sampai produksi benh sndiri. Say bth damami perminggu 6 ton. Hany produksi 2 tn. Say bth benih prbln 5 kwntl

  12. Di lahan saya di daerah jawa barat banyak tanaman jenis kedele biasa kami sebut kacang bulu, bentuk dan rasanya persis edamame, dan kemungkinan itu adl edamame. Kalau ada yg berminat beli silahkan email saya di faagirly@gmail.com.
    Demikian info, thanks.

  13. artikel yg sgt bermanfaat,jika ada yg butuh produk edamame,kami menyediakan produk edamame dlm bentuk kemasan ready to eat,yg berminat bs menghubungi 085865351175 atau 08562911447

  14. Saya salah satu agen resmi edamame di sidoarjo jawa timur. Ambil lagsung dari distributor tunggal dan ter besar di surabaya. Produk saya ini ready to eat ada 2 rasa original dan salted. Baru seminggu menjadi agen sudah kebanjiran pesanan hampir kewalahan saya menanganinya. Prospeknya sangat bagus karena banyak sekali manfaatnya. Sasaran kami adalah orang2 perkantoran yang memang membutuhkan camilan2 sehat dan bergizi mengurangi kolestrol dan sehat untuk jantung. Siapa yang berminat hubungi 081 213 666 556 atau 081 357 855 881.

  15. saya mau tanya. .
    apa sama prospek pemasaran d luar dan d dalam negri?
    dan standart untuk budidaya edamame juga d batasi kayak penyemprotan pestisida dan pemupukanx?

  16. Kami merupakan indsutri pengolahan sayuran dan buahan yang berkembang pesat. Saat ini kami membutuhkan benih edamame dalam jumlah banyak dan segera serta seorang agronomist yang berpengalaman di lahan sedikitnya 2 tahun, apabila bapak/ibu berminat menjadi supplier kami dalam penyediaan bibit, dapat menghubungi saya di tel 081558515970.

  17. Assllmkum WR. WB.
    sebelumnya saya tidak begitu tahu kacang yg saya makan dan petani-petani d kammpung saya tanam itu adalah edamame, karena bentuknya lebih besar.
    karena penasaran akhirnya saya mencari tahu kacang apa itu .kebetulan sodara saya petani di daerah Puncak, Bogor Jawa barat.dan memiliki lahan yang ditanami edaname .
    kemarin saya dengar sodara saya itu kecewa karna harga kacang itu menurun, saya ingin tau harga kacang edamami saat ini karena d daerah saya begitu banyak petani yang menanam lahannya dengan kacang edamami.

  18. Saya sedang mengembangkan benih Edamame yang bekerjasama dengan petani binaan di jember. Saat ini sudah menghasilkan 5 ton benih dan sebagian sudah dibeli oleh petani dan pengembang Edamame di daerah Bogor Jawa Barat dan sekitarnya, Semarang; Kudus dan Jawa Timur sendiri. Jika ada petani/pengembang yang ingin mencoba untuk budidaya Edamame silahkan hub. sayau via Telp./SMS di 081336954040; 085885333595 atau via
    Email ariefsukir@yahoo.co.id. Saya akan membantu informasi berkaitan dengan cara / budidaya Edamame. Tq

  19. Untuk Bapak Yunus dan rekan-rekan yang lainnya, yang ingin mengembangkan Edamame di daerahnya masing-masing, saya siap membantu dalam pengadaan benih edamame maupun cara/teknis budidayanya. silahkan saja hub. saya via Telp./SMS di 081336954040; 085885333595 atau via
    Email ariefsukir@yahoo.co.id.

  20. Buat P. Andi, saya bisa menyediakan benih edamame, kira-kira berapa kebutuhan benihnya Info lebih lanjut silahkan kontan saya (Arief Sukirmawan) di 081336954040.

  21. dimana beli bibit kedelai edamame,? kemana menjualnya ? ABDUL ROUB, S.Ag (Paguyuban Petani Organik Jepara )da. Kalipucangwetan Welahan Jepara Jawa Tengah HP. 085225812164

  22. Kepada pak Abdul Roub S. Ag. Saya bisa membantu jika ada petani/pengembang yang ingin mencoba untuk budidaya Edamame silahkan hub. sayau via Telp./SMS di 081336954040; 085885333595 atau via
    Email ariefsukir@yahoo.co.id. Saya akan membantu informasi berkaitan dengan cara / budidaya Edamame. Tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s