Kedele Edamame Indonesia Menggiurkan!

May 15, 2009 at 12:58 am 39 comments

Gratis Tutorial 1,5 tahun

edamame

edamame

Indonesia berhasil mengekspor kedele? Mungkin anda tidak percaya, mengingat hingga kini untuk memenuhi kebutuhan nasional saja kita harus mengimpor ratusan ribu ton. Tapi, kedele yang dimaksud di sini adalah kedele sayur (vegetable soybean) atau lebih dikenal sebagai kedele edamame yang rasanya gurih dan lezat.

Untuk sebagian orang di Indonesia, kedele edamame mungkin masih terdengar asing. Kedele sayuran ini baru bisa dijumpai di restoran Jepang atau restoran berkelas lainnya untuk disantap atau dimasak menjadi sup.

Peluang pasar kedele edamame sesunguhnya cukup besar, baik untuk ekspor maupun lokal. Bahkan, kedele jenis ini berpotensi mengurangi volume impor bahan baku pakan ternak maupun industri makanan di Tanah Air, asalkan panennya dilakukan lebih lama lagi.

Pasalnya, produktivitas kedele edamame dibandingkan dengan kedele yang dibudidayakan selama ini jauh lebih tinggi. Jika kedele biasa hanya mampu menghasilkan 1,1 ton-1,5 untuk setiap hektarenya, maka melalui budi daya edamame hasil yang bakal diperoleh melalui luasan yang sama bisa mencapai 3,5 ton.

Hanya saja, hingga saat ini benih tanaman masih harus diimpor dengan harga yang cukup tinggi. Setelah itu, petani maupun perusahaan dapat menangkar sendiri benih, meski benih tersebut menjadi generasi kedua dari benih yang asli.

Tentunya untuk memperoleh hasil maksimal diperlukan kerja ekstra, namun hasil yang diperoleh akan lebih besar lagi jika produksi kedele yang dihasilkan mempunyai pasar ekspor yang jelas.

Panen singkat

Untuk menghasilkan edamame dengan tujuan ekspor atau dipasarkan di pasar swalayan di dalam negeri atau supermarket lainnya, sejak penanaman hingga siap panen atau sampai tahap pod filling membutuhkan waktu relatif singkat yakni 57 hari.

Lewat dari masa tersebut, kedele muda tadi akan memasuki tahap kematangan yang pada akhirnya menjadi biji-biji kedele.

Selanjutnya, biji-biji kedele tadi dikeringkan hingga kadar airnya berkisar 15%-18%. Untuk dijadikan benih, biji-biji tersebut harus melalui proses penyimpanan yang diatur dengan suhu tertentu.

Selama ini, budi daya kedele yang dilakukan petani baru sampai tahap pengeringan, sehingga sulit memperoleh benih bermutu. Padahal, untuk menghasilkan benih berkualitas dibutuhkan proses yang cukup panjang.

Namun, untuk memanen edamame berbeda dengan panen kedele yang sudah matang, dimana pemanenan dilakukan saat biji saat masih terbungkus kulit dan dipetik langsung dari pohon. Sementara, untuk memperoleh kedele matang baru bisa dilakukan saat tanaman benar-benar sudah tua dan selanjutnya dilakukan pemotongan tanaman.

Setelah biji yang terbungkus kulit tersebut dipetik dari pohonnya, kedele sayur tersebut dibawa ke mesin pengolah untuk diproses dan disortir, kemudian didinginkan di bawah suhu minus 30 derajat Celsius untuk selanjutnya diekspor.

Ada dua bentuk edamame yang siap diekspor Jepang yakni yang masih terbungkus kulit dan berkualitas baik serta berbentuk biji karena kurang memenuhi standar seperti yang terbungkus kulit.

Saat ini, pengembangan edamame secara besar-besaran di Indonesia baru terdapat di Jawa Timur. Salah satu perusahaan yang mengembangkan budi daya kedele edamame melalui skala besar adalah PT Mitratani Dua Tujuh.

Pengembangan yang dilakukan perusahaan itu di Jember, Jatim melibatkan petani di sekitarnya. Sejumlah petani plasma perusahaan itu yang ditemui Bisnis beberapa waktu lalu menyatakan budi daya kedele edamame lebih menguntungkan dibandingkan dengan tanaman pangan lainnya seperti padi.

Selain masa panenya relatif lebih singkat, prospek kedele edamame di masa mendatang cukup menjanjikan serta memberikan keuntungan karena harganya lebih mahal.

Sebab harga yang dibeli perusahaan disesuaikan dengan harga pasar internasional, mengingat produksi kedele edamame yang dihasilkan Mitratani Dua Tujuh seluruhnya diekspor ke pasar Jepang dalam bentuk beku.

Masyarakat Jepang memang terkenal sebagai konsumen edamame beku atau diolah dalam bentuk lainnya.

Kebutuhan besar

Sebagai gambaran, selama 2001 saja kebutuhan Jepang akan edamame mencapai 70.000 ton. Dari kebutuhan sebanyak itu, sebagian dipasok dari Cina yang menguasai 50% pasar edamame Jepang , disusul Taiwan (35%) dan sisanya disuplai Thailand, Vietnam, dan Indonesia melalui Mitratani Dua Tujuh.

Kedele hasil rekayasa teknologi (dari sub tropis ke tropis) yang dikembangkan di Jember itu berpeluang merebut pasokan Taiwan, Thailand, dan Vietnam, karena selain mutunya lebih baik juga harganya murah.

Selama 2001, Taiwan menjual edamame di pasar Jepang dengan harga US$1,65 per kg, sedangkan Thailand maupun Vietnam US$1,62/kg. Padahal, Mitratani Dua Tujuh mampu menjual US$1,45 hingga US$1,55/kg. Itu pun sudah dalam kemasan dengan merek dagang importir.

Importir kedele edamame asal Jember a.l. Totota Tshushu Cp Ltd dan Life Food Corp juga meminta nama Mitratani Dua Tujuh juga tertulis dalam kemasan karena lebih disukai oleh konsumen (rasanya dinilai lebih enak).

Selanjutnya, importir menjual produk Indonesia itu dengan harga US$7,2 per kg di supermarket kota-kota besar di Jepang.

“Sebenarnya kami berpeluang merebut pasokan Taiwan, Thailand dan Vietnam karena produk PT Mitratani lebih murah dan lebih disukai oleh konsumen. Tapi kami hanya mampu memproduksi 2.000 ton tahun ini, karena masih terbatasnya pendanaan,” kata Erwin Susanto Sadirsan, presdir PT Mitratani Dua Tujuh.

Menurut Erwin, perusahaannya membutuhkan tambahan dana untuk pengembangan areal budi daya edamame melalui pola inti-plasma, peningkatan kapasitas produksi mesin pengolah, pengadaan benih, serta keperluan untuk kewajiban lainnya.

Dengan adanya tambahan dana, dia optimisitis Mitratani bisa merebut sekitar 10%-15% kebutuhan pasar Jepang atas komoditas tersebut.

Sementara, dampak dari budi daya dan industri (agroindustri) edamame di Jember itu sangat besar, karena menyerap ribuan tenaga kerja.

Selain dikembangkan oleh Mitratani Dua Tujuh, budi daya kedele edamame skala besar juga dilakukan oleh BUMN Kehutanan yakni PT Perhutani.

Hingga 2001 saja, sebagaimana dikemukakan Marsanto, dirut Perhutani, perusahaan itu telah mengeluarkan miliaran rupiah untuk keperluan tersebut.

Adapun areal budi daya kedele edamame yang dikembangkan Perhutani berada di empat wilayah yaitu Banyuwangi 900 hektare, Bondowoso 400 hektare, Jember 300 hektare, serta Blitar 300 hektare.

Marsanto mengakui jika produktivitas kedele edamame lebih tinggi dibandingkan dengan kedele yang selama ini ditanami petani. Sehingga, melalui budi daya edamame diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup petani dan pada akhirnya diharapkan mampu mengurangi tindak pencurian kayu dari hutan yang dikelola Perhutani.

Jadi kalau anda bingung untuk memutar uang, tidak ada salahnya mencoba mengembangkan tanaman jenis ini. Kalaupun belum mampu menembus pasar ekspor, pasar lokal tampaknya siap menampung edamame yang dihasilkan.

Sumber : Bisnis.com

memiliki bisnis internet sendiri dari rumah

Entry filed under: Business Opportunity. Tags: , , , , .

Hati-hati Mengonsumsi Antibiotik Ingin Rambut Sehat? Konsumsi Makanan Ini!

39 Comments Add your own

  • 1. samsuri  |  June 10, 2009 at 9:03 pm

    salam…
    sebelumnya saya tidak tahu kedelai yg saya makan itu adalah edamame, karena bentuknya lebih besar dan rasanya lebih gurih.
    karena penasaran akhirnya tante saya mencari tahu kedele apa itu .kebetulan si om bekerja di perusahaan di surabaya dan mempunyai rekanannya yang memiliki lahan yang ditanami edaname .lalu rekanan ini menyarankan kalo punya lahan dikampung baiknya ditanami edamame.lalu si om menurut dan mengikuti saran yang diberikan rekanan tadi dan dikampung tepatnya dikuningan jawabarat ditanamlah kedelai edamame tersebut ada sekitar 1 ha . yang jadi masalah si om sampai sekarang sudah masuk 40 hari tanam belum menemukan perusahaan yang akan memasok edamame tersebut

    Like

  • 2. akhmad. S  |  October 10, 2009 at 10:19 am

    Ass.Wr.Wb. Saya tertarik untuk budidayakan kedelai edamame. Mohon informasi srarat hidupnya. Apakah bisa ditanam di lembang bandung ? dimana saya bisa mendapatkan bibitnya ?
    Trimakasih infonya
    Akhmad

    Like

  • 3. arief sukirmawan  |  October 27, 2009 at 1:47 pm

    Saya ingin membantu memberikan informasi kepada Bpk Akhmad. mengenai Edamame (kedelai Jepang) Edamame merupakan kedelai yang tumbuh di iklim sub tropis. Akhir-akhir ini Edamame berkembang di Indonesia yang beriklim tropis terutama di daerah Jember dan Jawa Barat (bogor dan sekitarnya). Hal ini dikarenakan untuk mengkodisikan/adaptasi pertumbuhan Edamame. Oleh karena itu Apabila Edamame ingin dikembangkan di Lembang Bandung, saya rasa bisa. Edamame dapat tumbuh baik diketinggian sampai dengan 750 m dpl. Saya sendiri sudah mengembangkan Edamame di Serang Banten dan Balaraja Tanggerang. Saya juga mengembangkan benih Edamame di Jember bekerjasama dengan petani binaan saya, dan sudah menghasilkan benih 5 ton. Saat ini saya masih punya stock benih 2,5 ton untuk musaim hujan tahun ini. Jika Bpk. Akhmad kesulitan mendapatkan benih saya bisa membantu. Silahkan hubungi saya via Telp./SMS di 081336954040. Terima kasih.

    Like

  • 4. Suratno  |  April 19, 2010 at 5:32 pm

    kepada bp arief sukirmawan HP 081336954040

    kiami tertarik pada kedelai edamame ini, apakah untuk daerah magelang dan sekitarnya bisa tumbuh dan menghasilkan? kalau kami ingin mencoba untuk sekitar 100 m2 dulu bapak bisa bantu? dalam arti saya dikirim bibit seberapa perlunya untuk seluas itu dan harus mengganti berapa untuk harga bibitnya dan ongkos kirim. serta kalau boleh kami diberikan tulisan sedikit sebagai tuntunan untuk penyiapan bertanam dan cara memeliharanya sampai panen. demikian terimaksih.
    KAMI ; suratno hp 08164262527 alamat: jl. a yani 412 magelang

    Liked by 1 person

  • 5. Rahma Istiawan  |  August 17, 2010 at 12:06 pm

    Saya tertarik bisnis Susu Edamame untuk area Indonesia Timur, Kalo ada yang bisa menjadi pemasok . silakan hubungi saya.
    telp. 08887179804 / 085258575828

    Like

  • 6. faiz  |  September 13, 2010 at 3:26 pm

    waktu puasa saya membeli buka puasa jus edamame (di jogja)… enak dan segar… sesampai dirumah saya baru kepikiran kalaulah ini prospek besar… bisa saya mendapatkan info lebih…
    terimakasih…

    Like

  • 7. aryana  |  October 18, 2010 at 10:14 pm

    Edamame menurut apa yang sudah baca banyak manfaatnya berarti prospeknya cukup bagus disamping itu masa tanamnya hanya 57 hari (2bln.) dan produksinya cukup tinggi . Saya tertarik untuk menanamnya bagaimana memperoleh bibitnya?

    Demikian terimakasih

    Slm,

    Aryana
    aryana.wayan@gmail.com

    Like

  • 8. indah c  |  November 18, 2010 at 8:46 pm

    kepada bp arief sukirmawan :
    kelihatannya edamame ini punya prospek yg menjanjikan…..
    kalau boleh tahu bagaimana cara pembudidayaan serta analisis usahataninya???? apakah ada perbedaan yg besar dengan kedelai lokal (budidaya & biaya usahanya)??

    Like

  • 9. Theresia Rebecca  |  December 29, 2010 at 10:12 am

    kpd bpk arief sukirmawan.
    saya seorg penyuluh pertanian di sulawesi utara.saya sangat tertarik membudidayakan kedele edamame di wilayah kerja saya di sangihe.bisakah bpk arief membantu saya mendapatkan bibitnya sekaligus cara budidayanya?trimakasih pak.

    Like

  • 10. agluseran  |  January 4, 2011 at 2:15 pm

    memang menggiurkan, baik itu rasa nya maupun prospek bisnisnya, tapi tanpa pabrik pembekuan (frozen) yang memadai janganlah memulai bisnis ini, jangan hanya melihat prospeknya, lihat pula resiko dari bisnis ini, dari kandungan proteinnya yang tinggi dapat dibayangkan bagaimana penanganan pasca panennya.

    Like

  • 11. Andriansyah  |  February 11, 2011 at 10:12 pm

    jika ada yang bingung menjual edamame, silahkan hubungi saya 0858 8022 8200
    kita lagi kekurangan stok

    Like

  • 12. muhammad yunus  |  March 29, 2011 at 3:32 pm

    sya kekurngn benh edamame. Say beli kjmber udh 3x beuli gagal trus. Sy sampai produksi benh sndiri. Say bth damami perminggu 6 ton. Hany produksi 2 tn. Say bth benih prbln 5 kwntl

    Like

  • 13. Catherine  |  May 11, 2011 at 10:47 am

    Di lahan saya di daerah jawa barat banyak tanaman jenis kedele biasa kami sebut kacang bulu, bentuk dan rasanya persis edamame, dan kemungkinan itu adl edamame. Kalau ada yg berminat beli silahkan email saya di faagirly@gmail.com.
    Demikian info, thanks.

    Like

  • 14. faris  |  May 12, 2011 at 9:54 am

    Saya butuh informasi nya nich .. dan dimana saya dapat membeli bibitnya susah nggak

    Like

  • 15. Asadi  |  May 30, 2011 at 7:59 am

    PT Mitra tani, mohon info dimana saya mendapatkan benih edamame

    Like

  • 16. Hety trisnawati  |  June 17, 2011 at 6:13 pm

    artikel yg sgt bermanfaat,jika ada yg butuh produk edamame,kami menyediakan produk edamame dlm bentuk kemasan ready to eat,yg berminat bs menghubungi 085865351175 atau 08562911447

    Like

  • 17. Desyanna  |  July 15, 2011 at 11:23 pm

    Saya salah satu agen resmi edamame di sidoarjo jawa timur. Ambil lagsung dari distributor tunggal dan ter besar di surabaya. Produk saya ini ready to eat ada 2 rasa original dan salted. Baru seminggu menjadi agen sudah kebanjiran pesanan hampir kewalahan saya menanganinya. Prospeknya sangat bagus karena banyak sekali manfaatnya. Sasaran kami adalah orang2 perkantoran yang memang membutuhkan camilan2 sehat dan bergizi mengurangi kolestrol dan sehat untuk jantung. Siapa yang berminat hubungi 081 213 666 556 atau 081 357 855 881.

    Like

  • 18. aan  |  July 20, 2011 at 2:28 pm

    saya mau tanya. .
    apa sama prospek pemasaran d luar dan d dalam negri?
    dan standart untuk budidaya edamame juga d batasi kayak penyemprotan pestisida dan pemupukanx?

    Like

  • 19. amang  |  October 16, 2011 at 10:34 pm

    Kami merupakan indsutri pengolahan sayuran dan buahan yang berkembang pesat. Saat ini kami membutuhkan benih edamame dalam jumlah banyak dan segera serta seorang agronomist yang berpengalaman di lahan sedikitnya 2 tahun, apabila bapak/ibu berminat menjadi supplier kami dalam penyediaan bibit, dapat menghubungi saya di tel 081558515970.

    Like

  • 20. pasirpurut  |  October 28, 2011 at 9:51 am

    Assllmkum WR. WB.
    sebelumnya saya tidak begitu tahu kacang yg saya makan dan petani-petani d kammpung saya tanam itu adalah edamame, karena bentuknya lebih besar.
    karena penasaran akhirnya saya mencari tahu kacang apa itu .kebetulan sodara saya petani di daerah Puncak, Bogor Jawa barat.dan memiliki lahan yang ditanami edaname .
    kemarin saya dengar sodara saya itu kecewa karna harga kacang itu menurun, saya ingin tau harga kacang edamami saat ini karena d daerah saya begitu banyak petani yang menanam lahannya dengan kacang edamami.

    Like

  • 21. Aicha  |  December 7, 2011 at 4:10 pm

    Jadi ingin menanam edamame. Beli bibit edamame dimana ya??? klo ada info ke aichaku.aigan@gmail.com

    Like

  • 22. Arief Sukirmawan  |  February 23, 2012 at 2:56 pm

    Saya sedang mengembangkan benih Edamame yang bekerjasama dengan petani binaan di jember. Saat ini sudah menghasilkan 5 ton benih dan sebagian sudah dibeli oleh petani dan pengembang Edamame di daerah Bogor Jawa Barat dan sekitarnya, Semarang; Kudus dan Jawa Timur sendiri. Jika ada petani/pengembang yang ingin mencoba untuk budidaya Edamame silahkan hub. sayau via Telp./SMS di 081336954040; 085885333595 atau via
    Email ariefsukir@yahoo.co.id. Saya akan membantu informasi berkaitan dengan cara / budidaya Edamame. Tq

    Like

  • 23. Arief Sukirmawan  |  February 26, 2012 at 12:16 pm

    Untuk Bapak Yunus dan rekan-rekan yang lainnya, yang ingin mengembangkan Edamame di daerahnya masing-masing, saya siap membantu dalam pengadaan benih edamame maupun cara/teknis budidayanya. silahkan saja hub. saya via Telp./SMS di 081336954040; 085885333595 atau via
    Email ariefsukir@yahoo.co.id.

    Like

  • 24. andi hamdani  |  March 6, 2012 at 2:03 pm

    saya pernah ke perkebunan edamame d jember, kira kira klau butuh benihnya dmna ya..

    Like

  • 25. Arief Sukirmawan  |  March 7, 2012 at 1:01 pm

    Buat P. Andi, saya bisa menyediakan benih edamame, kira-kira berapa kebutuhan benihnya Info lebih lanjut silahkan kontan saya (Arief Sukirmawan) di 081336954040.

    Like

  • 26. BioFertilizers Store (@bio_fertilizers)  |  November 1, 2012 at 2:18 pm

    Supply Rhizobium Inoculant untuk tanaman Edamame
    Rhizobiumproduction.blogspot.com

    Like

  • 27. abdul roub  |  February 5, 2013 at 11:04 pm

    dimana beli bibit kedelai edamame,? kemana menjualnya ? ABDUL ROUB, S.Ag (Paguyuban Petani Organik Jepara )da. Kalipucangwetan Welahan Jepara Jawa Tengah HP. 085225812164

    Like

  • 28. arief sukirmawan SP  |  July 14, 2013 at 10:37 am

    Kepada pak Abdul Roub S. Ag. Saya bisa membantu jika ada petani/pengembang yang ingin mencoba untuk budidaya Edamame silahkan hub. sayau via Telp./SMS di 081336954040; 085885333595 atau via
    Email ariefsukir@yahoo.co.id. Saya akan membantu informasi berkaitan dengan cara / budidaya Edamame. Tq

    Like

  • 29. denny  |  November 10, 2013 at 1:59 pm

    @arief sukirmawan..untuk bibit edamame di jual berapa? klo sudah panen nampung juga?
    gulutuk@yahoo.com / 08122194521

    Like

  • 30. arief sukirmawan SP  |  December 1, 2013 at 1:36 pm

    Untuk semua yang ingin mengembangkan / membudidayakan Edamame, saya akan membantu baik benih maupun teknis budidayanya, silahkan hub saya di 081252811757; 085733660442

    Like

  • 31. Irawan Santoso  |  September 3, 2014 at 9:48 am

    Bagi rekan rekan yang punya edamame , mohon contac ke 0852 1928 4375. Terutama untuk wilayah bandung,garut,cianjur. Saya sangat memerlukan untuk pesanan buyer dari luar negeri.

    Like

  • 32. arief  |  February 17, 2015 at 11:41 am

    Dalam Pengembangan budidaya Edamame sama halnya dengan budidaya kedelai biasa, hanya saja untuk budidaya Edamame, pengolahan lahan harus optimal dan penanamannya bibuat bedengan/guludan. Di Indonesia kedelai jepang ini dapat dikembangkan baik di dataran rendah maupun didataran tinggi. Edamame memerlukan hawa yang cukup panas dengan curah hujan yang relatif tinggi. Sehingga jenis ini cocok bila ditanam di Indonesia yang beriklim tropis. Pada umumnya, pertumbuhan tanaman edamame dapat tumbuh baik pada tanah-tanah alluvial, regosol, grumosol, latosol, dan andosol dengan drainase dan aerasi yang baik, Selain itu, ia menghendaki tanah yang subur, gembur, dan kaya bahan organik. Keasamaan tanah (pH) yang cocok untuknya berkisar antara 5,8-7,0. Tanah yang terlalu asam akan menghambat pertumbuhan bintil akar dan proses nitrifikasi. Sebagai indikator yang paling mudah adalah jagung. Bila tanah itu baik untuk jagung, maka baik pula untuk jenis kedelai ini.
    Namun pengembangan budidaya Edamame masih terkendala dalam penyediaan benih. Saya sendiri sedang mengembangkan benih Edamame yang bekerjasama dengan petani binaan di jember. Saat ini sudah menghasilkan benih dan sebagian sudah dibudidayakan dan ditanam oleh petani Edamame di daerah Bogor Jawa Barat dan sekitarnya, Jawa Tengah dan Jawa Timur sendiri. Jika ada petani/pengembang yang ingin mencoba untuk budidaya Edamame silahkan hub. sayau via Telp./SMS di 081226811448; 085733660442 atau via
    Email ariefsukir@yahoo.co.id. Saya akan membantu informasi berkaitan dengan cara / budidaya Edamame. Tq

    Like

  • 33. arief sukirmawan edamame  |  November 30, 2015 at 9:00 am

    Saat ini saya sedang membudidayakan edamame baik untuk produksi fresh maupun benih. Jika ada rekan2 yg berminat, mencoba atau mau gabung untuk pengembangan edamame di wonosobo. Bisa kontak saya di 082226633222. Terima kasih.
    untuk kontak sayanyg terdahulu sudah sayanperbaharui kontak yg diatas.

    Like

  • 34. adis s  |  December 8, 2015 at 4:53 pm

    saya tinggal di ketinggian 1400 dpl daerah gunung padang Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat apakah bisa ditanami kacang edamame dan dimana bisa membeli benihnya, terima kasih

    Like

  • 35. adis  |  December 28, 2015 at 2:40 pm

    saya salah satu petani di daerah cililin bandung barat, dan sekarang lagi mencoba menanam edamame ( 12,5 kg 0 bisakah teman-teman komunitas membantu dalam penjualannya ? Tq

    Like

  • 36. adis  |  March 31, 2016 at 7:24 pm

    Aslm Mas Iwan saya petani edamame, yang saat ini susah penjualannya, bisakah membantu ? Trims

    Like

  • 37. arief sukirmawan edamame  |  May 12, 2016 at 9:22 am

    Bagi rekan2 yang membutuhkan benih edamame maupun yang ingin berinvestasi di pertanian khususnya Edamame bisa kontak saya di nomor baru saya di 082226633222. Tq

    Like

  • 38. Ario Adi  |  June 17, 2016 at 6:31 pm

    Untuk para petani/pengusaha kedele edamame skala besar yang memerlukan alat berupa mesin perotol kedele edamame (mesin pemisah buah kedele dari cabang pohonnya) dapat hubungi kami di 081233831300…kerja cepat dan aman hasil memuaskan cocok untuk perusahaan/semi perusahaan dengan daya putar mesin yang didukung mesin deisel 8 PK (harga Murah)

    Like

  • 39. Lintang pertiwi  |  January 12, 2017 at 12:11 pm

    Bagi teman2 petani ataupun pengepul.. sy membutuhkan edamame afkir(tdk layak konsumsi) klo ad yg punya bs hubungi saya 089658381445

    Like

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Yuk Follow Theangel on Instagram ya…!!

instagram theangel

TAMANU OIL | PURE ORGANIC

@nyamplungtamanuoil (Follow IG)

BELI TAMANU Via TOPED

BISNIS ONLINE INTERNET

memiliki bisnis internet sendiri dari rumah

Categories

Blog Stats

  • 525,184 hits

Quote Of The Day

The Right Ones