7 Langkah Memperlambat Penuaan Dini

August 22, 2016 at 9:48 am Leave a comment

mencegah penuaan diniBertambah tua itu pasti. Tapi setiap wanita pasti ingin terlihat selalu cantik dan tampak awet muda. Namun, seiring bertambahnya usia, yang sudah pasti juga akan berpengaruh pada perubahan kulit, sepertiĀ garis-garis kerutan pada wajah, kulit terlihat lebih kendur,dan lebih kering akan terus terjadi. Hal ini dikenal sebagai penuaan intrinsik, yakni proses penuaan internal atau fisiologis yang tidak dapat kita hindari.

Namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan. Seperti dipetik dari klikdokter.com, berikut adalah 7 langkah memperlambat penuaan dini :

 

1. Bersihkan kulit wajah secara teratur.

Biasakan untuk menggunakan produk pembersih/sabun yang lembut dan memiliki kandungan pelembap, serta tidak mengandung detergen. Produk jenis ini ditandai dengan tidak banyak busa yang dihasilkan. Selain itu, hindari pula untuk menggosok kulit terlalu kuat. Kandungan detergen dan gosokan pada kulit yang terlalu kuat dapat memicu terjadinya iritasi, yang lambat laun akan mempercepat penuaan.

2. Lindungi kulit dari sinar matahari.

Sinar matahari akan membuat kulit lebih cepat menua, hal ini telah banyak dibuktikan secara ilmiah. Istilah photoaging banyak dikemukakan untuk menggambarkan bagaimana sinar matahari dapat menyebabkan penuaan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya hindari sinar matahari terutama antara pukul 10 hingga jam 2 siang. Topi lebar dan pakaian dengan lengan panjang ataupun celana panjang dapat membantu membatasi paparan sinar matahari langsung ke permukaan kulit. Tidak ada salahnya untuk menggunakan kaca mata gelap untuk mengurangi munculnya kerutan di sekitar mata akibat terlalu sering memicingkan mata. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan tabir surya secara rutin, setiap pagi dan siang hari, untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

3. Gunakan pelembap setiap hari.

Dengan pertambahan usia, produksi kelenjar juga berkurang. Sinar matahari, radikal bebas, cuaca, dan faktor lingkungan lainnya, menyebabkan kulit menjadi mudah kering. Kulit yang kering akan mempermudah munculnya garis-garis halus dan keriput. Karenanya, jaga kelembapan kulit Anda dengan rajin menggunakan pelembap. Pelembap sangat baik bila digunakan sesering mungkin (tergantung kondisi kulit). Namun yang pasti, wajib untuk menggunakan pelembap segera setelah mandi untuk menguci air yang kita dapat saat mandi. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap untuk bibir juga, ya! Karena, tentu saja bibir juga tidak luput dari proses penuaan.

4. Bila Anda merokok, segera hentikan.

Asap rokok menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan kasar. Selain itu, kontraksi otot wajah saat merokok juga mempermudah timbulnya garis-garis keriput di wajah, terutama area bibir. Jadi, hentikanlah kebiasaan merokok agar wajah tidak cepat terlihat menua.

5. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bervariasi.

Kandungan gizi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari turut membantu menjaga kulit agar senantiasa sehat. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi dan bervariasi untuk mencukupi kebutuhan organ tubuh, termasuk kulit.

6. Tidur yang cukup.

Tidur memberikan waktu bagi tubuh untuk menyegarkan dan memperbaharui dirinya. Jadi, berikan waktu bagi tubuh untuk bekerja optimal dengan tidur yang cukup.

7. Rajin Berolahraga

Berbagai studi mengungkapkan bahwa olahraga secara rutin, teratur dan tidak berlebihan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan daya tahan tubuh. Tentu saja, hal ini akan berdampak pada kulit yang sehat bercahaya dan terlihat lebih muda.

 

 

Entry filed under: General, Healthy. Tags: , , , .

Kapal Tenaga Surya Karya Anak Bangsa Indonesia Aneka Sambal Nusantara Pedas Menggugah Selera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


.

Belajar Membuat Video Kartun Yuk…

FIND YOUR STYLE HERE !!

Dapatkan Tubuh Baru Dalam 20 HARI !!!

Tingkatkan Proforma Pasutri Dengan Cara Aman

Categories

Blog Stats

  • 425,933 hits

Quote Of The Day

The Right Ones

Maksimalkan Gaya Kerenmu


%d bloggers like this: