5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Memutuskan Akan Berganti Karir

August 16, 2016 at 2:00 pm Leave a comment

wanita karirTak usah risau jika saat ini anda merasa bahwa sekarang adalah waktunya untuk berganti karir atau pekerjaan. Entah itu karena keadaan yang memaksa anda untuk berganti karir, kebosanan dengan pekerjaan yang itu-itu saja atau memang ada ingin lebih mengembangkan potensi dalam diri anda.

Menurut Marci Alboher,vice president Encore.org dan penulis buku Encore Career Handbook,setiap orang akan menemukan momen yang berbeda dalam hidupnya untuk berubah hingga kemudian mempertemukannya dengan karier impiannya. Perubahan tersebut biasanya tejadi karena kombinasi tiga faktor, yaitu: challenge, obstacles, dan realization atau kesadaran bahwa inilah saat yang tepat untuk berubah.

Namun sebelumnya, mungkin anda harus mengambil waktu sejenak untuk memikirkan lagi tentang langkah baru yang akan anda ambil, yang bisa jadi itu adalah batu pijakan untuk karir yang lebih bagus. Dan berikut adalah 5 hal yang harus dilakukan saat memutuskan akan berganti karir :

 

1. Ambil pelajaran dari pekerjaan terakhir

Tapi jangan terobsesi tentang apa yang salah. Menurut Jenny Blake, pakar pengembangan karier dari AS, orang cenderung menyalahkan diri sendiri ketika situasi di tempat kerja tidak berhasil. Kenyataannya, dunia kerja telah berubah, dan perubahan pekerjaan yang sering berubah adalah hal yang lazim.

Jadi, tak usah stres memikirkan bahwa perubahan karier ini akan mencoreng CV Anda. Lebih baik fokuslah pada kekuatan dan ilmu yang Anda dapatkan dari pekerjaan lama, dan analisis secara akurat apa yang Anda suka dan tidak dari pekerjaan Anda. Buat daftar itu, dan tak usah pikirkan pekerjaan lama.

2. Wawancarai diri sendiri

Tentang di mana dan bagaimana Anda melakukan pekerjaan terbaik. Kalau Anda merasa konyol melakukan tanya-jawab kepada diri sendiri (maklum, kok), Anda bisa minta bantuan teman. Anda juga bisa bergantian ‘mewawancarai’ teman Anda.

Minta teman Anda mengajukan pertanyaan umum dan mendetail. Misalnya, Pekerjaan apa yang membuat Anda tak ingat waktu? Tugas apa yang membuat Anda stres? Anda juga bisa menggali masa lalu, misalnya tentang masa kecil, kemudian mengajukan pertanyaan tentang masa depan, seperti Apa yang saya harapkan dari pekerjaan setahun ke depan.

Memang, sih, tak ada jaminan bahwa Anda bisa mendapatkan pekerjaan baru yang sesuai keinginan. Tapi setidaknya Anda sudah memantapkan standar Anda, sehingga bisa menentukan pilihan baru yang akan Anda ambil.

3. Bagilah rencana pencarian pekerjaan baru Anda berdasarkan 3 kaktegori:

Orang, Keahlian, dan Kesempatan. Fokuslah pada ketiga kategori ini secara terpisah, sehingga Anda bisa menentukan langkah selanjutnya.

Untuk kategori Orang, intinya adalah membangun network yang tepat. Anda bisa mengatur waktu ngopi bareng dengan teman yang bisa memberikan tip karier. Atau, Anda bisa berkenalan dengan orang-orang dengan karier yang bisa jadi acuan Anda. Untuk kategori Keahlian, Anda harus cerdas memilih kursus atau seminar yang bisa menambah kemampuan profesional Anda. Sementara untuk kategori Kesempatan, cermatlah melihat lowongan, baik secara online, dari tawaran teman, juga dari head hunter.

4. Siapkan diri Anda untuk kemungkinan-kemungkinan baru.

Latar belakang pendidikan atau keahlian tambahan Anda bisa melahirkan kesempatan untuk karier yang mungkin sebelumnya tak pernah Anda bayangkan.

Anda bisa melakukan eksperimen yang rendah risiko untuk menguji kemungkinan-kemungkinan ini. Contohnya, jika Anda ingin berganti pekerjaan tapi masih betah di akntor yang sama, Anda bisa mengajukan diri mengisi posisi lain. Anda memahami job desc posisi tersebut, walau pekerjaannya mungkin jauh berbeda dari yang Anda lakukan saat ini.

Jika Anda ingin memulai usaha sendiri, coba dulu secara online atau buka usaha Anda sebagai side job untuk mempelajari risikonya. Atau, jika Anda ingin menjadi penulis, kenapa tidak membuat blog dulu?

5. Selalu ingat bahwa karier Anda terus berjalan.

Jadi, jika sudah berganti pekerjaan atau karier, konsep ini bisa Anda gunakan lagi nantinya. Selalu melihat kesempatan untuk mengembangkan karier, meski posisi Anda sudah tinggi, bukan curang, kok, tapi cerdas. Bisa saja Anda kembali ke situasi seperti ini setahun kemudian, dan memutuskan untuk berganti pekerjaan lagi. Yang penting, eksplorasi terus karier Anda.

 

So, sudah siap memulai langkah baru anda ? Ganbatte !!

 

sumber : pesona.co.id

Entry filed under: Business Opportunity, Inspirasi. Tags: , , , , , .

Keju Bisa Jadi Teman Diet Pendaftaran Beasiswa LPDP Dibuka, Simak Syarat-syaratnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


.

Belajar Membuat Video Kartun Yuk…

FIND YOUR STYLE HERE !!

Dapatkan Tubuh Baru Dalam 20 HARI !!!

Tingkatkan Proforma Pasutri Dengan Cara Aman

Categories

Blog Stats

  • 425,933 hits

Quote Of The Day

The Right Ones

Maksimalkan Gaya Kerenmu


%d bloggers like this: