Bisnis Sapi Perah di Mega Kuningan, Menggiurkan!

October 30, 2008 at 1:00 am Leave a comment

Selain faktor usaha yang diwariskan oleh keluarga secara turun-temurun, salah satu alasan peternak sapi perah di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan masih mempertahankan usahanya adalah, prospek cerah yang dijanjikan oleh bisnis ini.

Aliran rupiah akan lebih cepat datang bila dibanding investasi di bank, asal mengerti perawatan dan seluk-beluk beternak sapi perah. “Daripada berinvestasi uang di bank, lebih baik investasi di usaha sapi perah. Asal tahu tentang perawatan dan cara menangani sapi perah, dijamin lebih menggiurkan dari nyimpan uang di bank,” kata Mirdan Zarkasih (45), salah satu peternak sapi perah yang ada di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Mirdan lantas mencontohkan pengalaman yang baru saja dialaminya. Dia membeli sapi perah betina berumur lima bulan seharga tiga juta rupiah, setelah berumur dua tahun dia jual dan laku seharga sepuluh juta rupiah. “Mungkin bisa sepuluh juta lebih, kalau mau pelihara sendiri dengan pemasukan dari susu perahnya,” ujarnya.

Menurut pengakuan Mirdan, untuk saat ini harga susu satu liternya seharga empat ribu rupiah. Sedangkan satu ekor sapi perah mampu menghasilkan 15-20 liter susu setiap harinya, artinya sekitar 60 ribu sampai 80 ribu rupiah dapat diperoleh dari satu sapi. “Sapi baru bisa diperas setelah beranak satu kali, atau berumur satu tahun lah minimal. Sedangkan bila sapi sudah tujuh kali melahirkan, maka bisa dipastikan produksi susunya akan turun, paling sehari cuma lima liter,” kata bapak dari empat orang putri ini.

Bila dihitung dengan mengacu data di atas, maka dalam setahun pemasukan dari penjualan susu satu ekor sapi perah betina dengan kondisi normal sebesar 21.900.000 rupiah sampai 29.200.000 rupiah. “Untuk pengeluaran operasional satu ekor sapi, sehari paling 20 sampai 30 ribu. Jadi kalau satu tahun pengeluaran sapi berkisar antara 7,3 juta sampai 10,95 juta rupiah,” terang Mirdan. Jadi setahun laba bersih bisa mencapai 11 juta lebih, untuk satu ekor sapi perah betina dewasa. Wow…

bukuternaksapi

Keberhasilan suatu peternakan sangat tergantung pada tata laksana yang dilakukan. Informasi dalam buku ini sangat berguna bagi peternak yang berkecimpung dalam usaha pemeliharaan ternak sapi…for details

Entry filed under: Business Opportunity. Tags: , , .

Mengeruk Keuntungan dari Usaha Budidaya Lele Budidaya Pepaya California Menjanjikan Keuntungan!

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Yuk Follow Theangel on Instagram ya…!!

instagram theangel

TAMANU OIL | PURE ORGANIC

@nyamplungtamanuoil (Follow IG)

BELI TAMANU Via TOPED

BISNIS ONLINE INTERNET

memiliki bisnis internet sendiri dari rumah

Categories

Blog Stats

  • 525,246 hits

Quote Of The Day

The Right Ones