Ini Asal Kemiri Sunan, Sumber Bahan Bakar Masa Depan di RI

February 13, 2014 at 9:36 pm Leave a comment

kemiri sunanKemiri biasa dikenal oleh masyarakat umum sebagai bumbu dapur, lain halnya dengan kemiri sunan. Kemiri sunan digadang-gadang sebagai sumber energi bahan bakar nabati (BBN biodiesel) masa depan di Indonesia. Bagaimana sejarah adanya Kemiri Sunan?

Dari situs Litbang Kementan yang dikutip detikFinance, Kemiri Sunan adalah sejenis kemiri Reutealistrisperma yang dikembangkan oleh warga negara yang berasal dari China di daerah Tangerang, Banten untuk memenuhi kebutuhan minyak Tung Oil pada abad ke-18.Minyak Tung Oil ini digunakan masyarakat sebagai bahan pengawet kayu terutama pada kapal-kapal phinisi.

“Ini tanaman asli Indonesia,” kata Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Gamal Nasir saat ditemui detikFinance, di Kantor Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta, Rabu (12/2/2014).

Setelah itu, kemiri sunan seakan tak terdengar lagi. Hingga pada akhirnya peneliti dari Kementerian Pertanian melakukan penelitian terhadap buah ini. Didapat kemiri sunan cukup banyak menghasilkan rendemen minyak yang bisa dipergunakan untuk campuran bahan bakar solar yang menjadi biodiesel.

Tenaga Ahli bidang Biodiesel Ditjen Perkebunan Supranto mengatakan, setelah melakukan kajian dan penelitian yang mendalam terhadap komoditi ini, Menteri Pertanian akhirnya melepas bibit kemiri sunan untuk ditanam oleh siapa saja.

“Dilepas 2011 ditemukannya sudah lama, proses penelitian kan sudah lama. Kalau estimasi saya 5 tahun sebelum dilepas,” kata Supranto.

Kenapa dinamai sunan?

Supranto mengatakan, sunan diibaratkan sebagai seorang bangsawan, menak atau turunan raja. Buah ini biasa ditemui di pohon-pohon kuburan atau pemakaman para bangsawan.

“Sunan kalau dijabarkan itu menak, turunan raja-raja. Itu untuk peneduh makam, supaya sejuk. Kalau di Jawa Barat kan menak, itu makam raja. Priyayi turunan raja,” katanya.

taken fr: detik.com

 

Entry filed under: Business Opportunity. Tags: , , , , , , , .

Buah Ini Diklaim Jadi Masa Depan Sumber Bahan Bakar di Indonesia Pilek dan Nyeri Sendi ? Atasi dengan Konsumsi Wedang Jahe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


.

Belajar Membuat Video Kartun Yuk…

FIND YOUR STYLE HERE !!

Dapatkan Tubuh Baru Dalam 20 HARI !!!

Tingkatkan Proforma Pasutri Dengan Cara Aman

Categories

Blog Stats

  • 425,933 hits

Quote Of The Day

The Right Ones

Maksimalkan Gaya Kerenmu


%d bloggers like this: