Mahalnya Perawatan Penyakit Ginjal

August 12, 2016 at 12:00 pm Leave a comment

Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal termasuk dalam 49 penyakit kritis, dan termasuk dalam 5 besar penyakit mematikan selain penyakit jantung, stroke, kanker dan diabetes.

Ginjal merupakan salah satu organ penting dari tubuh yang bertugas menyaring dan membuang zat-zat sisa metabolisme tubuh. Ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit dalam darah. Penyebab penyakit ginjal adalah adanya kerusakan pada organ ginjal, sehingga organ tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Apabila kerusakan sudah mencapai 85%, biasanya dokter akan menyarankan untuk menjalani cuci darah atau dialisis.

Cuci darah sering menjadi momok yang menakutkan. Karena cuci darah biasanya harus dilakukan seumur hidup., yang dilakukan setidaknya seminggu sekali. Mendengar kata cuci darah, tentu terbersit biaya yang mahal. Tapi sebenarnya berapa harga yang harus dibayar para penderita gagal ginjal ini untuk terus bertahan hidup? Untuk cuci darah saja, rata-rata 800 ribu – 1,5 juta sekali treatment atau Rp 50-80 juta per tahun.

Pastinya dengan biaya yang tidak sedikit akan menjadi beban bagi pasien dan juga keluarga. Salah satu solusinya adalah dengan polis asuransi kesehatan atau BPJS. Lalu, bagaimana jika penjaminan asuransi kesehatan terbatas dan BPJS juga ada kendalanya tersendiri di keterbatasan layanan ?

Saat ini, banyak lembaga-lembaga atau yayasan-yayasan yang mendedikasikan untuk membantu atau meringankan beban pasien penyakit ginjal, contohnya adalah RS Khusus Ginjal RA Habibie di Bandung dan juga Batam, yang baru diresmikan beberapa waktu lalu. Untuk pasien tidak mampu, Rumah Sakit ini memberikan pelayanannya dengan cuma-cuma.

RSKG Ny RA Habibie, merupakan rumah sakit khusus tipe C dengan pelayanan hemodialisis yang dilengkapi 60 mesin. Rumah sakit berkapasitas 360 pasien ini melayani peserta BPJS sekitar 97 persen. Seusai peresmian gedung baru ini, RSKG Ny RA Habibie akan mampu mengoperasikan 100 mesin dengan kapasitas 600 pasien.

RSKG Ny RA Habibie

RSKG Ny RA Habibie

Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, gaya hidup sehat sangat penting untuk dijadikan sebuah kebiasaan. Dengan menjaga gaya hidup sehat tidak hanya ginjal saja yang akan tetap berfungsi optimal tetapi seluruh organ tubuh lainnya akan terjaga kesehatannya. Dan juga jangan lupa untuk test kesehatan secara rutin jika anda sudah berusia lebih dari 30 tahun.

 

dari berbagai sumber

Entry filed under: Healthy. Tags: , , , , , .

Mengenal ASI dan Pentingnya ASI Eksklusif 5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


.

Belajar Membuat Video Kartun Yuk…

FIND YOUR STYLE HERE !!

Dapatkan Tubuh Baru Dalam 20 HARI !!!

Tingkatkan Proforma Pasutri Dengan Cara Aman

Categories

Blog Stats

  • 425,933 hits

Quote Of The Day

The Right Ones

Maksimalkan Gaya Kerenmu


%d bloggers like this: